Cara Mengetahui Kerusakan Transmisi Automatic
penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan baik pada mobil forklift maupun alat berat ada beberapa hal antara lain- oli berkurang
- saringan oli transmisi kotor atau rusak
- pipa atau selang menuju carging pump bocor
- pedal kopling selalu menekan pedal macet tidak berbalik
- carging pump aus atau rusak
- ring shaft input aus
- kanvas kopling dan plat aus atau rusak
- kelistrikan dan selenoid rusak khusus yang sudah menggunakan valve selenoid
- spool,pegas dan piston pada valve control aus atau cacat
- converter lemah atau rusak bagian ini agak jarang terjadi tapi bukan berarti tidak bisa rusak kami katakan jarang terjadi di bandingkan dengan item di atas yang umum dan lebih sering terjadi
Dari beberapa permasalahan di atas kerusakan yang sering terjadi yaitu pada kanvas kopling,ring piston,kelistrikan dan selenoid, saringan oli mampat serta carging pump rusak.
mari kita bahas bersama penyebab dan akibatnya kawan.....
Kurang Oli
jika oli transmisi autumatic bekurang dalam arti tidak tersedot oleh pipa atau selang hisap sudah pasti tidak bisa maju ataupun mundur karena carging pump tidak mendapat cairan jadi tidak mengasilkan tekanan untuk mendorong kanvas kopling bahasa yang sering di pakai adalah ngempos cuma mengisap udara
Saringan Oli Tersumbat
sekalipun oli transmisi cukup tapi saringan rusak atau tersumbat juga mengakibatkan tidak bisa jalan karena suplay oli ke pompa juga terhambat
Selang Hisap Bocor
bila ada kebocoran di bagian ini pompa akan menghisap oli dan angin lama lama cuma angin yang tersedot apalagi kalau kebocorannya cukup besar tentu pompa tidak mendapat cairan dengan sempurna
Pedal Kopling Menekan Terus
hal ini juga jarang terjadi cuma bila pedal kopling selalu menekan terus padahal kaki sudah kita lepas kita mengira sudah kembali ternyata pedal macet tidak berbalik mengakibatkan spool selalu menekan terus yang menyebabkan tekanan oli tidak sampai di piston tapi akan ke tangki dan di hisap kembali oleh pompa
Carging Pump Rusak
carging pump bertugas menghisap oli transmisi dan memompa oli untuk di gunakan mendorong kanvas kopling jadi bila aus atau rusak tekanan yang di hasilkan juga kecil bahkan tidak ada sama sekali dan sudah tentu transmisi automatic tidak bisa jalan
Ring Seal Rusak
ini yang sering terjadi khusunya ring yang terdapat di piston dan ring yang terdapat di shaft input karena tugas ring ini menahan agar tekanan oli di piston tidak bocor supaya piston bisa mendorong kanvas kopling dengan maksimal.jika ada kebocoran di bagian ini mengakibatkan piston tidak mendorong dengan kuat yang tentu kanvas kopling menjadi renggang mengakibatkan kanvas akan bergesekan terus dengan plat dan sudah tentu kanvas ataupun plat akan terkikis dan rusak.
Kanvas Kopling Aus
kanvas kopling maupun plat bertugas menyambung putaran dari mesin untuk di teruskan menuju roda agar bisa berjalan jadi bila aus atau rusak sudah tentu putaran mesin tidak akan sampai ke roda
Selenoid dan Kelistrikan error
kelistrikan dan selenoid bertugas sebagai kran buka tutup pengaturan oli dari pompa menuju piston jadi bila bagian ini rusak sudah tentu pengiriman tekanan oli dari pompa akan terhambat
Valve Control rusak spool macet
bila valve kontrol sudah aus khusunya di bagian spool baret,per patah atau piston dan rumahnya aus ini juga menjadi penyebab tidak bisa maju mundur
Converter Lemah
seperti yang kami bahas di atas converter memang jarang rusak tetapi bukan berarti tidak pernah atau tidak bisa rusak cuma jarang terjadi kerusakan di bagian ini.tugas converter adalah mentransfer tenaga putaran dari mesin menuju transmisi automatic untuk lebih jelas baca CARA MUDAH MENGATASI KERUSAKAN TRANSMISI AUTOMATIC MOBIL FORKLIFT DAN ALAT BERAT
Itu beberapa permasalahan yang sering terjadi pada transmisi automatic mobil forklift maupun wheelloader.
