Langsung ke konten utama

Cara Mudah Setel Klep Mesin 6 Cilinder | Service Forklift


Adjust Valve

Perawatan dan perbaikan pada mesin diesel maupun bensin salah satunya adalah penyetelan klep atau bahasa kerennya adalah adjust valve clearance agar kondisi mesin selalu optimal,baik pada mesin forklift truck mobil excavator maupun alat berat yang lainnya.

Cara Penyetelan klep Mesin Diesel
Mesin diesel ada beberapa model ada type inlane atau segaris dan type V. Kapasitas mesin diesel di tentukan oleh ukuran dan jumlah cilindernya seperti

  • Mesin diesel 4 cilinder 
  • Mesin diesel 6 cilinder
  • Mesin diesel 8 cilinder
  • Dan seterusnya
Service forklift kali ini akan membahas cara penyetelan klep pada mesin diesel
6 cilinder  yaitu pada mesin diesel nisan TD 42
Firing order atau urutan pembakaran adalah
1-5-3-6-2-4

Pengertian Firing Order

Maksudnya adalah cilinder yang meledak pertama yaitu cilinder nomer satu meledak atau pembakaran yang kedua adalah cilinder nomer lima selanjutnya nomer tiga nomer enam nomer dua dan terahir nomer empat begitu seterusnya pada saat mesin hidup, itulah yang di maksud dengan firing order.

Cara penyetelan klep mesin diesel 6 cilinder

Untuk menyetel klep dengan benar dan mudah yang perlu di perhatikan adalah mencari top satu cara nya adalah dengan mencari tanda titik top yang terdapat di antara puley dan flywheel. jika tanda sudah tidak ada kita bisa membuat tanda sendiri caranya sebagai berikut

  • putar mesin sampai piston nomer satu dan nomer enam naik ke atas atau TMA kemudian dikasih tanda titik antara flywheel dan body tulis di samping titik angka satu dan enam artinya tanda top nomer satu dan top nomer enam
  • selanjutnya putar kembali mesin sampai piston nomer dua dan nomer lima naik ke atas sampai full kemudian kasih tanda titik antara flywhel dan body tulis di samping titik angka dua dan lima artinya tanda top nomer dua dan top nomer lima
  • yang terakhir adalah putar mesin kembali sampai piston nomer tiga dan empat naik ke atas sampai full kemudian kasih tanda titik antara flywheel dan body tulis di samping titik angka tiga dan empat artinya tanda top nomer tiga dan nomer empat
Setelah mengetahui tanda top pada setiap cilinder kita bisa langsung penyetelan kelep.yang perlu di perhatikan adalah mencari top nomer satu terlebih dahulu karena top satu dan top enam bersamaan.
Caranya bagaimana mengetahui itu top satau atau top nomer enam...?
karena piston bersamaan naiknya,caranya mudah saja ikuti langkah berikut ini dengan seksama
Service Forklift Cara mencari top satu dan top enam
  • cari tanda nomer satu dan enam kemudian luruskan dengan titik yang ada di body setelah lurus ketemu titik setel kelep nomer satu dan setel juga kelep nomer enam bersamaan,setelah selesai di setel pasti kita bingung ini top nomer satu atau nomer enam...?
  • kemudian putar mesin ke arah kanan kalau kita berada di depan kipas mesin tapi kalau kita berada di depan roda gila putar mesin ke arah kiri sampai ketemu angka nomer satu dan nomer enam ketemu titik kembali
  • selanjutnya periksa kelep nomer satu dan kelep nomer enam jika hasilnya kelep nomer enam celahnya longgar semua dan kelep nomer satu celahnya sesuai ukuran yang kita setel artinya itu top nomer satu sudah ketemu dan sudah di setel dengan benar
jasa service forklift cara mudah menyetel klep mesin 6 cilinder

Setelah top satu ketemu dan di setel langkah berikutnya mudah saja tinggal mengikuti firing order 1 5 3 6 2 4 caranya demikian
  • tadi sudah di setel cilinder nomer satu urutan berikutnya adalah nomer lima tinggal mesin di putar ke arah kanan kemudian luruskan tanda nomer lima setel klep nomer lima.yang perlu di perhatikan adalah ada angka lima dan dua tapi yang di setel nomer lima saja karena itu top nomer lima bukan nomer dua sesuai firing order
  • setelah selesai nomer lima di setel tinggal putar mesin sampai tanda ketemu nomer tiga kemudian setel klep nomer tiga
  • selanjutnya putar kembali mesin ke kanan cari tanda nomer enam dan setel kelep nomer enam
  • kemudian putar lagi mesin cari tanda nomer dua dan setel kelep nomer dua
  • dan yang terakhir putar mesin cari tanda nomer empat dan setel kelep cilinder nomer empat
Perlu di ingat mesin selalu di putar ke kanan kalau kita berada di depan kipas tapi kalau berada di depan roda gila mesin di putar ke arah kiri.
selesai sudah Service Forklift Cara Menyetel Kelep Mesin Diesel 6 Cilinder 

