Langsung ke konten utama

Mengetahu Sistem Hidraulik dan Cara Mengatasi Kerusakan Pada Forklift Excavator Buldozer dan Wheelloader

service komponen hidraulik system baik pada forklift maupun alat berat gangguan yang sering terjadidi sebabkan oleh komponen yang mengalami keausan ataupun kerusakan.jika kerusakan hidraulik cuma terjadi pada bagian komponen saja kita bisa memperbaikinya tapi bila kerusakan terjadi pada unit assy tentu harus mengganti satu paket yang tentu biayanya akan lebih mahal.

gejala kerusakan yang terjadi pada system hidraulik yaitu ;                                                                  
1.MAIN PUMP ( pompa induk ) bersuara sangat berisik penyebabnya adalah adanya udara di system
   hidraulik dan terjebak tidak bisa keluar.untuk mengatasinya adalah dengan memeriksa volume oli
   hidraulik di tangki jangan sampai berkurang dari ukuran yang di butuhkan,periksa dan perbaiki
   hose atau selang inlet dari tangki hidraulik menuju pompa induk pastikan di bagian itu tidak ada ke
   bocoran.saringan oli hidraulik kotor mampet juga mengakibatkan suara pompa berisik cara mengata
   sinya yaitu bersihkan atau ganti dengan siringan yang baru.piston,kipas dan valve pompa macet ju
   ga menimbulkan suara berisik mengatasinya dengan cara periksa dan perbaiki di komponen itu pas
   tikan putaran kipas normal tidak menyankut dan ringan putaranya,periksa juga kedudukan pompa
   puely dan saft penghubung antara pompa dan penggeraknya harus lurus sejajar.selain dari itu kua
   litas oli terlalu encer juga menyebabkan suara berisik pada pompa karena pompa akan berputar le
   bih cepat dan lebih ringan dari standarnya.
2.PRESURE (tekanan dalam sistem hidraulik rendah) ini mengakibatkan kinerja unit baik forklift ma
   upun alat berat akan menjadi lambat dan lemah sehingga di butuhkan kerja mesin yang lebih tinggi
   yang tentunya akan menyebabkan mesin cepat rusak juga boros bahan bakar.penyebab tekanan sis
   tem hidraulik terlalu rendah yaitu komponrn mengalami kemacetan usang dan rusak,kesalahan me
   ngadjust atau penyetelan yang mengakibatkan oli tidak sirkulasi sesuai sistem dalam arti akan terja
   di by pas menuju ke tangki kembali,adanya kebocoran pada bagian hidraulik yang menyebabkan te
   kanan atau presure terbuang,reliev presure terlalu rendah atau selalu terbuka.solusi memperbaikinya
   dengan cara periksa semua sistem hidraulik dari kebocoran,cek tekanan pompa dengan alat presure
   gauge jika tekanan pompa normal sesuai standarnya berarti kerusakan di tempat lain pindah presure
   gauge ke saluran pipa setelah reliev valve jika tekanan rendah setel relief valve agar tekanan sitem
   hidraulik naik tapi bila tetap tidak berubah kemungkinan relief terganggu atau tersumbat kotoran ke
   mungkinan lain terjadi kebocoran di sistem bila memang tekanan pompa normal tapi sampe pipa se
   telah reliev valve lemah.tapi sebaliknya jika pompa induk lemah dalam arti di cek dengan presure
   gauge tidak di dapat tekanan standar kemungkinan besar pompa induk mengalami kerusakan atau
   keausan.kerusakan atau aus pada pompa induk terjadi akibat housing atau rumah pompa mengalami
   kelonggaran akibat gesekan,piston dan valve pompa aus atau rusak,pemasangan komponen pompa
   tebalik gear penghubung pompa ke penggerak pompa ataupun saft penghubung rusak.ini pernah ter
   jadi saat kami melakukan service forklift dan excavator di tangerang banten.

