Langsung ke konten utama

Cara Mengetahui Kebocoran Kompresi Mesin | Forklift Mobil Truck dan Alat Berat

Cara Mudah Mengetahui Kebocoran Kompresi Mesin pada Forklift Mobil Truck dan Alat Berat.

     Kompresi mesin bocor...apa sih maksudnya..?
Pada saat kita menghidupkan mesin lalu cuma bunyi .. ngak...ngek..ngok...ngak....ngek...ngok saja tidak mau hidup pasti menjengkelkan bukan.....?
Berikut ulasan team service forklift dan alat berat biar lebih asik kita kemas dengan bahasa yang sederhana saja agar mudah di mengerti ya gan...
     Kalau kita mau mengendarai sepeda motor, mobil, truck, genzet,forklift,excavator, buldozer,whelloader,crane atau alat berat lainnya khususnya yang menggunakan mesin diesel maupun bensin dan susah di stater atau bahkan tidak mau hidup sama sekali dalam arti mesin berputar cukup kuat tapi tidak mau hidup kalau terjadi demikian vonis kerusakannya apa...?
     Di artikel sebelumnya sudah kami bahas  Penyebab Mesin Susah Hidup dan salah satu penyebabnya adalah kompresi mesin yang lemah di bawah standar minimum.
dalam ulasan kali ini langsung saja kita bahas compresion tester atau bahasa gampangnya adalah cara mengecek tekanan udara di ruang bakar mesin karena jika tekanan udara di dalam ruang bakar lemah sudah pasti mesin susah sekali untuk hidup.

Langkah pertama cara mengetahui kompresi mesin bocor tanpa alat bantu yaitu dengan memperhatikan gejala yang timbul antara lain:

  • jika tutup radiator di buka dan mesin di stater air akan menyembur keluar
  • asap knalpot mengepul putih dan berlebihan
  • breeder atau keluar asap dari hose pembuangan udara dan tutup mesin serta ada tekanan jika kita tutup menggunakan telapak tangan
  • dan jika sudah parah kebocorannya mesin susah sekali hidupnya

Itu gejala yang timbul secara kasat mata untuk lebih akurat mengetahui kebocoran kompresi serta di bagian mana yang bocor yaitu dengan menggunakan alat tambahan yang di sebut dengan istilah Compresion tester atau bisa juga menggunakan alat yang namanya cylinder leakage tester

mari kita mulai langkah yang pertama adalah: 
cara mudah mengetahui kompresi mesin catatan team service forklift dan alat berat 

  • siapkan alat tes kompresi yang ukuranya 0-1000PSI atau 0-70 BAR untuk mesin diesel untuk mesin bensin cukup 0-500PSI standar kompresi mesin diesel di kisaran 600PSI untuk mesin bensin 140PSI samapai 220PSI  akan bekerja sangat baik dan mesin susah hidup bila kompresi di bawah100 PSI atau 7 BAR setelah alatnya siap dan kita sudah mengetahui standar ukuran kompresinya selanjutnya 

cara mudah cek kebocoran kompresi mesin
  • pasang alat ke mesin dengan cara sambungkan adapter yang terdapat di ujung selang ke lubang nozle atau lebih praktis ke lubang glow plug dan untuk mesin bensin bisa ke tempat busi
  • siapkan accu yang kondisisinya prima
  • putus semua arus listrik yang menuju ke ruang bakar
  • start mesin selama 3 detik atau sekitar 5 putaran mesin
  • lihat jarum di tester akan berhenti di angka berapa dan catat lakukan ke ke setiap cilinder berikutnya dengan cara yang sama
untuk mengetahui hasilnya .....berikut contoh catatan team service forklift 
  • cilinder no 1 kompresinya 580.152PSI atau 40BAR
  • cilinder no 2 kompresinya 580.152PSI atau 40BAR
  • cilinder no 3 kompresinya 522.1368PSI atau 36BAR
  • cilinder no 4,5 dan 6 kompresinya  72.519PSI atau 5BAR
Dari contoh catatan diatas selisih antara cilinder no1,2 ke cilinder no 3,4,5,6 lebih dari 0.5BAR padahal batas yang masih bisa di toleransi selisih antar cilinder maksimal 0.5BAR jika lebih dari ini mesin tidak stabil atau pincang sekalipun hidup apalagi cilinder no 3,4,5,6 sudah di bawah sudah sangat lemah dan di bawah standar kompresi mesin yaitu cuma 5BAR padahal batas minimum adalah 7BAR atau 101.5266BAR
     Ini artinya kompresi no 4,5 dan 6 sudah tidak bisa bekerja.jadi test kompresi menggunakan alat terlebih dahulu agar mudah melakukan trouble shoting secara akurat.
Demikian cara mengetahu kebocoran kompresi mesin pada forklift truck mobil maupun alat berat semoga artikel ini bisa membantu menambah wawasan kita baca juga artikel kami selanjutnya yaitu cara mengatasi kerusakan electrical system mobil forklift dan alat berat
cara mudah cek kebocoran komprsi mesin


