Langsung ke konten utama

Cara Kerja Mesin Diesel Common Rail | Service Forklift Mobil dan Alat Berat

Mengetahui Mesin Diesel Common Rail Pada Forklift Mobil Alat Berat dan Penyebab Kerusakannya

     Mesin diesel baik pada forklift mobil truck maupun alat berat pada umumnya menggunakan sistem injeksi konvensional,tetapi dengan berkembangnya tekhnologi di dunia automotif saat ini sudah tercipta mesin diesel common rail dan sudah di pakai pada mobil forklift maupun alat berat.kelebihan mesin diesel common rail dengan mesin diesel yang masih menggunakan injeksi konvensional adalah :

  • menghasilkan out put atau tenaga yang lebih besar
  • menghasilkan emisi lebih rendah jadi tingkat polusi udara berkurang
  • pembakaran lebih sempurna
  • getaran mesin lebih halus
  • bahan bakar lebih irit
Jadi untuk kendaraan niaga seperti pada forklift truck alat berat maupun mobil mesin diesel common rail lebih efesien dan ekonomis karena hemat bahan bakar tetapi mampu menghasilkan power yang sangat besar juga mampu mengurangi tingkat polusi udara.

Cara kerja Mesin Diesel Common Rail  adalah:


  • cara menyalurkan bahan bakar dengan menggunakan pipa rel
  • pengaturan timing injeksi bahan bakar yang tepat  dangan cara volume jumlah bahan bakar yang di injeksikan menggunakan sistim elektrik terpadu  atau common rail injection control system (CRICS)
Artinya sistim penginjeksian atau penyaluran bahan bakar secara langsung kedalam mesin,jadi di dalam satu rel bahan bakar semua injektor bertugas mengirim langsung ke dalam ruang bakar mesin yang sumbernya sama yaitu dari pompa injektor dan semua proses yang terjadi dalam sistim pembakaran di atur dan di kendalikan dengan alat yang di sebut ECU ( engine control unit ).
     Saat ini sudah banyak mobil ataupun alat berat yang menggunakan mesin diesel common rail seperti

  • kobelco SK200
  • komatsu PC200
  • pajero spot 
  • fortuner dan masih banyak yang lainnya.
Komponen mesin diesel common rail antara lain terdiri dari :

  • high pressure pump atau pompa bahan bakar bertekanan tinggi bahkan mampu menghasilkan presure lebih dari 2000 bar pada saat mesin hidup
  • electric feed pump yaitu sebagai pompa pemasok bahan bakar ke ke pompa utama yang mampu dan menghasilkan tekanan sangat tinggi ke rel tetapi ada juga mesin diesel yang tidak di lengkapi dengan elelectric feed pump
  • rail pressure sensor yang berfungsi sebagai kontrol untuk mengetahui tekanan yang ada di sistem rail dan bahan bakar yang dari pompa di tahan menunggu saat perintah injektor membuka dari ECU untuk di salurkan ke ruang pembakaran
  • filter bahan bakar yang berfungsi menyaring kotoran dari tanki untuk selanjutnya di kirim ke pompa bertekanan tinggi dan selanjutnya di kirim ke injektor untuk di teruskan ke ruang bakar karena injektor mempunyai lubang yang sangat halus jadi bahan bakar harus benar benar bersih dari kotoran untuk menghindari injektor tersumbat.semua injektor pada sistim common rail di atur dan di kendalikan oleh ECU seperti pada excavator kobelco SK200 dan komatsu PC200
  • valve over flow fungsinya adalah untuk mengatur jika dalam bahan bakar bertekanan tinggi berlebihan untuk mengembalikan ke tangki bahan bakar.
  • return manifuld berfungsi sebagai jalur atau tempat lewatnya bahan bakar yang kelebihan untuk di kembalikan ke tangki bahan bakar
Untuk bahan bakar mesin diesel common rail mobil forklift maupun alat berat lainnya membutuhkan bahan bakar yang performanya tinggi seperti pertamina dex sedangkan cara perawatan pada common rail diesel harus selalu di cek bagian injektor dari kemungkinan tersumbat dan selalu mengganti filter bahan bakar sesuai prosedur preventive maentenance sesuai petunjuk buku pedoman dari produsennya.
     Jika menggunakan bahan bakar kualitas rendah atau bahan bakar yang tidak memenuhi standar common rail diesel dapat mengakibatkan mudah tersumbat di bagian injektor berujung mesin rusak seperti yang pernah terjadi pada saat kami melakukan service mesin diesel di tangerang banten dan cikarang pada unit excavator kobelko SK 200
demikian cara

