Langsung ke konten utama

Penyebab Transmisi Automatic Tidak Bisa Jalan | Mobil Forklift Wheelloader

Cara Mengetahui Kerusakan Transmisi Automatic 

penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan baik pada mobil forklift maupun alat berat ada beberapa hal antara lain 
  • oli berkurang
  • saringan oli transmisi kotor atau rusak
  • pipa atau selang menuju carging pump bocor 
  • pedal kopling selalu menekan pedal macet tidak berbalik
  • carging pump aus atau rusak
  • ring shaft input aus 
  • kanvas kopling dan plat aus atau rusak
  • kelistrikan dan selenoid rusak khusus yang sudah menggunakan valve selenoid
  • spool,pegas dan piston pada valve control aus atau cacat
  • converter lemah atau rusak bagian ini agak jarang terjadi tapi bukan berarti tidak bisa rusak kami katakan jarang terjadi di bandingkan dengan item di atas yang umum dan lebih sering terjadi
Dari beberapa permasalahan di atas kerusakan yang sering terjadi yaitu pada kanvas kopling,ring piston,kelistrikan dan selenoid, saringan oli mampat  serta carging pump rusak.
mari kita bahas bersama penyebab dan akibatnya kawan.....

 

penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan
Kurang Oli
jika oli transmisi autumatic bekurang dalam arti tidak tersedot oleh pipa atau selang hisap sudah pasti tidak bisa maju ataupun mundur karena carging pump tidak mendapat cairan jadi tidak mengasilkan tekanan untuk mendorong kanvas kopling bahasa yang sering di pakai adalah ngempos cuma mengisap udara
Saringan Oli Tersumbat
sekalipun oli transmisi cukup tapi saringan rusak atau tersumbat juga mengakibatkan tidak bisa jalan karena suplay oli ke pompa juga terhambat
Selang Hisap Bocor
bila ada kebocoran di bagian ini pompa akan menghisap oli dan angin lama lama cuma angin yang tersedot apalagi kalau kebocorannya cukup besar tentu pompa tidak mendapat cairan dengan sempurna
Pedal Kopling Menekan Terus
hal ini juga jarang terjadi cuma bila pedal kopling selalu menekan terus padahal kaki sudah kita lepas kita mengira sudah kembali ternyata pedal macet tidak berbalik mengakibatkan spool selalu menekan terus yang menyebabkan tekanan oli tidak sampai di piston tapi akan ke tangki dan di hisap kembali oleh pompa
Carging Pump Rusak
carging pump bertugas menghisap oli transmisi dan memompa oli untuk di gunakan mendorong kanvas kopling jadi bila aus atau rusak tekanan yang di hasilkan juga kecil bahkan tidak ada sama sekali dan sudah tentu transmisi automatic tidak bisa jalan

                                                                                                                                 
penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan
Ring Seal Rusak
ini yang sering terjadi khusunya ring yang terdapat di piston dan ring yang terdapat di shaft input karena tugas ring ini menahan agar tekanan oli di piston tidak bocor supaya piston bisa mendorong kanvas kopling dengan maksimal.jika ada kebocoran di bagian ini mengakibatkan piston tidak mendorong dengan kuat yang tentu kanvas kopling menjadi renggang mengakibatkan kanvas akan bergesekan terus dengan plat dan sudah tentu kanvas ataupun plat akan terkikis dan rusak.
Kanvas Kopling Aus
kanvas kopling maupun plat bertugas menyambung putaran dari mesin untuk di teruskan menuju roda agar bisa berjalan jadi bila aus atau rusak sudah tentu putaran mesin tidak akan sampai ke roda
Selenoid dan Kelistrikan error
kelistrikan dan selenoid bertugas sebagai kran buka tutup pengaturan oli dari pompa menuju piston jadi bila bagian ini rusak sudah tentu pengiriman tekanan oli dari pompa akan terhambat
Valve Control rusak spool macet
bila valve kontrol sudah aus khusunya di bagian spool baret,per patah atau piston dan rumahnya aus ini juga menjadi penyebab tidak bisa maju mundur
Converter Lemah
seperti yang kami bahas di atas converter memang jarang rusak tetapi bukan berarti tidak pernah atau tidak bisa rusak cuma jarang terjadi kerusakan di bagian ini.tugas converter adalah mentransfer tenaga putaran dari mesin menuju transmisi automatic untuk lebih jelas baca CARA MUDAH MENGATASI KERUSAKAN TRANSMISI AUTOMATIC MOBIL FORKLIFT DAN ALAT BERAT
Itu beberapa permasalahan yang sering terjadi pada transmisi automatic mobil forklift maupun wheelloader.
Penyebabnya karena perawatan yang tidak teratur ataupun usia pemakaian sudah terlalu lama 
penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan

