Langsung ke konten utama

Rumus Setel Klep Mesin Diesel dan Bensin

     Cara Stel Klep Mesin Forklift Mobil Excavator Wheelloader

     Cara menyetel klep mesin pada forklift mobil excavator wheelloader maupun ganzat yang benar bagaimana sih......?

Sebetulnya rumusnya sama saja hal terpenting adalah melihat firing oreder atau urutan pembakaran dari mesin yang akan kita Stel kelepnya sesuai bawaan dari pabriknya (adjust Valve clearance)

     Langkah yang pertama kita lihat dulu mesinnya seperti gambar di bawah ini 

Cara Stel klep mesin forklift mobil excavator wheelloader ganzat

Perhatikan gambar mesin di atas jika ada tulisan  1 3 4 2  seperti gambar di bawah ini

Cara Stel klep mesin mobil forklift yang benar

Itu artinya mesin empat cilinder urutan pembakaran 1 3 4 2.

Maksudnya bagaimana sih...? 

Maksudnya mesin empat piston yang meledak pembakaran piston nomer satu dahulu lalu di ikuti piston nomer tiga nomer empat dan terakhir nomer dua.

Begitu seterusnya berulang kali baik pada mesin bensin maupun pada mesin diesel 

     Cara penyetelan klep mesin forklift dan mobil

Jika sudah tau langkah berikutnya adalah melakukan penyetelan pada klep nomer satu di sini hal yang terpenting karena top satu atau piston nomer satu naik berbarengan juga dengan piston nomer empat padahal yang mau di setel nomer satu dulu.

Caranya bagaimana.....?

Yaitu lihat tanda top biasanya ada di flywheel atau roda gila terkadang ada juga yang di puley luruskan tanda garis jika sudah lurus dan piston nomer satu sama nomer empat sudah posisi naik semua garis sudah lurus lalu setel kelep nomer satu dan nomer empat.

     Jika sudah di Stel keduanya kemudian putar mesin atau flywheell satu putaran penuh atau 360 derajat searah jarum jam seperti gambar di bawah ini

Begini cara menyetel klep mobil dan forklift

Catatan; 

Perlu di ketahui putaran ke kanan searah jarum jam artinya jika kita menghadap mesin dari depan kipas bukan dari depan roda gila ya....

Langkah selanjutnya lalu periksa kelep yang baru di Stel pasti akan berubah antara klep nomer empat dan klep nomer satu 

Lalu bagaimana selanjutnya ....?

Jika yang longgar sekali nomer empat artinya itu yang sudah di Stel nomer satu tinggal menerusin langkah berikutnya sesuai urutan yaitu Stel nomer tiga lanjut nomer empat terakhir nomer dua.

     Tapi jika yang longgar sekali nomer satu artinya yang pertama di Stel adalah nomer empat selanjutnya tinggal ikutin Stel nomer dua satu dan tiga.

Itu rumus untuk penyetelan klep mesin diesel dan bensin empat cilinder baik pada forklift mobil maupun excavator.    

     Kalau ada yang kurang jelas silahkan komentar di kolom bawah ini.

Salam mekanik service forklift excavator wheelloader dan ganzat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MESIN DIESEL PADA MOBIL FORKLIFT MAUPUN ALAT BERAT SUSAH HIDUP.....? COBA CEK YANG BERIKUT INI

mesin diesel baik pada forklift truck maupun alat berat susah di hidupkan pada saat pagi hari maupun setelah sehabis mesin di matikan memang terasa menjengkelkan..... terkadang ada hal kecil terlihat sepele namun sering luput dari pemeriksaan kita,kalau hal itu terjadi coba periksa hal berikut ini yang terkadang kita lupakan anatara lain kebocoran pada pipa atau selang solar dari tangki menuju filter solar bila terjadi retak atau clamp pengikat kendor,selang sudah rapuh mengakibatkan mesin sangat susah di hidupkan terdapat kotoran di tangki solar yang menyumbat sehingga solar mampat terkadang ada juga pipa solar di tangki yang di lengkapi dengan strainer atau saringan yang sangat lembut tersumbat kotoran ring solar baik yang dari tembaga maupun dari ring seal yang terpasang di neple filter solar sudah ausmtidak rata ataupun sobek itu juga menyebabkan mesin susah sekali di hidupkan neple solar yang terdapat di injektion pump terkadang ada yang di lengkapi dengan saringan kalau

Penyebab Hidraulik Forklift Excavator Buldozer Whelloader Tidak Mau Naik

Penyebab Hidraulik Forklift dan Alat Berat Tidak Mau Naik      Sering kita mendengar forklift  tidak kuat naik atau tidak kuat mengangkat beban padahal beban yang di angkat di bawah kekuatan dari tonase itu sendiri.tentu hal itu sangat menggangu aktifitas pada pemakainya.sebagian besar bila tidak mau naik mengatakan pompa hidrauli rusak itu wajar karena pompa adalah sumber dari tenaga hidraulik. dalam artikel   kali ini saya mencoba membahas beberapa penyebabnya anatara lain 1. OLI jika oli berkurang menyebabkan sistim hidraulik tidak mau atau tidak kuat untuk mengangkat beban bahkan mengangkat garpu sendiri tanpa bebanpun akan sangat susah karena fungsi dari oli adalah sebagai cairan yang di gunakan untuk mendorong tekanan pada piston di setiap tabung.di samping itu juga oli berfungsi sebagai pelumas dari gesekan material agar tidak cepat terjadi kerusakan 2.SARINGAN OLI saringan oli atau filter oli kotor dan rusak menyebabkan hidraulik tidak kuat naik karena sebelum masuk

Penyebab Transmisi Automatic Tidak Bisa Jalan | Mobil Forklift Wheelloader

Cara Mengetahui Kerusakan Transmisi Automatic  penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan baik pada mobil forklift maupun alat berat ada beberapa hal antara lain  oli berkurang saringan oli transmisi kotor atau rusak pipa atau selang menuju carging pump bocor  pedal kopling selalu menekan pedal macet tidak berbalik carging pump aus atau rusak ring shaft input aus  kanvas kopling dan plat aus atau rusak kelistrikan dan selenoid rusak khusus yang sudah menggunakan valve selenoid spool,pegas dan piston pada valve control aus atau cacat converter lemah atau rusak bagian ini agak jarang terjadi tapi bukan berarti tidak bisa rusak kami katakan jarang terjadi di bandingkan dengan item di atas yang umum dan lebih sering terjadi Dari beberapa permasalahan di atas kerusakan yang sering terjadi yaitu pada kanvas kopling,ring piston,kelistrikan dan selenoid, saringan oli mampat  serta carging pump rusak. mari kita bahas bersama penyebab dan akibatnya kawan.....   Kur