mesin diesel baik pada forklift truck maupun alat berat susah di hidupkan pada saat pagi hari maupun setelah sehabis mesin di matikan memang terasa menjengkelkan.....
terkadang ada hal kecil terlihat sepele namun sering luput dari pemeriksaan kita,kalau hal itu terjadi coba periksa hal berikut ini yang terkadang kita lupakan anatara lain
terkadang ada hal kecil terlihat sepele namun sering luput dari pemeriksaan kita,kalau hal itu terjadi coba periksa hal berikut ini yang terkadang kita lupakan anatara lain
- kebocoran pada pipa atau selang solar dari tangki menuju filter solar bila terjadi retak atau clamp pengikat kendor,selang sudah rapuh mengakibatkan mesin sangat susah di hidupkan
- terdapat kotoran di tangki solar yang menyumbat sehingga solar mampat terkadang ada juga pipa solar di tangki yang di lengkapi dengan strainer atau saringan yang sangat lembut tersumbat kotoran
- ring solar baik yang dari tembaga maupun dari ring seal yang terpasang di neple filter solar sudah ausmtidak rata ataupun sobek itu juga menyebabkan mesin susah sekali di hidupkan
- neple solar yang terdapat di injektion pump terkadang ada yang di lengkapi dengan saringan kalau mampat mesin susah di hidupkan
- ring pada pipa return yaitu ring yang ada di ujung atas nozle atau ada yang menyebutnya dengan istilah pipa cacing baik yang terbuat dari tembaga ataupun alumunium bocor mesin juga susah hidup dan harus selalu di bantu pompa terus
itu beberapa hal yang bisa menyebabkan mesin susah hidup terkadang harus selalu di pompa sambil di starter untuk menghidupkan mesin dan bisa berulang ulang,tentu sangat menjengkelkan bukan ...???
pernah kami mengalami pada saat selesai over houl mesin mitsubisihi S6E service forklift di daerah tangerang pada saat running test mesin setiap 15 menit mati trus di hidupkan kembali susah dan harus selalu di bantu dengan memompa solar.padahal filter solar baru di ganti,tangki bersih habis di kuras,selang dan pipa juga bagusm,injektion pump dan nozle selesai kalibrasi tapi tetap mesin mati hidup mati hidup saja.
pusing dengan hal yang denikian kami komplain ke tempat kalibrasi trus di gantilah feed pump tapi tetap saja trouble belum bisa di atasi padahal kami yakin perakitan engine sudah tidak ada masalah.
sampai langkah terakhir kami infus menggunakan derigen jadi solar di taruh di derigen posisi lebih tinggi dari mesin dan di dekatkan tetap saja ngadat.
usut punya usut ternyata mesin mitsubishu S6E pipa return yang dari nozle tempat pembuangan solar lebih langsung di by pas atau di salurkan kembali ke injektion pump lagi lewat pompa solar jadi tidak di buang ke tangki di mana di pipa return tersebut terdapat ring alumunium yang sangat kecil bocor halus sekali itu penyebab mesin ngadat
selain dari gangguan sistiim solar juga pada kelistrikan yaitu
- pada mesin diesel yang di lengkapi dengan valve selenoid untuk engine stopnya bila pada arus listriknya bermasalah menimbulkan mesin tidak mau hidup
- kasusnya ada dua macam terkadang arus listrik putus yang menuju ke selenoid pada saat kontak di posisi ONN
- yang kedua pada saat posisi kontak ONN arus listrik ada tapi begitu begitu posisi kontak di putar ke posisi start arus malah hilang mesin juga tidak bisa hidup hal demikian terkadang kita terkecoh kita hanya memeriksa arus listrik pada saat posisi kontak hanya di putar ke ONN saja tidak di cek pada saat posisi start,biasanya hal ini terjadi kerusakan pada terminal kunci kontak
- kabel aki yang kendor,putus ataupun kotor juga penyebab mesin susah hidup baik pada kabel paralel aki maupun kabel ground ke bodi ataupun kabel ke dinamo starter
itulah beberapa penyebab mesin diesel susah di hidupkan baik kondisi pagi hari ataupun setelah di hidupkan dan akan di start kembali.jadi sebelum memutuskan untuk melakukan overhoul engine cobalah periksa hal hal tersebut diatas yang terkadang kita menyepelekanya .semoga pengalaman dari kami team service forklift bisa menambah wawasan dan bermanfaat sampai jumpa di artikel berikutnya ..terima kasih kawan sudah mampir di artikel ini
Komentar
Posting Komentar