mengetahui dan merawat mesin diesel common rail pada forklift mobil dan alat berat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MESIN DIESEL PADA MOBIL FORKLIFT MAUPUN ALAT BERAT SUSAH HIDUP.....? COBA CEK YANG BERIKUT INI

mesin diesel baik pada forklift truck maupun alat berat susah di hidupkan pada saat pagi hari maupun setelah sehabis mesin di matikan memang terasa menjengkelkan..... terkadang ada hal kecil terlihat sepele namun sering luput dari pemeriksaan kita,kalau hal itu terjadi coba periksa hal berikut ini yang terkadang kita lupakan anatara lain kebocoran pada pipa atau selang solar dari tangki menuju filter solar bila terjadi retak atau clamp pengikat kendor,selang sudah rapuh mengakibatkan mesin sangat susah di hidupkan terdapat kotoran di tangki solar yang menyumbat sehingga solar mampat terkadang ada juga pipa solar di tangki yang di lengkapi dengan strainer atau saringan yang sangat lembut tersumbat kotoran ring solar baik yang dari tembaga maupun dari ring seal yang terpasang di neple filter solar sudah ausmtidak rata ataupun sobek itu juga menyebabkan mesin susah sekali di hidupkan neple solar yang terdapat di injektion pump terkadang ada yang di lengkapi dengan saringan kalau

Penyebab Hidraulik Forklift Excavator Buldozer Whelloader Tidak Mau Naik

Penyebab Hidraulik Forklift dan Alat Berat Tidak Mau Naik      Sering kita mendengar forklift  tidak kuat naik atau tidak kuat mengangkat beban padahal beban yang di angkat di bawah kekuatan dari tonase itu sendiri.tentu hal itu sangat menggangu aktifitas pada pemakainya.sebagian besar bila tidak mau naik mengatakan pompa hidrauli rusak itu wajar karena pompa adalah sumber dari tenaga hidraulik. dalam artikel   kali ini saya mencoba membahas beberapa penyebabnya anatara lain 1. OLI jika oli berkurang menyebabkan sistim hidraulik tidak mau atau tidak kuat untuk mengangkat beban bahkan mengangkat garpu sendiri tanpa bebanpun akan sangat susah karena fungsi dari oli adalah sebagai cairan yang di gunakan untuk mendorong tekanan pada piston di setiap tabung.di samping itu juga oli berfungsi sebagai pelumas dari gesekan material agar tidak cepat terjadi kerusakan 2.SARINGAN OLI saringan oli atau filter oli kotor dan rusak menyebabkan hidraulik tidak kuat naik karena sebelum masuk

Penyebab Transmisi Automatic Tidak Bisa Jalan | Mobil Forklift Wheelloader

Cara Mengetahui Kerusakan Transmisi Automatic  penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan baik pada mobil forklift maupun alat berat ada beberapa hal antara lain  oli berkurang saringan oli transmisi kotor atau rusak pipa atau selang menuju carging pump bocor  pedal kopling selalu menekan pedal macet tidak berbalik carging pump aus atau rusak ring shaft input aus  kanvas kopling dan plat aus atau rusak kelistrikan dan selenoid rusak khusus yang sudah menggunakan valve selenoid spool,pegas dan piston pada valve control aus atau cacat converter lemah atau rusak bagian ini agak jarang terjadi tapi bukan berarti tidak bisa rusak kami katakan jarang terjadi di bandingkan dengan item di atas yang umum dan lebih sering terjadi Dari beberapa permasalahan di atas kerusakan yang sering terjadi yaitu pada kanvas kopling,ring piston,kelistrikan dan selenoid, saringan oli mampat  serta carging pump rusak. mari kita bahas bersama penyebab dan akibatnya kawan.....   Kur