Langsung ke konten utama

Penyebab Transmisi Automatic Forklift Wheelloader Tidak Bisa Maju Mundur

Penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan

Langsung saja ya kita bahas permasalahan pada forklift automatic yang tidak bisa jalan maju ataupun mundur.
Beberapa permasalahan pada forklift matic adalah
  • Tidak bisa maju dan tidak bisa mundur sama sekali
  • Tidak bisa maju tapi bisa mundur
  • Bisa mundur tapi tidak bisa maju
  • Bisa maju dan bisa mundur tapi pada saat masih dingin
  • Tidak bisa maju dan tidak bisa mundur pada saat sudah panas saja
  • Pada saat sudah panas tidak bisa maju tetapi bisa mundur 
  • Pada saat sudah panas tidak bisa mundur tetapi bisa maju
  • Bisa maju dan bisa mundur di jalan yang datar tetapi tidak kuat di tanjakan
Banyak sekali ya pembahasan pada forklift matic...masih mau di lanjut......?
penyebab transmisi automatic forklift tidak bisa jalan maju mundur
Jika sedang mengalami permasalahan pada forklift matic seperti ini santai saja kita selesaikan permasalahannya satu persatu.
Langkah yang pertama adalah perhatikan dengan seksama kerusakan forklift matic anda seperti apa ...?
Setelah mengetahui dengan pasti kita lanjutkan pembahasan Cara memperbaiki transmisi automatic forklift tidak bisa maju mundur
Kita lanjutkan pembahasan lebih mendalam lagi permasalahan pada

Forklift matic tidak bisa maju mundur sama sekali

Penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan maju dan mundur sama sekali pada saat kondisi mesin masih dingin kerusakannya ada dua yaitu rusak ringan dan rusak berat.
Kerusakan ringan ada di bagian luar transmisi dan rusak berat ada di bagian komponen dalam transmisi.
Solusinya bagaimana ....?
Kita periksa kerusakan ringan terlebih dahulu yaitu
  • Periksa oli transmisi jika kurang bisa di tambah karena kalau oli transmisi kosong pasti forklift matic tidak bisa jalan maju atau mundur.jika kekurangan oli masih di atas garis minimal sebetulnya masih bisa jalan tapi kalau sudah di bawah garis minimal kemungkinan besar oli kosong dan tidak tersedot oleh pompa transmisi
  • Selanjutnya jika memang oli kosong dan sudah di tambah bisa di coba jalankan maju dan mundur jika berhasil permasalahn selesai penyebabnya cuma kurang oli transmisi saja kan...
  • Langkah berikutnya jika di periksa oli ternyata masih cukup coba bersihkan filter transmisi dan strainer karena kalau tersumbat pasti forklift matic juga tidak bisa jalan,kalau filter sudah di bersihkan dan oli cukup test kembali maju dan mundur jika berhasil permasalahan selesai
  • Langkah selanjutnya jika hal di atas belum berhasil periksa spool valve control dengan cara injak pedal kopling lalu di lepas perhatikan pada saat pedal di lepas spoolnya kembali dengan sempurna atau tidak bila spool tertahan tidak berbalik sempurna setel atau perbaiki pedal kopling.Karena kalau spool masih tertahan forklift matic juga tidak bisa maju mundur
  • Sekarang apa lagi ya jika belum berhasil juga.........?
Tenyata pusing juga ya buat pemula yang belum terbiasa.tapi tenang saja asal mau bekerja keras dan pantang menyerah semua bisa di selesaikan.
Ayo lakukan pekerjaan berikutnya adalah
  • Gerakan handel transmisi maju kemudian netral dan mundur.pada saat handel di pindahkan coba cek spool control valve ikut bergerak dengan sempurna atau tidak.caranya bagaimana untuk mengetahui gerakan spool sempurna ...? lepas saja handel yang di spool kemudan coba tarik pakai obeng sampai mentok keluar kemudian dorong ke dalam setengah saja lalu dorong samapi mentok itu cara mengukur kerja spool secara maksimal setelah di ketahui seberapa mentok keluar dan posisi netral kemudian mentok ke dalam di ketahui semua baru bisa di test menggunakan handel.kalau hasilnya sama berarti kerja spool maksimal
  • Tetapi bagaimana kalau ternyata masih gagal juga belum bisa maju mundur...?
  • Masih ada lagi penyebab lain yang perlu di periksa adalah cek bagian rem kemungkinan rem macet atau handel rem belum di lepas.
  • Untuk forklift matic yang sudah menggunakan selenoid tidak di cek spool maju mundurnya tapi yang di cek selenoid dan arus batreynya.caranya gampang saja lepas socket kabel yang di selenoid transmisi kemudian putar kontak posisi ONN gerakan saklar ke arah maju periksa socket yang di lepas apakah arus listriknya jika ada kemudian pindah saklar ke posisi netral periksa kembali socket pada saat posisi netral tidak boleh ada arus di socket lalu pindah posisi saklar ke mundur cek juga arusnya kalau ada semua berarti kelistrikan normal.Jika arus listrik nomal cek selenoidnya kemungkinan terbakar tapi jika arus listrik tidak sampai socket selenoid kemungkinan sikring putus atau saklar rusak.
Wah...capai juga ya bacanya terus bagaimana dong jika semua sudah di lakukan ternyata kondisinya masih bagus semua bagian luar transmisi tapi forklift matic tetap tidak bisa maju mundur....?
Ini artinya kerusakan ada di komponen bagian dalam transmisi.sebetulnya mudah saja untuk mengetahui kerusakan komponen bagian dalam asalkan mempunyai presure gauge untuk mengukur tekanan oli jika tekanan oli transmisi lemah baik tekanan carging pump atau tekanan converter artinya harus di lakukan pekerjaan overhoul.
Capai juga ya ...kita lihat penampakan dari transmisi automatic yang di overhoul
penyebab forklift matic tidak bisa maju mundur

