Langsung ke konten utama

Penyebab Hidraulik Forklift Excavator Buldozer Whelloader Tidak Mau Naik

Penyebab Hidraulik Forklift dan Alat Berat Tidak Mau Naik

     Sering kita mendengar forklift tidak kuat naik atau tidak kuat mengangkat beban padahal beban yang di angkat di bawah kekuatan dari tonase itu sendiri.tentu hal itu sangat menggangu aktifitas pada pemakainya.sebagian besar bila tidak mau naik mengatakan pompa hidrauli rusak itu wajar karena pompa adalah sumber dari tenaga hidraulik.
dalam artikel kali ini saya mencoba membahas beberapa penyebabnya anatara lain

1. OLI
jika oli berkurang menyebabkan sistim hidraulik tidak mau atau tidak kuat untuk mengangkat beban bahkan mengangkat garpu sendiri tanpa bebanpun akan sangat susah karena fungsi dari oli adalah sebagai cairan yang di gunakan untuk mendorong tekanan pada piston di setiap tabung.di samping itu juga oli berfungsi sebagai pelumas dari gesekan material agar tidak cepat terjadi kerusakan

2.SARINGAN OLI

saringan oli atau filter oli kotor dan rusak menyebabkan hidraulik tidak kuat naik karena sebelum masuk ke pompa oli melewati filter untu menyaring kotoran agar tidak terbawa ke pompa karena akan mengakibatkan kerusakan sparepart,tentu bila saringan kotor dan mampat oli yang tersedot masuk juga akan berkurang bahkan tidak ada sama sekali


3.SELANG HISAP
bila selang hisap bocor atau pengikatnya kendor juga tidak bisa naik karena pompa akan menyedot oli dan udara sehingga menyebabkan jumlah oli yang masuk ke pompa sangat berkurang sekalipun kebocoranya sangat kecil pengaruhnya sangat besar

4.POMPA
pompa yang rusak atau lemah sudah pasti penyebab terbesar dalam sistim hidraulik karena pompa berfungsi sebagai penggeraknya solusinya lakukan service atau ganti pompa baru itu lebih baik.

5.SELANG KELUAR
bila selang keluar bocor tentu tekanan oli akan terbuang sia sia dan tidak mencapai valve kontrol apalagi sampai ke tabung piston

6.CONTROL VALVE
control valve rusak atau bocor

7.SEAL
seal rusak atau aus menyebabkan tekanan oli lemah sehingga tenaga yang di hasilkan juga kecil

8.TABUNG HIDRAULIK
tabung hidraulik yang longgar ataurusak menyebabkan tekanan oli juga menjadi bocor sekalipun sealnya di ganti baru tapi akan tetap terjadi kebocoran karen longgar

itu beberapa penyebab hidraulik forklift tidak mau naik sekalipun masih banyak kemungkinan kemungkinan lain tapi 8 hal di atas yang sering menjadi penyebabnya.

jadi jangan terburu buru untuk melakukan penggantian pompa bila penyebabnya belum di ketahui secara pasti.solusi mengatasinya yaitu dengan :
-menambah oli hidraulik bila berkurang atau ganti jika sudah kotor
-bersihkan saringan oli atau ganti dengan yang baru
-periksa selang hisap dari kemungkinan sobek,bocor atau kurang kencang pengikatnya
-periksa tekanan pompa dengan menggunakan pengukur tekanan jika hasilnya lemah segera pebaikan pompa atau ganti dengan yang baru
-periksa selang keluar dari kebocoran dengan menghidupkan mesin jika terjadi kebocoran harus di ganti dengan selang baru
-cek control valve dari kemungkinan bocor di spul,oring ,per patah dan lakukan service
-ganti seal seal yang rusak pada setiap cilinder lift
-cek kerusakan tabung bagian dalam jika aus lebih baik ganti dengan yang baru karena bila tabung lecet bagian dalam susah untuk di service serta hasilnyapun kurang memuaskan

jangan langsung melakukan penggantian sparepart sebelum penyebab kerusakan benar benar di ketahui secara pasti,karena akan memerlukan biaya yang mahal dan belum tentu kerusakan bisa diatasi.karena melakukan pekerjaan service jauh lebih mudah di bandingkan dengan mencari penyebab kerusakannya.demikian tutorial kali ini semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita.selamat mencoba

Komentar

  1. Bang mau tanya
    Forklift diesel matic sy,
    tekanan oli pompa matic melemah saat 20mnt setelah mesin d hidupkan yg lemah pompa olinya atau ada yg lain bang .....?
    Thanks sbelum nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang berhubungan dengan kelemahan transmisi automatik tidak bisa maju mundur atau lemah antara lain carging pump lemah atau aus,disck cluth aus ring seal aus filter transmisi kotor atau tersumbat valve control bermasalah kurang oli transmisi itu bagian yang sering bermasalah

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MESIN DIESEL PADA MOBIL FORKLIFT MAUPUN ALAT BERAT SUSAH HIDUP.....? COBA CEK YANG BERIKUT INI

mesin diesel baik pada forklift truck maupun alat berat susah di hidupkan pada saat pagi hari maupun setelah sehabis mesin di matikan memang terasa menjengkelkan..... terkadang ada hal kecil terlihat sepele namun sering luput dari pemeriksaan kita,kalau hal itu terjadi coba periksa hal berikut ini yang terkadang kita lupakan anatara lain kebocoran pada pipa atau selang solar dari tangki menuju filter solar bila terjadi retak atau clamp pengikat kendor,selang sudah rapuh mengakibatkan mesin sangat susah di hidupkan terdapat kotoran di tangki solar yang menyumbat sehingga solar mampat terkadang ada juga pipa solar di tangki yang di lengkapi dengan strainer atau saringan yang sangat lembut tersumbat kotoran ring solar baik yang dari tembaga maupun dari ring seal yang terpasang di neple filter solar sudah ausmtidak rata ataupun sobek itu juga menyebabkan mesin susah sekali di hidupkan neple solar yang terdapat di injektion pump terkadang ada yang di lengkapi dengan saringan kalau

Penyebab Transmisi Automatic Tidak Bisa Jalan | Mobil Forklift Wheelloader

Cara Mengetahui Kerusakan Transmisi Automatic  penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan baik pada mobil forklift maupun alat berat ada beberapa hal antara lain  oli berkurang saringan oli transmisi kotor atau rusak pipa atau selang menuju carging pump bocor  pedal kopling selalu menekan pedal macet tidak berbalik carging pump aus atau rusak ring shaft input aus  kanvas kopling dan plat aus atau rusak kelistrikan dan selenoid rusak khusus yang sudah menggunakan valve selenoid spool,pegas dan piston pada valve control aus atau cacat converter lemah atau rusak bagian ini agak jarang terjadi tapi bukan berarti tidak bisa rusak kami katakan jarang terjadi di bandingkan dengan item di atas yang umum dan lebih sering terjadi Dari beberapa permasalahan di atas kerusakan yang sering terjadi yaitu pada kanvas kopling,ring piston,kelistrikan dan selenoid, saringan oli mampat  serta carging pump rusak. mari kita bahas bersama penyebab dan akibatnya kawan.....   Kur