Komentar

  1. celah klepnya berapa bang ukuran mm

    BalasHapus
    Balasan
    1. tiap mesin akan berbeda sesuai produsennya lihat di tabel mesin..jika sudah tidak ada tabel bikin in/ex 40

      Hapus
  2. ukuran celah klep valve berapa bang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. usahakan balikin ke ukuran standar pabriknya biasanya ada di tutup mesin tapi jika sudah tidak ada bisa pakai 45 in dan ex

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MESIN DIESEL PADA MOBIL FORKLIFT MAUPUN ALAT BERAT SUSAH HIDUP.....? COBA CEK YANG BERIKUT INI

mesin diesel baik pada forklift truck maupun alat berat susah di hidupkan pada saat pagi hari maupun setelah sehabis mesin di matikan memang terasa menjengkelkan..... terkadang ada hal kecil terlihat sepele namun sering luput dari pemeriksaan kita,kalau hal itu terjadi coba periksa hal berikut ini yang terkadang kita lupakan anatara lain kebocoran pada pipa atau selang solar dari tangki menuju filter solar bila terjadi retak atau clamp pengikat kendor,selang sudah rapuh mengakibatkan mesin sangat susah di hidupkan terdapat kotoran di tangki solar yang menyumbat sehingga solar mampat terkadang ada juga pipa solar di tangki yang di lengkapi dengan strainer atau saringan yang sangat lembut tersumbat kotoran ring solar baik yang dari tembaga maupun dari ring seal yang terpasang di neple filter solar sudah ausmtidak rata ataupun sobek itu juga menyebabkan mesin susah sekali di hidupkan neple solar yang terdapat di injektion pump terkadang ada yang di lengkapi dengan saringan kalau

Penyebab Hidraulik Forklift Excavator Buldozer Whelloader Tidak Mau Naik

Penyebab Hidraulik Forklift dan Alat Berat Tidak Mau Naik      Sering kita mendengar forklift  tidak kuat naik atau tidak kuat mengangkat beban padahal beban yang di angkat di bawah kekuatan dari tonase itu sendiri.tentu hal itu sangat menggangu aktifitas pada pemakainya.sebagian besar bila tidak mau naik mengatakan pompa hidrauli rusak itu wajar karena pompa adalah sumber dari tenaga hidraulik. dalam artikel   kali ini saya mencoba membahas beberapa penyebabnya anatara lain 1. OLI jika oli berkurang menyebabkan sistim hidraulik tidak mau atau tidak kuat untuk mengangkat beban bahkan mengangkat garpu sendiri tanpa bebanpun akan sangat susah karena fungsi dari oli adalah sebagai cairan yang di gunakan untuk mendorong tekanan pada piston di setiap tabung.di samping itu juga oli berfungsi sebagai pelumas dari gesekan material agar tidak cepat terjadi kerusakan 2.SARINGAN OLI saringan oli atau filter oli kotor dan rusak menyebabkan hidraulik tidak kuat naik karena sebelum masuk

Penyebab Transmisi Automatic Tidak Bisa Jalan | Mobil Forklift Wheelloader

Cara Mengetahui Kerusakan Transmisi Automatic  penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan baik pada mobil forklift maupun alat berat ada beberapa hal antara lain  oli berkurang saringan oli transmisi kotor atau rusak pipa atau selang menuju carging pump bocor  pedal kopling selalu menekan pedal macet tidak berbalik carging pump aus atau rusak ring shaft input aus  kanvas kopling dan plat aus atau rusak kelistrikan dan selenoid rusak khusus yang sudah menggunakan valve selenoid spool,pegas dan piston pada valve control aus atau cacat converter lemah atau rusak bagian ini agak jarang terjadi tapi bukan berarti tidak bisa rusak kami katakan jarang terjadi di bandingkan dengan item di atas yang umum dan lebih sering terjadi Dari beberapa permasalahan di atas kerusakan yang sering terjadi yaitu pada kanvas kopling,ring piston,kelistrikan dan selenoid, saringan oli mampat  serta carging pump rusak. mari kita bahas bersama penyebab dan akibatnya kawan.....   Kur