Penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan Langsung saja ya kita bahas permasalahan pada forklift automatic yang tidak bisa jalan maju ataupun mundur. Beberapa permasalahan pada forklift matic adalah Tidak bisa maju dan tidak bisa mundur sama sekali Tidak bisa maju tapi bisa mundur Bisa mundur tapi tidak bisa maju Bisa maju dan bisa mundur tapi pada saat masih dingin Tidak bisa maju dan tidak bisa mundur pada saat sudah panas saja Pada saat sudah panas tidak bisa maju tetapi bisa mundur Pada saat sudah panas tidak bisa mundur tetapi bisa maju Bisa maju dan bisa mundur di jalan yang datar tetapi tidak kuat di tanjakan Banyak sekali ya pembahasan pada forklift matic...masih mau di lanjut......? Jika sedang mengalami permasalahan pada forklift matic seperti ini santai saja kita selesaikan permasalahannya satu persatu. Langkah yang pertama adalah perhatikan dengan seksama kerusakan forklift matic anda seperti apa ...? Setelah mengetahui dengan pasti kita ...
Cara Mudah Mengetahui Kebocoran Kompresi Mesin pada Forklift Mobil Truck dan Alat Berat.
Kompresi mesin bocor...apa sih maksudnya..?
Pada saat kita menghidupkan mesin lalu cuma bunyi .. ngak...ngek..ngok...ngak....ngek...ngok saja tidak mau hidup pasti menjengkelkan bukan.....?
Berikut ulasan team service forklift dan alat berat biar lebih asik kita kemas dengan bahasa yang sederhana saja agar mudah di mengerti ya gan...
Berikut ulasan team service forklift dan alat berat biar lebih asik kita kemas dengan bahasa yang sederhana saja agar mudah di mengerti ya gan...
Kalau kita mau mengendarai sepeda motor, mobil, truck, genzet,forklift,excavator, buldozer,whelloader,crane atau alat berat lainnya khususnya yang menggunakan mesin diesel maupun bensin dan susah di stater atau bahkan tidak mau hidup sama sekali dalam arti mesin berputar cukup kuat tapi tidak mau hidup kalau terjadi demikian vonis kerusakannya apa...?
Di artikel sebelumnya sudah kami bahas Penyebab Mesin Susah Hidup dan salah satu penyebabnya adalah kompresi mesin yang lemah di bawah standar minimum.
dalam ulasan kali ini langsung saja kita bahas compresion tester atau bahasa gampangnya adalah cara mengecek tekanan udara di ruang bakar mesin karena jika tekanan udara di dalam ruang bakar lemah sudah pasti mesin susah sekali untuk hidup.
dalam ulasan kali ini langsung saja kita bahas compresion tester atau bahasa gampangnya adalah cara mengecek tekanan udara di ruang bakar mesin karena jika tekanan udara di dalam ruang bakar lemah sudah pasti mesin susah sekali untuk hidup.
Langkah pertama cara mengetahui kompresi mesin bocor tanpa alat bantu yaitu dengan memperhatikan gejala yang timbul antara lain:
- jika tutup radiator di buka dan mesin di stater air akan menyembur keluar
- asap knalpot mengepul putih dan berlebihan
- breeder atau keluar asap dari hose pembuangan udara dan tutup mesin serta ada tekanan jika kita tutup menggunakan telapak tangan
- dan jika sudah parah kebocorannya mesin susah sekali hidupnya
Itu gejala yang timbul secara kasat mata untuk lebih akurat mengetahui kebocoran kompresi serta di bagian mana yang bocor yaitu dengan menggunakan alat tambahan yang di sebut dengan istilah Compresion tester atau bisa juga menggunakan alat yang namanya cylinder leakage tester
mari kita mulai langkah yang pertama adalah:- siapkan alat tes kompresi yang ukuranya 0-1000PSI atau 0-70 BAR untuk mesin diesel untuk mesin bensin cukup 0-500PSI standar kompresi mesin diesel di kisaran 600PSI untuk mesin bensin 140PSI samapai 220PSI akan bekerja sangat baik dan mesin susah hidup bila kompresi di bawah100 PSI atau 7 BAR setelah alatnya siap dan kita sudah mengetahui standar ukuran kompresinya selanjutnya
- pasang alat ke mesin dengan cara sambungkan adapter yang terdapat di ujung selang ke lubang nozle atau lebih praktis ke lubang glow plug dan untuk mesin bensin bisa ke tempat busi
- siapkan accu yang kondisisinya prima
- putus semua arus listrik yang menuju ke ruang bakar
- start mesin selama 3 detik atau sekitar 5 putaran mesin
- lihat jarum di tester akan berhenti di angka berapa dan catat lakukan ke ke setiap cilinder berikutnya dengan cara yang sama
untuk mengetahui hasilnya .....berikut contoh catatan team service forklift
- cilinder no 1 kompresinya 580.152PSI atau 40BAR
- cilinder no 2 kompresinya 580.152PSI atau 40BAR
- cilinder no 3 kompresinya 522.1368PSI atau 36BAR
- cilinder no 4,5 dan 6 kompresinya 72.519PSI atau 5BAR
Dari contoh catatan diatas selisih antara cilinder no1,2 ke cilinder no 3,4,5,6 lebih dari 0.5BAR padahal batas yang masih bisa di toleransi selisih antar cilinder maksimal 0.5BAR jika lebih dari ini mesin tidak stabil atau pincang sekalipun hidup apalagi cilinder no 3,4,5,6 sudah di bawah sudah sangat lemah dan di bawah standar kompresi mesin yaitu cuma 5BAR padahal batas minimum adalah 7BAR atau 101.5266BAR
Ini artinya kompresi no 4,5 dan 6 sudah tidak bisa bekerja.jadi test kompresi menggunakan alat terlebih dahulu agar mudah melakukan trouble shoting secara akurat.
Demikian cara mengetahu kebocoran kompresi mesin pada forklift truck mobil maupun alat berat semoga artikel ini bisa membantu menambah wawasan kita baca juga artikel kami selanjutnya yaitu cara mengatasi kerusakan electrical system mobil forklift dan alat berat
Komentar
Posting Komentar