Mengetahui Mesin Diesel Common Rail Pada Forklift Mobil Alat Berat dan Penyebab Kerusakannya
Mesin diesel baik pada forklift mobil truck maupun alat berat pada umumnya menggunakan sistem injeksi konvensional,tetapi dengan berkembangnya tekhnologi di dunia automotif saat ini sudah tercipta mesin diesel common rail dan sudah di pakai pada mobil forklift maupun alat berat.kelebihan mesin diesel common rail dengan mesin diesel yang masih menggunakan injeksi konvensional adalah :- menghasilkan out put atau tenaga yang lebih besar
- menghasilkan emisi lebih rendah jadi tingkat polusi udara berkurang
- pembakaran lebih sempurna
- getaran mesin lebih halus
- bahan bakar lebih irit
Jadi untuk kendaraan niaga seperti pada forklift truck alat berat maupun mobil mesin diesel common rail lebih efesien dan ekonomis karena hemat bahan bakar tetapi mampu menghasilkan power yang sangat besar juga mampu mengurangi tingkat polusi udara.
Cara kerja Mesin Diesel Common Rail adalah:
- cara menyalurkan bahan bakar dengan menggunakan pipa rel
- pengaturan timing injeksi bahan bakar yang tepat dangan cara volume jumlah bahan bakar yang di injeksikan menggunakan sistim elektrik terpadu atau common rail injection control system (CRICS)
Saat ini sudah banyak mobil ataupun alat berat yang menggunakan mesin diesel common rail seperti
- kobelco SK200
- komatsu PC200
- pajero spot
- fortuner dan masih banyak yang lainnya.
Komponen mesin diesel common rail antara lain terdiri dari :
- high pressure pump atau pompa bahan bakar bertekanan tinggi bahkan mampu menghasilkan presure lebih dari 2000 bar pada saat mesin hidup
- electric feed pump yaitu sebagai pompa pemasok bahan bakar ke ke pompa utama yang mampu dan menghasilkan tekanan sangat tinggi ke rel tetapi ada juga mesin diesel yang tidak di lengkapi dengan elelectric feed pump
- rail pressure sensor yang berfungsi sebagai kontrol untuk mengetahui tekanan yang ada di sistem rail dan bahan bakar yang dari pompa di tahan menunggu saat perintah injektor membuka dari ECU untuk di salurkan ke ruang pembakaran
- filter bahan bakar yang berfungsi menyaring kotoran dari tanki untuk selanjutnya di kirim ke pompa bertekanan tinggi dan selanjutnya di kirim ke injektor untuk di teruskan ke ruang bakar karena injektor mempunyai lubang yang sangat halus jadi bahan bakar harus benar benar bersih dari kotoran untuk menghindari injektor tersumbat.semua injektor pada sistim common rail di atur dan di kendalikan oleh ECU seperti pada excavator kobelco SK200 dan komatsu PC200
- valve over flow fungsinya adalah untuk mengatur jika dalam bahan bakar bertekanan tinggi berlebihan untuk mengembalikan ke tangki bahan bakar.
- return manifuld berfungsi sebagai jalur atau tempat lewatnya bahan bakar yang kelebihan untuk di kembalikan ke tangki bahan bakar
Untuk bahan bakar mesin diesel common rail mobil forklift maupun alat berat lainnya membutuhkan bahan bakar yang performanya tinggi seperti pertamina dex sedangkan cara perawatan pada common rail diesel harus selalu di cek bagian injektor dari kemungkinan tersumbat dan selalu mengganti filter bahan bakar sesuai prosedur preventive maentenance sesuai petunjuk buku pedoman dari produsennya.
Jika menggunakan bahan bakar kualitas rendah atau bahan bakar yang tidak memenuhi standar common rail diesel dapat mengakibatkan mudah tersumbat di bagian injektor berujung mesin rusak seperti yang pernah terjadi pada saat kami melakukan service mesin diesel di tangerang banten dan cikarang pada unit excavator kobelko SK 200
Jika menggunakan bahan bakar kualitas rendah atau bahan bakar yang tidak memenuhi standar common rail diesel dapat mengakibatkan mudah tersumbat di bagian injektor berujung mesin rusak seperti yang pernah terjadi pada saat kami melakukan service mesin diesel di tangerang banten dan cikarang pada unit excavator kobelko SK 200
demikian cara
Komentar
Posting Komentar