Penyebabnya karena perawatan yang tidak teratur ataupun usia pemakaian sudah terlalu lama
Gejala Kerusakan Transmisi Matic Forklift Mobil Wheelloader
Beberapa gejala kerusakan pada transmisi automatic bisa di lihat seperti
- jalan maju dan mundur lemah
- tidak kuat menanjak
- kondisi panas tidak bisa jalan
- bisa maju tapi tidak bisa mundur atau sebaliknya
- waktu kondisi sudah panas tidak bisa maju atau sebaliknya
- bahkan sama sekali tidak bisa jalan sekalipun kondisi mesin baru di hidupkan
Kesimpulan
Perawatan pada transmisi automatic secara rutin yaitu penggantian oli transmisi berikut filter dan gunakan oli ATF.
cek oli transmisi dan periksa kebocoran sebelum di jalankan agar terhindar dari kerusakan dini.
Selamat mencoba semoga berhasil
Mau nanya penyebab forklift matik 7 ton merek TCM mundurnya bagus tapi unk maju berat tdk ada tenaga
BalasHapusdisc cluth / kanvas kopling bagian maju kompresi sudah bocor kemungkinan ring seal aus...gan
HapusTerima kasih atas infonya gan..
BalasHapussama sama gan...
HapusTemakasih ilmunya gan
Hapussama sama pak semoga cepat teratasi
HapusMaju bisa mundur bisa,itu bisa berpengaruh tidak klo seal transmisi nya bocor
BalasHapusmaksudnya bisa maju tapi tidak bisa mundur/sebaliknya gan....
Hapusjika oli transmisi berkurang sangat berpengaruh..tapi jika oli cukup tetap tidak bisa jalan ada penyebab lain
HapusMaju bisa mundur bisa,itu bisa berpengaruh tidak klo seal transmisi nya bocor
BalasHapusmaksudnyabagaimana gan tidak bisa majutapi bisa mundur atau sebaliknya..
HapusBang kalau masuk 1dan2 bisa jalan tapi 4dan5 tidak bisa jalan apa penyebabnya bang...JCB 3CX
BalasHapuskemungkinan besar kompresi di bagian speed 4 dan 5 bocor jadi tekanan....atau spool valve control 4 dan 5 aus..
HapusAssalamualaikum
BalasHapusKlok forklif tidak mau maju. Cuman mau mundur aja itu apa kerusakan yq..oli tranmisi ya cukup.cuman koplingya tidak mau di tekan n di tatik
forklift merk apa kapasitas berapa ton.....
Hapustransmisi automatic apa manual...
Bang forklift hidup tpi tda bisa maju mndur,merk konecranes
Hapusforklift batrey apa model diesel....
Hapustype forklift batrey apa diesel..transmisi manual atau automatic..probelmnya sedikit berbeda antara batrey dan diesel
HapusBagas sekali kesimpulannya bozz
BalasHapussiap bos...semoga bermanfaat....
HapusForklif Toyota 3.5 ton saat panas tidak bisa maju mundur.kalau dingin mantap. Kampas bagus.sil bagus.konverter masih bagus.saringan oli baru.oli baru. Dimana lagi slipnya.???
Hapuskalau maju bagus mundur tidak mau...artinya kebocoran ada di ring seal piston mundur atau di valve control...