Forklift matic tidak bisa maju tapi bisa mundur

Jika forklift matic kendalanya tidak bisa maju tetapi bisa mundur kerusakannya juga ada dua rusak berat dan rusak ringan tetapi fokus pembahasan pada kerusakan ringan tidak terlalu panjang.
Karena pada kerusakan jenis ini artinya forklift masih bisa jalan maju jadi kemungkinan besar oli masih cukup,filter juga masih berfungsi,handel rem tidak bermasalah kenapa demikian ...?
karena permasalahan pada bagian maju saja yang rusak,fokus pemeriksaan pada kerusakan ringan adalah
  • Peruksa handel bagian maju dan spool seperti pemeriksaan pada point di atas khusus forklift automatic yang belum menggunakan selenoid
  • Periksa arus menuju selenoid di bagian maju sama seperti pemeriksaan pont di atas
  • jika arus normal semua artinya kerusakan di luar transmisi tidak ada
  • Kemungkinan besar kerusakan pada komponen bagian dalam transmisi khusus jalur maju penyebab yang sering terjadi adalah kompresi bocor mengakibatkan disck aus bagian maju.solusinya overhoule transmisi
Capai juga ya kalau artikelnya panjang tapi memang demikian pembahasan detailnya agar tidak ada yang terlewatkan.
Forklift matic tidak bisa mundur tapi bisa maju
Kalau kerusakan forklift matic bisa mundur tapi bisa maju permasalahany kebalikan dari point di atas cara pemeriksaan dan solusinya kebalikan dari permasalahan di atas jadi tinggal di balik saja cara mengatasinya.
Forklift matic saat panas tidak bisa maju mundur
Nah kalau kerusakan seperti ini berbeda lagi artinya kondisi masih dingin forklift bisa maju mundur tapi sudah panas tenaga hilang.
Jika demikian penyebabnya adalah tekanan kompresi sudah bocor terlalu banyak kenapa bisa demikian...?
Jawabannya waktu masih dingin oli masih kental tekanan oli mendorong piston disck cluth masih kuat tapi begita panas oli jadi mencair dan bocor ke celah ring seal jadi tidak mampu lagi mendorong piston dan disck saat oli sudah panas.
Ini juga jawaban pada permasalahan Forklift matic bisa maju mundur di jalan datar tapi tidak kuat di tanjakan
Solusi mengatasi untuk sementara ganti oli transmisi dengan SAE yang lebih kental dengan maksud agar saat panaspun oli tidak mudah encer jadi kalau kebocoran masih bisa di toleransi artinya forklift matic masih bisa jalan walaupun ini solusi sementara saja.
Sekarang lanjut permasalahan pada
Forklift matic tidak bisa maju tapi bisa mundur pada saat sudah panas
Permasalahan seperti ini akibat kompresi bocor tapi di bagian maju saja kerusakan juga di disk ring seal atau kebocoran khusus jalur maju.solusinya overhoul transmisi.Ini kebalikan dari permasalahan pada
Forklift matic tidak bisa mundur tapi bisa maju saat sudah panas
     Panjang juga ya artikelnya tapi memang harus di bahas sampai tuntas permasalahan transmisi automatic forklift tidak bisa maju mundur agar tidak penasaran lagi.Tapi jika ada yang terlewatkan bisa di sampaikan di kolom komentar nanti kita bahas bersama.
Untuk pembahasan kerusakan berat atau overhoule transmisi automatic forklift baca artikel selanjutnya.
Sudah sampai di sini dulu tangan ngetik sudah pegel juga selamat mencoba semoga berhasil.