Gejala Kerusakan Transmisi Matic Forklift Mobil Wheelloader

Beberapa gejala kerusakan pada transmisi automatic bisa di lihat seperti
  • jalan maju dan mundur lemah
  • tidak kuat menanjak
  • kondisi panas tidak bisa jalan
  • bisa maju tapi tidak bisa mundur atau sebaliknya
  • waktu kondisi sudah panas tidak bisa maju atau sebaliknya
  • bahkan sama sekali tidak bisa jalan sekalipun kondisi mesin baru di hidupkan
Kesimpulan 
Perawatan pada transmisi automatic secara rutin yaitu penggantian oli transmisi berikut filter dan gunakan oli ATF.
cek oli transmisi dan periksa kebocoran sebelum di jalankan agar terhindar dari kerusakan dini.
Selamat mencoba semoga berhasil

Komentar

  1. Mau nanya penyebab forklift matik 7 ton merek TCM mundurnya bagus tapi unk maju berat tdk ada tenaga

    BalasHapus
    Balasan
    1. disc cluth / kanvas kopling bagian maju kompresi sudah bocor kemungkinan ring seal aus...gan

      Hapus
  2. Terima kasih atas infonya gan..

    BalasHapus
  3. Maju bisa mundur bisa,itu bisa berpengaruh tidak klo seal transmisi nya bocor

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya bisa maju tapi tidak bisa mundur/sebaliknya gan....

      Hapus
    2. jika oli transmisi berkurang sangat berpengaruh..tapi jika oli cukup tetap tidak bisa jalan ada penyebab lain

      Hapus
  4. Maju bisa mundur bisa,itu bisa berpengaruh tidak klo seal transmisi nya bocor

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnyabagaimana gan tidak bisa majutapi bisa mundur atau sebaliknya..

      Hapus
  5. Bang kalau masuk 1dan2 bisa jalan tapi 4dan5 tidak bisa jalan apa penyebabnya bang...JCB 3CX

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan besar kompresi di bagian speed 4 dan 5 bocor jadi tekanan....atau spool valve control 4 dan 5 aus..

      Hapus
  6. Assalamualaikum
    Klok forklif tidak mau maju. Cuman mau mundur aja itu apa kerusakan yq..oli tranmisi ya cukup.cuman koplingya tidak mau di tekan n di tatik

    BalasHapus
    Balasan
    1. forklift merk apa kapasitas berapa ton.....
      transmisi automatic apa manual...

      Hapus
    2. Bang forklift hidup tpi tda bisa maju mndur,merk konecranes

      Hapus
    3. type forklift batrey apa diesel..transmisi manual atau automatic..probelmnya sedikit berbeda antara batrey dan diesel

      Hapus
  7. Bagas sekali kesimpulannya bozz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Forklif Toyota 3.5 ton saat panas tidak bisa maju mundur.kalau dingin mantap. Kampas bagus.sil bagus.konverter masih bagus.saringan oli baru.oli baru. Dimana lagi slipnya.???

      Hapus
    2. kalau maju bagus mundur tidak mau...artinya kebocoran ada di ring seal piston mundur atau di valve control...

      Hapus
  8. Mau tanya kalau forklif komatsu 5 ton yang pake selenoid kalau panas gak bisa maju atau mundur, tp setelah mesin dimatikan lalu di hidupin lagi mau jalan dia maju atau mundur kira2 apanya ya bang yang rusak

    BalasHapus
    Balasan
    1. periksa hal yang paling mudah dulu...yaitu oli transmisi pastikan cukup dan filter oli transmisi tidak tersumbat..kalau itu semua bagus artinya kompresi atau tekanan oli sudah menurun akibat kebocoran di dalam.jadi pada saat dingin oli masih kental kebocoran masih bisa di toleransi saat panas oli menjadi encer kebocoran jadi parah tidak bisa jalan sama sekali

      Hapus
  9. Forklif TCM 7ton otomatis bisa maju cuma gigi 1saja.walaupun ksh msk gigi 2tetap posisi gigi 1.sdh pernah ganti solonoid tp tetap saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. kronologinya bagaimana...tindakan apa saja yang sudah di lakukan....