HapusMau tanya kalau forklif komatsu 5 ton yang pake selenoid kalau panas gak bisa maju atau mundur, tp setelah mesin dimatikan lalu di hidupin lagi mau jalan dia maju atau mundur kira2 apanya ya bang yang rusak
BalasHapusperiksa hal yang paling mudah dulu...yaitu oli transmisi pastikan cukup dan filter oli transmisi tidak tersumbat..kalau itu semua bagus artinya kompresi atau tekanan oli sudah menurun akibat kebocoran di dalam.jadi pada saat dingin oli masih kental kebocoran masih bisa di toleransi saat panas oli menjadi encer kebocoran jadi parah tidak bisa jalan sama sekali
HapusForklif TCM 7ton otomatis bisa maju cuma gigi 1saja.walaupun ksh msk gigi 2tetap posisi gigi 1.sdh pernah ganti solonoid tp tetap saja
BalasHapuskronologinya bagaimana...tindakan apa saja yang sudah di lakukan....
Hapushaulotte maju dan mundurnya lambat/ngeden??terimakasih
BalasHapuscoba kronologinya..dan tindakan apa saja yang sudah di lakukan
HapusBang sy mao minta masukan. Merek toyota. Metik bisa mundur. Maju kg bisa. Posisi netral tetep mundur. Kampas maju nya udah rengang. Td cuma mao serpis pompa hidrolik aja ada ke bocoran ke mesin. Memohon masukan nya
BalasHapuskalau oli hidraulik bocor ke radiator penyebabnya dari oli cooler di situ oli hidraulik dan air berdempetan
HapusBgmn cara masang bospom bekoloder merk jcb. Tdk ada tanda top dimana letak topnya dan pasangnya
BalasHapusjika tanda top sudah hilang atau tidak ada bikin tanda sendiri ...mesin di topkan satu..injection pump juga di topkan ke satu
HapusBang apa kira2 kalo bomag gak bisa maju mundur?
BalasHapusbomag unit apa ya forklift apa stedloader
HapusBang apa kira2 kalo bomag gak bisa maju mundur?
BalasHapusbomag forklift apa steedloader
HapusTes
BalasHapusoke
HapusTerima kasih artikelnya gan
BalasHapussama sama gan terima kasih juga sudah mampir
HapusForklift matic caterpillar 7 ton masuk gigi transmisi 1 terus gak bisa otimatis ke gifi 2 kenapa gan. Mundur lancar
BalasHapuskemungkinan cluth disk lengket rusak jadi nyambung terus ke speed dua...penyebab lain valve kontrol masalah juga bisa dari kelistrikan konslet nempel ke selenoid speed dua jika sudh pakai selenoid
HapusKalau foerkelip kek gini apanya y bg.
BalasHapusKalau mesinnya belum panas masih mau maju/mundur tapi tenaganya agak kurang tapi kalau mesin udah panas gak mau gerak ( gak bisa maju/mundur) itu kenapa y
itu hal yang sering terjadi pada transmisi automatic baik pada forklift mobil atau alat berat yang lain..lakukan hal paling mudah dulu periksa oli dan cek filter oli transmisi mungkin tersumbat jika semua bagus artinya transmisi bermasalah kompresi bocor dari ring seal,disk clut aus,pompa transmisi aus,valve control bocor...penyebab transmisi automatic lemah
HapusClark cmp 25 g maju mundur harus rpm tgi oli udah di ganti tapi masih berat.apanya ya bosh makasih sebelumnya
BalasHapuscoba untuk sementara ganti oli yang lebih kental dan bersihkan filter transmisi lalu ada perubahan apa tidak..nanti info kembali
HapusMaju bisa bang mundur ga bisa bang, sebelum nya berat mundur nya sekarang sudah ga bisa jlan lgi banv
BalasHapusunitnya apa ya..forklift wheelloader atau buldozer
HapusSy ada masalah dgn transmisi matic forklif mesin Isuzu c240 sudah ganti disc cluth tapi maju bisa tapi tersendat2 berat mundur tidak bisa kira2 permasalahannya dimana ya?