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MESIN DIESEL PADA MOBIL FORKLIFT MAUPUN ALAT BERAT SUSAH HIDUP.....? COBA CEK YANG BERIKUT INI

mesin diesel baik pada forklift truck maupun alat berat susah di hidupkan pada saat pagi hari maupun setelah sehabis mesin di matikan memang terasa menjengkelkan..... terkadang ada hal kecil terlihat sepele namun sering luput dari pemeriksaan kita,kalau hal itu terjadi coba periksa hal berikut ini yang terkadang kita lupakan anatara lain kebocoran pada pipa atau selang solar dari tangki menuju filter solar bila terjadi retak atau clamp pengikat kendor,selang sudah rapuh mengakibatkan mesin sangat susah di hidupkan terdapat kotoran di tangki solar yang menyumbat sehingga solar mampat terkadang ada juga pipa solar di tangki yang di lengkapi dengan strainer atau saringan yang sangat lembut tersumbat kotoran ring solar baik yang dari tembaga maupun dari ring seal yang terpasang di neple filter solar sudah ausmtidak rata ataupun sobek itu juga menyebabkan mesin susah sekali di hidupkan neple solar yang terdapat di injektion pump terkadang ada yang di lengkapi dengan saringan kalau

Penyebab Hidraulik Forklift Excavator Buldozer Whelloader Tidak Mau Naik

Penyebab Hidraulik Forklift dan Alat Berat Tidak Mau Naik      Sering kita mendengar forklift  tidak kuat naik atau tidak kuat mengangkat beban padahal beban yang di angkat di bawah kekuatan dari tonase itu sendiri.tentu hal itu sangat menggangu aktifitas pada pemakainya.sebagian besar bila tidak mau naik mengatakan pompa hidrauli rusak itu wajar karena pompa adalah sumber dari tenaga hidraulik. dalam artikel   kali ini saya mencoba membahas beberapa penyebabnya anatara lain 1. OLI jika oli berkurang menyebabkan sistim hidraulik tidak mau atau tidak kuat untuk mengangkat beban bahkan mengangkat garpu sendiri tanpa bebanpun akan sangat susah karena fungsi dari oli adalah sebagai cairan yang di gunakan untuk mendorong tekanan pada piston di setiap tabung.di samping itu juga oli berfungsi sebagai pelumas dari gesekan material agar tidak cepat terjadi kerusakan 2.SARINGAN OLI saringan oli atau filter oli kotor dan rusak menyebabkan hidraulik tidak kuat naik karena sebelum masuk

Penyebab Transmisi Automatic Tidak Bisa Jalan | Mobil Forklift Wheelloader

Cara Mengetahui Kerusakan Transmisi Automatic  penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan baik pada mobil forklift maupun alat berat ada beberapa hal antara lain  oli berkurang saringan oli transmisi kotor atau rusak pipa atau selang menuju carging pump bocor  pedal kopling selalu menekan pedal macet tidak berbalik carging pump aus atau rusak ring shaft input aus  kanvas kopling dan plat aus atau rusak kelistrikan dan selenoid rusak khusus yang sudah menggunakan valve selenoid spool,pegas dan piston pada valve control aus atau cacat converter lemah atau rusak bagian ini agak jarang terjadi tapi bukan berarti tidak bisa rusak kami katakan jarang terjadi di bandingkan dengan item di atas yang umum dan lebih sering terjadi Dari beberapa permasalahan di atas kerusakan yang sering terjadi yaitu pada kanvas kopling,ring piston,kelistrikan dan selenoid, saringan oli mampat  serta carging pump rusak. mari kita bahas bersama penyebab dan akibatnya kawan.....   Kur