      Hapus
  10. haulotte maju dan mundurnya lambat/ngeden??terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba kronologinya..dan tindakan apa saja yang sudah di lakukan

      Hapus
  11. Bang sy mao minta masukan. Merek toyota. Metik bisa mundur. Maju kg bisa. Posisi netral tetep mundur. Kampas maju nya udah rengang. Td cuma mao serpis pompa hidrolik aja ada ke bocoran ke mesin. Memohon masukan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau oli hidraulik bocor ke radiator penyebabnya dari oli cooler di situ oli hidraulik dan air berdempetan

      Hapus
  12. Bgmn cara masang bospom bekoloder merk jcb. Tdk ada tanda top dimana letak topnya dan pasangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika tanda top sudah hilang atau tidak ada bikin tanda sendiri ...mesin di topkan satu..injection pump juga di topkan ke satu

      Hapus
  13. Bang apa kira2 kalo bomag gak bisa maju mundur?

    BalasHapus
  14. Bang apa kira2 kalo bomag gak bisa maju mundur?

    BalasHapus
  15. Forklift matic caterpillar 7 ton masuk gigi transmisi 1 terus gak bisa otimatis ke gifi 2 kenapa gan. Mundur lancar

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan cluth disk lengket rusak jadi nyambung terus ke speed dua...penyebab lain valve kontrol masalah juga bisa dari kelistrikan konslet nempel ke selenoid speed dua jika sudh pakai selenoid

      Hapus
  16. Kalau foerkelip kek gini apanya y bg.
    Kalau mesinnya belum panas masih mau maju/mundur tapi tenaganya agak kurang tapi kalau mesin udah panas gak mau gerak ( gak bisa maju/mundur) itu kenapa y

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu hal yang sering terjadi pada transmisi automatic baik pada forklift mobil atau alat berat yang lain..lakukan hal paling mudah dulu periksa oli dan cek filter oli transmisi mungkin tersumbat jika semua bagus artinya transmisi bermasalah kompresi bocor dari ring seal,disk clut aus,pompa transmisi aus,valve control bocor...penyebab transmisi automatic lemah

      Hapus
  17. Clark cmp 25 g maju mundur harus rpm tgi oli udah di ganti tapi masih berat.apanya ya bosh makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba untuk sementara ganti oli yang lebih kental dan bersihkan filter transmisi lalu ada perubahan apa tidak..nanti info kembali

      Hapus
  18. Maju bisa bang mundur ga bisa bang, sebelum nya berat mundur nya sekarang sudah ga bisa jlan lgi banv

    BalasHapus
  19. Sy ada masalah dgn transmisi matic forklif mesin Isuzu c240 sudah ganti disc cluth tapi maju bisa tapi tersendat2 berat mundur tidak bisa kira2 permasalahannya dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bocor reang seal di bagian piston dan servo...waktu di bawah di test dulu tidak pakai angin kompresor

      Hapus
  20. Mau tanya bro unitnya forklif 3t transmisi metic sudah ganti disc cluth tapi klo mesin panas ga mau jalan terutama maju unit longking mesin Isuzu






    Mau tanya bro unit longking 3t mesin Isuzu metic sdh ganti disc cluth tapi klo mesin panas ga bisa jalan terutama maju apa yg perlu diganti lagi ya komponennya

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika transmisi automatic kondisi dingin bagus tapi kalau panas lemah...kompresi sudah bocor antara lain ring seal piston dan servo aus,cek juga filter oli transmisi kemungkinan tersumbat...faktor lain carging pump lemah

      Hapus
    2. pada saat penggantian kanvas atau ring seal sebaiknya di test dulu di bawah sebelum di naikan ke unit untuk memastikan kondisi bagus dengan menggunakan angin kompresor

      Hapus
  21. Klw maju mundur dia mau klw gigi1.tapi klw pake gigi2. Mundur mau maju gk mau. Maslah di mna ya gan tolong info nya

    BalasHapus
  22. Mau tanya gan weel loder xigma tidak bsa mundur kndala dmn tu gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. majunya bagus tidak..? kemungkinan tuas atau selenoid bagian mundur rusak

      Hapus
  23. Wheel loader liugong 855H sebelumnya tidak ada masalah trus ganti oli tranmisi tetapi semenjak ganti oli transmisi gerakannya maju mundur pelan tarikannya berat padahal takaran oli sesuai buku pedoman penyebabnya apa om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika awalnya tidak ada masalah terus selesai ganti oli jadi trouble kemungkinan oli berkurang atau oli tidak sesuai.jika itu juga sudah sesuai kemungkinan lain ada di filter transmisi atau hose input longgar atau bocor