BalasHapusbocor reang seal di bagian piston dan servo...waktu di bawah di test dulu tidak pakai angin kompresor
HapusMau tanya bro unitnya forklif 3t transmisi metic sudah ganti disc cluth tapi klo mesin panas ga mau jalan terutama maju unit longking mesin Isuzu
BalasHapusMau tanya bro unit longking 3t mesin Isuzu metic sdh ganti disc cluth tapi klo mesin panas ga bisa jalan terutama maju apa yg perlu diganti lagi ya komponennya
jika transmisi automatic kondisi dingin bagus tapi kalau panas lemah...kompresi sudah bocor antara lain ring seal piston dan servo aus,cek juga filter oli transmisi kemungkinan tersumbat...faktor lain carging pump lemah
Hapuspada saat penggantian kanvas atau ring seal sebaiknya di test dulu di bawah sebelum di naikan ke unit untuk memastikan kondisi bagus dengan menggunakan angin kompresor
HapusKlw maju mundur dia mau klw gigi1.tapi klw pake gigi2. Mundur mau maju gk mau. Maslah di mna ya gan tolong info nya
BalasHapusunitnya apa forklift wheeloader atau apa..?
HapusMau tanya gan weel loder xigma tidak bsa mundur kndala dmn tu gan
BalasHapusmajunya bagus tidak..? kemungkinan tuas atau selenoid bagian mundur rusak
HapusWheel loader liugong 855H sebelumnya tidak ada masalah trus ganti oli tranmisi tetapi semenjak ganti oli transmisi gerakannya maju mundur pelan tarikannya berat padahal takaran oli sesuai buku pedoman penyebabnya apa om?
BalasHapusjika awalnya tidak ada masalah terus selesai ganti oli jadi trouble kemungkinan oli berkurang atau oli tidak sesuai.jika itu juga sudah sesuai kemungkinan lain ada di filter transmisi atau hose input longgar atau bocor
HapusBang knapa bekhoe louder jcb 3cx gigi 1 dan 3 ngk boleh masuk
BalasHapushandle transmisi sdh electric apa masih pakai tuas manual
HapusOm, mau tanya.. Transmisi side loader clark... Posisi mundur normal gigi 123 nya,, tapi kalau maju suka netral jika rpm sedang, indikator di layar posisi forward, sudah 2 kali naik turun transmisi,, seal piston sudah di ganti.. Oring diganti hanya discklat yg blm di ganti,,, mohon sarannya om... Mau turun lagi soalnya.. Terimakasih
BalasHapuswaktu perakitan di bawah di test menggunakan kompresor tidak..?kemungkinan kompresi bocor
HapusHalo pklak maaf mau tanya om untuk ukuran seal lift tcm 25 ton ukuran nya berapa ya? Terimakasih
BalasHapusforklift merk apa ya...tiap merk berbeda bisa di ukur as liftnya jika ukuranya 55mm berarti ukuran diameter seal dalam juga 55mm
Hapushttps://www.primateguhteknindo.com/
BalasHapusKami menyediakan CHISEL Breaker dan sparepart breaker berkualitas dengan harga murah, melayani pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia
Contact Person
Whatsapp : +6285362522220
Website : primateguhteknindo.com
https://www.primateguhteknindo.com/
Chisel
Breaker
Chisel Breaker Murah
Chisel Termurah
Breaker Berkualitas
Chisel Berkualitas
Chisel Bagus
Chisel Paku Breaker
Breaker Indonesia
Chisel Indonesia
Chisel Tangerang
Breaker Tangerang
Sparepart Breaker Tangerang
Chisel SB81
Breaker SB81
Mau tanyak gan pertama seal conveter bocor udah diganti tapi setelah diganti cuma bentar aja buat kerja sealnya jebol lagi apa yang salah gan tolong masukannya ini forklif Daewoo matix
BalasHapusjika seal converter sesuai ukuran aslinya tapi di ganti jebol terus ada dua kemungkinan..yang pertama kualitas seal kurang bagus kedua bearing penahan shaft longgar jadi pada saat berputar akan goyang menyebabkan seal terkoyak lagi
Hapus