Komentar

  1. Artikel bagus...!!! sangat membantu bagi mekanik pemula................lanjutkan berkarya dan semangat...!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih gan nantikan artikel artikel berikutnya semoga bermanfaat

      Hapus
    2. Sy ada masalah di forklip metik tcm...klo pas nanjak seperti mesin down... Tpklo jln datar normal...pertanyan sy apakah selenoit klo pas di masukin atret/maju ada pergerakan di ujung selenait...gaerakqn di

      Hapus
    3. pada dasarnya fungsi dari selenoid valve control transmisi adalah untuk mengatur pembagian oli...jadi oli dari carging pump jika selenoid posisi netral akan kembali ke gearbok atau tangki..jika tuas di majukan posisi maju selenoid akn membuka jalur oli ke bagian maju dan sebaliknya

      Hapus
  2. Forklif tidak bisa mundur tidak bisa neutral tapi bisa maju

    BalasHapus
    Balasan
    1. disc cluth rusak dan lengket...jadi tidak bisa netral...perlu di overhoule

      Hapus
  3. Forklift matic,tuas maju forklift mundur,tuas mundur forklif netral,apa penyebabnya mas

    BalasHapus
  4. Mundur tanjakan kuat tapi maju bisa jalan tanjakan lemah problem nya pada apa gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kompresi bagian maju lemah penyebabnya ring seal aus...

      Hapus
    2. Forklift metik tidak bisa maju mundur , bagian luar di cek bagus , dan bagian dalamnya pun sudah di ganti dist dan silnya , tetapi masik belom bisa jalan gan, kira kira na lg permasalahannya. Ban di gantung jalan mau maju atau pun mundur

      Hapus
    3. saat di overhoul transmisinya di test dulu apa tidak tekanan kompresinya menggunakan angin, bisa jadi ring seal piston aus jadi tekanan oli bocor tidak mampu dorong disck cluth

      Hapus
  5. Kalau oli tansmisi. Meluap. Itu diSebabkan karena apa. Pak. Ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika meluapnya over atau berlebihan kemungkinan oli hidraulik bocor seal dan masuk ke bagian transmisi jadi volume oli transmisi bertambah

      Hapus
  6. kalau forklift awalan bisa jalan maju mundur selang berapa menit nggak bisa jalan(gak ada tenaga sama sekali) ..kalau ban depan di gantung ban mau muter....kira2 apanya ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. forklift jenis apa ya...yang model batrey atau forklift diesel dengan transmisi automatic

      Hapus
  7. Tenaga dorong forklift lemah tidak bisa dibuat dorong besi padahal buat jalan enteng apa penyebabnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. secara umum forklift tidak di rekomendasi buat dorong karena spesifikasinya buat angkat beban..tapi selagi buat dorong sama sekali tidak mau kemungkinan ada masalah di sistem kopling

