Mengetahu Sistem Hidraulik dan Cara Mengatasi Kerusakan Pada Forklift Excavator Buldozer dan Wheelloader
service komponen hidraulik system baik pada forklift maupun alat berat gangguan yang sering terjadidi sebabkan oleh komponen yang mengalami keausan ataupun kerusakan.jika kerusakan hidraulik cuma terjadi pada bagian komponen saja kita bisa memperbaikinya tapi bila kerusakan terjadi pada unit assy tentu harus mengganti satu paket yang tentu biayanya akan lebih mahal.
gejala kerusakan yang terjadi pada system hidraulik yaitu ;1.MAIN PUMP ( pompa induk ) bersuara sangat berisik penyebabnya adalah adanya udara di system
hidraulik dan terjebak tidak bisa keluar.untuk mengatasinya adalah dengan memeriksa volume oli
hidraulik di tangki jangan sampai berkurang dari ukuran yang di butuhkan,periksa dan perbaiki
hose atau selang inlet dari tangki hidraulik menuju pompa induk pastikan di bagian itu tidak ada ke
bocoran.saringan oli hidraulik kotor mampet juga mengakibatkan suara pompa berisik cara mengata
sinya yaitu bersihkan atau ganti dengan siringan yang baru.piston,kipas dan valve pompa macet ju
ga menimbulkan suara berisik mengatasinya dengan cara periksa dan perbaiki di komponen itu pas
tikan putaran kipas normal tidak menyankut dan ringan putaranya,periksa juga kedudukan pompa
puely dan saft penghubung antara pompa dan penggeraknya harus lurus sejajar.selain dari itu kua
litas oli terlalu encer juga menyebabkan suara berisik pada pompa karena pompa akan berputar le
bih cepat dan lebih ringan dari standarnya.
2.PRESURE (tekanan dalam sistem hidraulik rendah) ini mengakibatkan kinerja unit baik forklift ma
upun alat berat akan menjadi lambat dan lemah sehingga di butuhkan kerja mesin yang lebih tinggi
yang tentunya akan menyebabkan mesin cepat rusak juga boros bahan bakar.penyebab tekanan sis
tem hidraulik terlalu rendah yaitu komponrn mengalami kemacetan usang dan rusak,kesalahan me
ngadjust atau penyetelan yang mengakibatkan oli tidak sirkulasi sesuai sistem dalam arti akan terja
di by pas menuju ke tangki kembali,adanya kebocoran pada bagian hidraulik yang menyebabkan te
kanan atau presure terbuang,reliev presure terlalu rendah atau selalu terbuka.solusi memperbaikinya
dengan cara periksa semua sistem hidraulik dari kebocoran,cek tekanan pompa dengan alat presure
gauge jika tekanan pompa normal sesuai standarnya berarti kerusakan di tempat lain pindah presure
gauge ke saluran pipa setelah reliev valve jika tekanan rendah setel relief valve agar tekanan sitem
hidraulik naik tapi bila tetap tidak berubah kemungkinan relief terganggu atau tersumbat kotoran ke
mungkinan lain terjadi kebocoran di sistem bila memang tekanan pompa normal tapi sampe pipa se
telah reliev valve lemah.tapi sebaliknya jika pompa induk lemah dalam arti di cek dengan presure
gauge tidak di dapat tekanan standar kemungkinan besar pompa induk mengalami kerusakan atau
keausan.kerusakan atau aus pada pompa induk terjadi akibat housing atau rumah pompa mengalami
kelonggaran akibat gesekan,piston dan valve pompa aus atau rusak,pemasangan komponen pompa
tebalik gear penghubung pompa ke penggerak pompa ataupun saft penghubung rusak.ini pernah ter
jadi saat kami melakukan service forklift dan excavator di tangerang banten.
3.SISTEM HIDRAULIK TERLALU PANAS ( over heating ) di sebabkan oleh oil cooler atau pendi
ngin oli hidraulik kotor atau tersumbat,pemasangan sparepart pompa tidak singkron dalam artiantidak sejajar kurang kencang dan kurang balance,kebocoran dalam pompa terlalu besar,kualitas atau
kekentalan oli tidak cocok,oli banyak terbuang lewat reliev valve pada saat penyetelan.solusi meng
atasinya dengan mengganti kualitas oli hidraulik sesuai standar buku petunjuk,bersihkan oil cooler
atau service bila mengalami kerusakan,periksa bagian sparepart pompa induk kencangkan dan per
baiki agar balance dan sempurna,setel kembali reliev valve sesuai kebutuhan.
sampai jumpa di artikel berikutnya tentang perawatan dan service pada forklift dan alat berat di bagian hidraulik sistem.salam managemen polaga tekhnik.
Komentar
Posting Komentar