Langsung ke konten utama

Cara Mudah Setel Klep Mesin 6 Cilinder | Service Forklift

Adjust Valve Clearance (Penyetelan Celah Katup)

Perawatan dan perbaikan pada mesin diesel maupun bensin, salah satunya adalah penyetelan klep atau bahasa kerennya adalah adjust valve clearance. Agar kondisi mesin selalu optimal, baik pada mesin forklift, truck, mobil, excavator maupun alat berat yang lainnya.

Penyetelan klep mesin diesel 6 Silinder pada forklift

Cara Penyetelan klep Mesin Diesel

Mesin diesel ada beberapa model, ada type inlane atau segaris dan type V. Kapasitas mesin diesel di tentukan oleh ukuran dan jumlah cilindernya seperti:
  • Mesin diesel 4 cilinder 
  • Mesin diesel 6 cilinder
  • Mesin diesel 8 cilinder
  • Dan seterusnya
Service forklift kali ini akan membahas cara penyetelan klep pada mesin diesel
6 cilinder yaitu: Pada mesin diesel nisan TD 42.
Firing order atau urutan pembakaran adalah
1-5-3-6-2-4

Pengertian Firing Order

Maksudnya adalah, cilinder yang meledak pertama yaitu cilinder nomer satu meledak atau pembakaran yang kedua adalah cilinder nomer lima. Selanjutnya nomer tiga nomer enam nomer dua, dan terakhir nomer empat. Begitu seterusnya pada saat mesin hidup, itulah yang di maksud dengan firing order.

Cara penyetelan klep mesin diesel 6 cilinder

Untuk menyetel klep dengan benar dan mudah, yang perlu di perhatikan adalah mencari top satu. Cara nya adalah dengan mencari tanda titik top yang terdapat di antara puley, dan flywheel. jika tanda sudah tidak ada, kita bisa membuat tanda sendiri caranya sebagai berikut:
  • Putar mesin sampai piston nomer satu dan nomer enam naik ke atas, atau TMA. Kemudian dikasih tanda titik antara flywheel dan body, tulis di samping titik angka satu dan enam artinya tanda top nomer satu dan top nomer enam.
  • Selanjutnya, putar kembali mesin sampai piston nomer dua dan nomer lima naik ke atas sampai full, kemudian kasih tanda titik antara flywhel dan body, tulis di samping titik angka dua dan lima, artinya tanda top nomer dua dan top nomer lima.
  • Yang terakhir adalah, putar mesin kembali sampai piston nomer tiga dan empat naik ke atas sampai full, kemudian kasih tanda titik antara flywheel dan body. Tulis di samping titik angka tiga dan empat, artinya tanda top nomer tiga dan nomer empat.
Setelah mengetahui tanda top pada setiap cilinder, kita bisa langsung melakukan penyetelan kelep. Yang perlu di perhatikan adalah mencari top nomer satu terlebih dahulu, karena top satu dan top enam bersamaan.
Caranya bagaimana mengetahui itu top satau atau top nomer enam?
karena piston bersamaan naiknya, caranya mudah saja ikuti langkah berikut ini dengan seksama.

Cara Mengetehaui Top Satu dan Top Enam Mesin Diesel 6 Silinder:

  • Cari tanda nomer satu dan enam, kemudian luruskan dengan titik yang ada di body. Setelah lurus ketemu titik, setel kelep nomer satu dan setel juga kelep nomer enam bersamaan, setelah selesai di setel pasti kita bingung, ini top nomer satu atau nomer enam?
  • Kemudian putar mesin ke arah kanan, jika kita berada di depan kipas mesin. Tapi kalau kita berada di depan roda gila, putar mesin ke arah kiri sampai ketemu angka nomer satu dan nomer enam ketemu titik kembali.
  • Selanjutnya, periksa kelep nomer satu dan kelep nomer enam, jika hasilnya kelep nomer enam celahnya longgar semua, dan klep nomer satu celahnya sesuai ukuran yang kita setel, artinya itu top nomer satu sudah ketemu dan sudah di stel dengan benar.
Setelah top satu ketemu dan di setel, langkah berikutnya mudah saja tinggal mengikuti firing order 1 5 3 6 2 4 caranya demikian:
  • Tadi sudah di setel cilinder nomer satu, urutan berikutnya adalah nomer lima dengan cara putar mesin ke arah kanan, kemudian luruskan tanda nomer lima dan setel klep nomer lima. Yang perlu di perhatikan adalah, ada angka lima dan dua tapi yang di setel nomer lima saja, karena itu top nomer lima dan bukan nomer dua sesuai firing order.
  • Setelah selesai nomer lima di setel, tinggal putar mesin sampai tanda ketemu nomer tiga, kemudian setel klep nomer tiga.
  • Selanjutnya putar kembali mesin ke arah kanan, cari tanda nomer enam dan setel kelep nomer enam.
  • Kemudian putar lagi mesin, dan cari tanda nomer dua dan setel kelep nomer dua.
  • Yang terakhir, putar mesin cari tanda nomer empat dan setel kelep cilinder nomer empat.
Perlu di perhatikan, mesin selalu di putar ke arah kanan, jika kita berada di depan kipas. Tapi, jika kita berada di depan roda gila, mesin di putar ke arah kiri.
Selesai sudah Service Forklift Cara Menyetel Kelep Mesin Diesel 6 Cilinder.
Jika Anda membutuhkan bantuan lebih lanjut dalam perawatan atau penyetelan mesin, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami siap membantu Anda agar mesin forklift atau alat berat Anda selalu dalam kondisi terbaik.
Jangan lupa membaca artikel selanjutnya, untuk informasi lebih lanjut mengenai perawatan mesin, tips dan panduan lainnya yang bermanfaat untuk Anda!




Komentar

  1. celah klepnya berapa bang ukuran mm

    BalasHapus
    Balasan
    1. tiap mesin akan berbeda sesuai produsennya lihat di tabel mesin..jika sudah tidak ada tabel bikin in/ex 40

      Hapus
  2. ukuran celah klep valve berapa bang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. usahakan balikin ke ukuran standar pabriknya biasanya ada di tutup mesin tapi jika sudah tidak ada bisa pakai 45 in dan ex

      Hapus
  3. untuk mesin 4 cilinder caranya bagaimana bang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk mesin 4 cilinder beda lagi firing ordernya tapi mekanismenya hampir sama bang

      Hapus
  4. kalo timing nya 142635 gimna ya
    brapa putaran nyari top

    BalasHapus
    Balasan
    1. mteodenya sama saja bang...jika ada pertanyaan untuk info lebih jelas lewat WhatsApp

      Hapus
  5. timing nya 142635 gimna ya

    BalasHapus
  6. berapa putaran kalo stel klep

    BalasHapus
  7. Ada dua cara bang kalau mau di stel satu2 tiap cilinder berarti tiap penyetelan satu kali putaran....tapi kalau mau di overleave artinya sekaligus dua kali putaran selesai

    BalasHapus
  8. Kalau saya lebih suka menggunakan cara yang pertama satu cilinder setelah ,putar satu kali setelah cilinder yang lain dan seterusnya .memang lebih lama tapi lebih presisi hasilnya

    BalasHapus
  9. Bang, mesin saya cummins 6 silinder, pas top 1 ada 7 klep yg bebas. Kalau top 6 juga ada 7 klep yg bebas, apa yg salah bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba jangan di overleave..tapi stel satu persatu hasilnya lebih akurat bang...ikutin sesuai firring order..

      Hapus
  10. Kalo mesin cummins sama tidak setelannya kyk penjelasan di atas bang.. Mohon jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara umum penyetelan klep semua mesin sama, lihat firing order bawaan dari pabriknya. setelah itu tinggal ikuti langkah di atas. Semoga membantu jika kurang jelas silahkan di tanyakan kembali

      Hapus

Posting Komentar