      Hapus
  8. Makasih banyak infonya bg, karna ini saya lolos interviu kerja

    BalasHapus
  9. Forklip metik selenoit tcm 3ton maju mundur normal tp buat nanjak mesin ngedon itu apanya ya om...udh seminggu ga ketemu penyakitnya...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MESIN DIESEL PADA MOBIL FORKLIFT MAUPUN ALAT BERAT SUSAH HIDUP.....? COBA CEK YANG BERIKUT INI

mesin diesel baik pada forklift truck maupun alat berat susah di hidupkan pada saat pagi hari maupun setelah sehabis mesin di matikan memang terasa menjengkelkan..... terkadang ada hal kecil terlihat sepele namun sering luput dari pemeriksaan kita,kalau hal itu terjadi coba periksa hal berikut ini yang terkadang kita lupakan anatara lain kebocoran pada pipa atau selang solar dari tangki menuju filter solar bila terjadi retak atau clamp pengikat kendor,selang sudah rapuh mengakibatkan mesin sangat susah di hidupkan terdapat kotoran di tangki solar yang menyumbat sehingga solar mampat terkadang ada juga pipa solar di tangki yang di lengkapi dengan strainer atau saringan yang sangat lembut tersumbat kotoran ring solar baik yang dari tembaga maupun dari ring seal yang terpasang di neple filter solar sudah ausmtidak rata ataupun sobek itu juga menyebabkan mesin susah sekali di hidupkan neple solar yang terdapat di injektion pump terkadang ada yang di lengkapi dengan saringan kalau

Penyebab Hidraulik Forklift Excavator Buldozer Whelloader Tidak Mau Naik

Penyebab Hidraulik Forklift dan Alat Berat Tidak Mau Naik      Sering kita mendengar forklift  tidak kuat naik atau tidak kuat mengangkat beban padahal beban yang di angkat di bawah kekuatan dari tonase itu sendiri.tentu hal itu sangat menggangu aktifitas pada pemakainya.sebagian besar bila tidak mau naik mengatakan pompa hidrauli rusak itu wajar karena pompa adalah sumber dari tenaga hidraulik. dalam artikel   kali ini saya mencoba membahas beberapa penyebabnya anatara lain 1. OLI jika oli berkurang menyebabkan sistim hidraulik tidak mau atau tidak kuat untuk mengangkat beban bahkan mengangkat garpu sendiri tanpa bebanpun akan sangat susah karena fungsi dari oli adalah sebagai cairan yang di gunakan untuk mendorong tekanan pada piston di setiap tabung.di samping itu juga oli berfungsi sebagai pelumas dari gesekan material agar tidak cepat terjadi kerusakan 2.SARINGAN OLI saringan oli atau filter oli kotor dan rusak menyebabkan hidraulik tidak kuat naik karena sebelum masuk

Penyebab Transmisi Automatic Tidak Bisa Jalan | Mobil Forklift Wheelloader

Cara Mengetahui Kerusakan Transmisi Automatic  penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan baik pada mobil forklift maupun alat berat ada beberapa hal antara lain  oli berkurang saringan oli transmisi kotor atau rusak pipa atau selang menuju carging pump bocor  pedal kopling selalu menekan pedal macet tidak berbalik carging pump aus atau rusak ring shaft input aus  kanvas kopling dan plat aus atau rusak kelistrikan dan selenoid rusak khusus yang sudah menggunakan valve selenoid spool,pegas dan piston pada valve control aus atau cacat converter lemah atau rusak bagian ini agak jarang terjadi tapi bukan berarti tidak bisa rusak kami katakan jarang terjadi di bandingkan dengan item di atas yang umum dan lebih sering terjadi Dari beberapa permasalahan di atas kerusakan yang sering terjadi yaitu pada kanvas kopling,ring piston,kelistrikan dan selenoid, saringan oli mampat  serta carging pump rusak. mari kita bahas bersama penyebab dan akibatnya kawan.....   Kur