      Hapus
  24. Bang knapa bekhoe louder jcb 3cx gigi 1 dan 3 ngk boleh masuk

    BalasHapus
  25. Om, mau tanya.. Transmisi side loader clark... Posisi mundur normal gigi 123 nya,, tapi kalau maju suka netral jika rpm sedang, indikator di layar posisi forward, sudah 2 kali naik turun transmisi,, seal piston sudah di ganti.. Oring diganti hanya discklat yg blm di ganti,,, mohon sarannya om... Mau turun lagi soalnya.. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu perakitan di bawah di test menggunakan kompresor tidak..?kemungkinan kompresi bocor

      Hapus
  26. Halo pklak maaf mau tanya om untuk ukuran seal lift tcm 25 ton ukuran nya berapa ya? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. forklift merk apa ya...tiap merk berbeda bisa di ukur as liftnya jika ukuranya 55mm berarti ukuran diameter seal dalam juga 55mm

      Hapus
  27. https://www.primateguhteknindo.com/

    Kami menyediakan CHISEL Breaker dan sparepart breaker berkualitas dengan harga murah, melayani pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia

    Contact Person
    Whatsapp : +6285362522220
    Website : primateguhteknindo.com

    https://www.primateguhteknindo.com/
    Chisel
    Breaker
    Chisel Breaker Murah
    Chisel Termurah
    Breaker Berkualitas
    Chisel Berkualitas
    Chisel Bagus
    Chisel Paku Breaker
    Breaker Indonesia
    Chisel Indonesia
    Chisel Tangerang
    Breaker Tangerang
    Sparepart Breaker Tangerang
    Chisel SB81
    Breaker SB81

    BalasHapus
  28. Mau tanyak gan pertama seal conveter bocor udah diganti tapi setelah diganti cuma bentar aja buat kerja sealnya jebol lagi apa yang salah gan tolong masukannya ini forklif Daewoo matix

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika seal converter sesuai ukuran aslinya tapi di ganti jebol terus ada dua kemungkinan..yang pertama kualitas seal kurang bagus kedua bearing penahan shaft longgar jadi pada saat berputar akan goyang menyebabkan seal terkoyak lagi

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MESIN DIESEL PADA MOBIL FORKLIFT MAUPUN ALAT BERAT SUSAH HIDUP.....? COBA CEK YANG BERIKUT INI

mesin diesel baik pada forklift truck maupun alat berat susah di hidupkan pada saat pagi hari maupun setelah sehabis mesin di matikan memang terasa menjengkelkan..... terkadang ada hal kecil terlihat sepele namun sering luput dari pemeriksaan kita,kalau hal itu terjadi coba periksa hal berikut ini yang terkadang kita lupakan anatara lain kebocoran pada pipa atau selang solar dari tangki menuju filter solar bila terjadi retak atau clamp pengikat kendor,selang sudah rapuh mengakibatkan mesin sangat susah di hidupkan terdapat kotoran di tangki solar yang menyumbat sehingga solar mampat terkadang ada juga pipa solar di tangki yang di lengkapi dengan strainer atau saringan yang sangat lembut tersumbat kotoran ring solar baik yang dari tembaga maupun dari ring seal yang terpasang di neple filter solar sudah ausmtidak rata ataupun sobek itu juga menyebabkan mesin susah sekali di hidupkan neple solar yang terdapat di injektion pump terkadang ada yang di lengkapi dengan saringan kalau

Penyebab Hidraulik Forklift Excavator Buldozer Whelloader Tidak Mau Naik

Penyebab Hidraulik Forklift dan Alat Berat Tidak Mau Naik      Sering kita mendengar forklift  tidak kuat naik atau tidak kuat mengangkat beban padahal beban yang di angkat di bawah kekuatan dari tonase itu sendiri.tentu hal itu sangat menggangu aktifitas pada pemakainya.sebagian besar bila tidak mau naik mengatakan pompa hidrauli rusak itu wajar karena pompa adalah sumber dari tenaga hidraulik. dalam artikel   kali ini saya mencoba membahas beberapa penyebabnya anatara lain 1. OLI jika oli berkurang menyebabkan sistim hidraulik tidak mau atau tidak kuat untuk mengangkat beban bahkan mengangkat garpu sendiri tanpa bebanpun akan sangat susah karena fungsi dari oli adalah sebagai cairan yang di gunakan untuk mendorong tekanan pada piston di setiap tabung.di samping itu juga oli berfungsi sebagai pelumas dari gesekan material agar tidak cepat terjadi kerusakan 2.SARINGAN OLI saringan oli atau filter oli kotor dan rusak menyebabkan hidraulik tidak kuat naik karena sebelum masuk