3.SISTEM HIDRAULIK TERLALU PANAS ( over heating ) di sebabkan oleh oil cooler atau pendi

   ngin oli hidraulik kotor atau tersumbat,pemasangan sparepart pompa tidak singkron dalam artian
   tidak sejajar kurang kencang dan kurang balance,kebocoran dalam pompa terlalu besar,kualitas atau
   kekentalan oli tidak cocok,oli banyak terbuang lewat reliev valve pada saat penyetelan.solusi meng
   atasinya dengan mengganti kualitas oli hidraulik sesuai standar buku petunjuk,bersihkan oil cooler
   atau service bila mengalami kerusakan,periksa bagian sparepart pompa induk kencangkan dan per
   baiki agar balance dan sempurna,setel kembali reliev valve sesuai kebutuhan.
sampai jumpa di artikel berikutnya tentang perawatan dan service pada forklift dan alat berat di bagian hidraulik sistem.salam managemen polaga tekhnik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MESIN DIESEL PADA MOBIL FORKLIFT MAUPUN ALAT BERAT SUSAH HIDUP.....? COBA CEK YANG BERIKUT INI

mesin diesel baik pada forklift truck maupun alat berat susah di hidupkan pada saat pagi hari maupun setelah sehabis mesin di matikan memang terasa menjengkelkan..... terkadang ada hal kecil terlihat sepele namun sering luput dari pemeriksaan kita,kalau hal itu terjadi coba periksa hal berikut ini yang terkadang kita lupakan anatara lain kebocoran pada pipa atau selang solar dari tangki menuju filter solar bila terjadi retak atau clamp pengikat kendor,selang sudah rapuh mengakibatkan mesin sangat susah di hidupkan terdapat kotoran di tangki solar yang menyumbat sehingga solar mampat terkadang ada juga pipa solar di tangki yang di lengkapi dengan strainer atau saringan yang sangat lembut tersumbat kotoran ring solar baik yang dari tembaga maupun dari ring seal yang terpasang di neple filter solar sudah ausmtidak rata ataupun sobek itu juga menyebabkan mesin susah sekali di hidupkan neple solar yang terdapat di injektion pump terkadang ada yang di lengkapi dengan saringan kalau

Penyebab Hidraulik Forklift Excavator Buldozer Whelloader Tidak Mau Naik

Penyebab Hidraulik Forklift dan Alat Berat Tidak Mau Naik      Sering kita mendengar forklift  tidak kuat naik atau tidak kuat mengangkat beban padahal beban yang di angkat di bawah kekuatan dari tonase itu sendiri.tentu hal itu sangat menggangu aktifitas pada pemakainya.sebagian besar bila tidak mau naik mengatakan pompa hidrauli rusak itu wajar karena pompa adalah sumber dari tenaga hidraulik. dalam artikel   kali ini saya mencoba membahas beberapa penyebabnya anatara lain 1. OLI jika oli berkurang menyebabkan sistim hidraulik tidak mau atau tidak kuat untuk mengangkat beban bahkan mengangkat garpu sendiri tanpa bebanpun akan sangat susah karena fungsi dari oli adalah sebagai cairan yang di gunakan untuk mendorong tekanan pada piston di setiap tabung.di samping itu juga oli berfungsi sebagai pelumas dari gesekan material agar tidak cepat terjadi kerusakan 2.SARINGAN OLI saringan oli atau filter oli kotor dan rusak menyebabkan hidraulik tidak kuat naik karena sebelum masuk

Penyebab Transmisi Automatic Tidak Bisa Jalan | Mobil Forklift Wheelloader

Cara Mengetahui Kerusakan Transmisi Automatic  penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan baik pada mobil forklift maupun alat berat ada beberapa hal antara lain  oli berkurang saringan oli transmisi kotor atau rusak pipa atau selang menuju carging pump bocor  pedal kopling selalu menekan pedal macet tidak berbalik carging pump aus atau rusak ring shaft input aus  kanvas kopling dan plat aus atau rusak kelistrikan dan selenoid rusak khusus yang sudah menggunakan valve selenoid spool,pegas dan piston pada valve control aus atau cacat converter lemah atau rusak bagian ini agak jarang terjadi tapi bukan berarti tidak bisa rusak kami katakan jarang terjadi di bandingkan dengan item di atas yang umum dan lebih sering terjadi Dari beberapa permasalahan di atas kerusakan yang sering terjadi yaitu pada kanvas kopling,ring piston,kelistrikan dan selenoid, saringan oli mampat  serta carging pump rusak. mari kita bahas bersama penyebab dan akibatnya kawan.....   Kur