Langsung ke konten utama

Cara Mudah Menghidupkan Mesin Mogok Pada Mobil Forklift Genzet dan Alat Berat

Service Forklift Mogok

Langsung saja bagaimana cara mengatasi mesin yang mendadak tidak bisa di hidupkan apalagi kalau kita mengendarai mobil dan posisinya jauh dari bengkel tentu merepotkan bukan.....? berikut tips dan trik dari team service forklift

Penyebab Mesin Forklift dan Alat Berat Mogok 

  • dinamo stater
  • bahan bakar (solar,bensin atau sejenisnya)
  • fueel system (filter solar/bensin,selang,injection pump,nozle,head pump,dan pendukungnya) untuk mesin yang sudah common rail akan di bahas di step berikutnya
  • electrical system (seperti relay,fuse,valve selenoid,kabel,ignition switch,busi,ECU,accu/batrey,altenator ,distributor)
  • cooling system ( seperti radiator,kipas,water pump,termostart,fan belt,hose,air jika bermasalah bisa menyebabkan over heating)
  • engine (antara lain kompresi,teaming,valve in/ex dsb..)
  • dan masih banyak penyebab lain ini cuma beberapa di antaranya saja
  • ini sebagian penyebab dari mesin bensin dan diesel secara umum
Tapi di sini kita tidak akan membahas semua itu karena bagi yang awam dengan tekhnik automotif malah menjadi pusing.yang akan kita bahas disini adalah hal mudah yang bisa di lakukan oleh orang awam jikalau dalam keadaan darurat mobil ataupun forklift maupun alat berat tiba tiba susah untuk di hidupkan
berikut tips dan trik dari team service forklift
  • pastikan bahan bakar serta accu/baterey cukup dan bagus lalu start hidupkan mesin jika tidak ada reaksi apapun dalam arti mesin tidak berputar apalagi hidup cek yang berikut ini
cara mudah menghidupkan mesin mobil forklift dan alat berat mogok dengan cara di jumper dinamo stater 

gambar di atas adalah dinamo stater letaknya ada di samping kiri dan ada juga yang di samping sebelah kanan mesin perhatikan di situ terdapat dua kabel satu kabel besar dan satu kabel kecil kadang terdapat beberapa kabel menyatu dengan kabel besar tapi tidak masalah fokus kita pada kabel yang dua saja lihat gambar berikutnya

cara mudah menghidupkan mesin rusak pada forklift mobil dan alat berat

yang no 1 atau kabel besar itu kabel dari terminal accu plus dan jangan sampi menempel ke bodi dinamo atau bodi mesin sedangkan kabel yang no 2 adalah switch stater yang tersambung ke kunci kontak untuk menghidupkan mesin umumnya melewati sikring dan relay terlebih dahulu .
setelah jelas dengan gambar di atas langkah selanjutnya untuk menghidupkan mesin adalah
  • pastikan handle transmisi pada posisi netral serta tarik hand rem agar pada saat di stater mesin hidup tidak jalan loncat dan menimbulkan kecelakaan
  • untuk alat berat selain handel transmisi dan handel rem ...netralkan juga semua handel hidraulik (bucket,boom,arm,swing,track dan lainnya)
  • untuk genzet panel listrik di posisi off
kalau semua sudah aman dan siap untuk di start dengan cara di jumper kabel no 1 ke kabel no 2 dengan menyiapkan kabel sepanjang 10 atau 15 cm lihat gambar berikut ini cara jumpernya

mesin mobil forklift dan alat berat susah di hidupkan begini caranya

hubungkan kabel besar yang no 1 ke kabel no 2 seperti gambar di atas dan siap siap mesin akan hidup jreng.......setelah hidup lepaskan kabel penghubung yang pendek berukuran 10 cm tadi
jika mesin tetap tidak mau hidup apalagi kendaraan anda menggunakan transmisi automatic tentu tidak bisa di dorong untuk menghidupkannya bukan...?
lebih baik tunggu pembahasan artikel dari team service forklift berikutnya,,,,,selamat mencoba



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MESIN DIESEL PADA MOBIL FORKLIFT MAUPUN ALAT BERAT SUSAH HIDUP.....? COBA CEK YANG BERIKUT INI

mesin diesel baik pada forklift truck maupun alat berat susah di hidupkan pada saat pagi hari maupun setelah sehabis mesin di matikan memang terasa menjengkelkan..... terkadang ada hal kecil terlihat sepele namun sering luput dari pemeriksaan kita,kalau hal itu terjadi coba periksa hal berikut ini yang terkadang kita lupakan anatara lain kebocoran pada pipa atau selang solar dari tangki menuju filter solar bila terjadi retak atau clamp pengikat kendor,selang sudah rapuh mengakibatkan mesin sangat susah di hidupkan terdapat kotoran di tangki solar yang menyumbat sehingga solar mampat terkadang ada juga pipa solar di tangki yang di lengkapi dengan strainer atau saringan yang sangat lembut tersumbat kotoran ring solar baik yang dari tembaga maupun dari ring seal yang terpasang di neple filter solar sudah ausmtidak rata ataupun sobek itu juga menyebabkan mesin susah sekali di hidupkan neple solar yang terdapat di injektion pump terkadang ada yang di lengkapi dengan saringan kalau

Penyebab Hidraulik Forklift Excavator Buldozer Whelloader Tidak Mau Naik

Penyebab Hidraulik Forklift dan Alat Berat Tidak Mau Naik      Sering kita mendengar forklift  tidak kuat naik atau tidak kuat mengangkat beban padahal beban yang di angkat di bawah kekuatan dari tonase itu sendiri.tentu hal itu sangat menggangu aktifitas pada pemakainya.sebagian besar bila tidak mau naik mengatakan pompa hidrauli rusak itu wajar karena pompa adalah sumber dari tenaga hidraulik. dalam artikel   kali ini saya mencoba membahas beberapa penyebabnya anatara lain 1. OLI jika oli berkurang menyebabkan sistim hidraulik tidak mau atau tidak kuat untuk mengangkat beban bahkan mengangkat garpu sendiri tanpa bebanpun akan sangat susah karena fungsi dari oli adalah sebagai cairan yang di gunakan untuk mendorong tekanan pada piston di setiap tabung.di samping itu juga oli berfungsi sebagai pelumas dari gesekan material agar tidak cepat terjadi kerusakan 2.SARINGAN OLI saringan oli atau filter oli kotor dan rusak menyebabkan hidraulik tidak kuat naik karena sebelum masuk

Penyebab Transmisi Automatic Tidak Bisa Jalan | Mobil Forklift Wheelloader

Cara Mengetahui Kerusakan Transmisi Automatic  penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan baik pada mobil forklift maupun alat berat ada beberapa hal antara lain  oli berkurang saringan oli transmisi kotor atau rusak pipa atau selang menuju carging pump bocor  pedal kopling selalu menekan pedal macet tidak berbalik carging pump aus atau rusak ring shaft input aus  kanvas kopling dan plat aus atau rusak kelistrikan dan selenoid rusak khusus yang sudah menggunakan valve selenoid spool,pegas dan piston pada valve control aus atau cacat converter lemah atau rusak bagian ini agak jarang terjadi tapi bukan berarti tidak bisa rusak kami katakan jarang terjadi di bandingkan dengan item di atas yang umum dan lebih sering terjadi Dari beberapa permasalahan di atas kerusakan yang sering terjadi yaitu pada kanvas kopling,ring piston,kelistrikan dan selenoid, saringan oli mampat  serta carging pump rusak. mari kita bahas bersama penyebab dan akibatnya kawan.....   Kur