Langsung ke konten utama

KERUSAKAN PADA MOBIL,FORKLIFT, ALAT BERAT DAN SOLUSI MENGATASINNYA

    permasalahan yang sering terjadi pada mobil,forklift dan alat berat adalah hal yang selalu terjadi pada setiap unit kendaraan maupun unit alat berat.lalu solusi untuk mengetahui dan memperbaikinya adalah dengan cara pengecekan dan pemeriksaan secara teliti,berikut adalah hal hal yang perlu kita ketahui antara lain;


1.blow-by presure terlalu tinggi pada FORKLIFT.MOBIL dan ALAT BERAT Terjadi keausan pada Ring Piston & Liner Sebabnya : - Interval Penggantian oil terlalu lambatIncomplet Combustion   -  Pori-pori Air Cleaner membesar, karena jarang diganti atau penyemprotan dengan tidak tinggi Engine Breather buntuTurbo charger, sisi turbin bocor. - Valve, valve seat valve stem, keausan berlebihan.

2.Exhaust Temperature pada FORKLIFT TRUCK Terlalu tinggi- Pada dasarnya : Air excess ratio menjadi rendah, disebabkan oleh :  -  Air cleaner buntu- Valve clearance membesar-Turbocharger tidak berfungsi.  - Timing tidak tepat- Quantity fuel membesar (jumlah fuel yangdiinjeksikan).

3.exaust temperature terlalu rendah pada FORKLIFT di sebabkan oleh ; -Valve clearance terlalu kecil -Timing tidak tepat - Quantity fuel kecil  Engine Low Power, karena Fuel filter / strainer buntu.

4.boost pressure terlalu rendah   - Catatan : Air Cleaner Good Condition -  Penyebabnya turbo tidak berfungsi - Terjadi kebocoran / udara dari sisi exhaust / intake manifold 

5.stall speed terlalu rendah ,penyebabnya : -Scavenging pump tidak berfungsi.  - Strainer T/C buntu-Engine low Power 

6.Stall speed Telalu Tinggi Pada dasarnya Oli didalam T/C kurang, disebabkan :  - Oli kurang   - Setting Relief valve terlalu rendah  -Setting Regulator system terlalu rendah -Transmission Pump tidak berfungsi. -Strainer buntu.

7.Pump Flow - rate rendh ( FORKLIFT.TRUCK.GENZET.EXCAVATOR )-Internal Leakage telah membesar -Strainer buntu 

8.Stearing wheel play terlalu besar Adjustment pada gear box tidak benar.Terjadi ke ausan pada worm gear -Terjadi keausan pada rod-end nya.

9.Braking efeect distance terlalu besar,di sebabkan : -Air pressure rendah untuk WA 350 - U -Setting Relief pada brake rendah. -Terjadi keausan pada Disc brake / pad.-Master brake tidak berfungsi. -Brake pedal play terlalu besar.

10.Modulating time terlalu besar,disebabkan :   - Disc-plate mengalami keausan sehingga (strokenya besar)  Flow pump kurang  -Oli kotor  - Transmssion Strainer buntu.

11.Transmisiion cut-of tidak berfungsi   -Electrical switch tidak berfungsi. -Solenoid valve tidak bekerja 

12.Gerakan work equipment lambat  - Terjadi kebocoran flow - Linkage (keausan pada ball joint,  dan lain-lain). 

13.Brake parking tidak bisa release - Piston bocor pada chamber (WA)  -Air Pressure drop. -Air valve tidak berfungsi 

14Steering terlalu berat -Masuk angin / udara dalam system. -Strainer buntu. -Linkage adjustment tidak benar.  - Flow Pump kurang. -Demand valve tidak berfungsi (WA) 

15.Transmission slip ( FORKLIFT,TRUCK,WHEELOADER )penyebabnya : -Transmission oil pressure drop. -Clutch pack aus / bocor.-Main relief valve spring lemah (WA).  - Oli kotor.-Masuk angin / udara dalam system.itu diantarankerusakan yang sering terjadi baik pada unit mobil maupun pada unit FORKLIFT dan alat berat.baca artikel selanjutnya  mengatasi kerusakan pada brake system

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MESIN DIESEL PADA MOBIL FORKLIFT MAUPUN ALAT BERAT SUSAH HIDUP.....? COBA CEK YANG BERIKUT INI

mesin diesel baik pada forklift truck maupun alat berat susah di hidupkan pada saat pagi hari maupun setelah sehabis mesin di matikan memang terasa menjengkelkan..... terkadang ada hal kecil terlihat sepele namun sering luput dari pemeriksaan kita,kalau hal itu terjadi coba periksa hal berikut ini yang terkadang kita lupakan anatara lain kebocoran pada pipa atau selang solar dari tangki menuju filter solar bila terjadi retak atau clamp pengikat kendor,selang sudah rapuh mengakibatkan mesin sangat susah di hidupkan terdapat kotoran di tangki solar yang menyumbat sehingga solar mampat terkadang ada juga pipa solar di tangki yang di lengkapi dengan strainer atau saringan yang sangat lembut tersumbat kotoran ring solar baik yang dari tembaga maupun dari ring seal yang terpasang di neple filter solar sudah ausmtidak rata ataupun sobek itu juga menyebabkan mesin susah sekali di hidupkan neple solar yang terdapat di injektion pump terkadang ada yang di lengkapi dengan saringan kalau

Penyebab Hidraulik Forklift Excavator Buldozer Whelloader Tidak Mau Naik

Penyebab Hidraulik Forklift dan Alat Berat Tidak Mau Naik      Sering kita mendengar forklift  tidak kuat naik atau tidak kuat mengangkat beban padahal beban yang di angkat di bawah kekuatan dari tonase itu sendiri.tentu hal itu sangat menggangu aktifitas pada pemakainya.sebagian besar bila tidak mau naik mengatakan pompa hidrauli rusak itu wajar karena pompa adalah sumber dari tenaga hidraulik. dalam artikel   kali ini saya mencoba membahas beberapa penyebabnya anatara lain 1. OLI jika oli berkurang menyebabkan sistim hidraulik tidak mau atau tidak kuat untuk mengangkat beban bahkan mengangkat garpu sendiri tanpa bebanpun akan sangat susah karena fungsi dari oli adalah sebagai cairan yang di gunakan untuk mendorong tekanan pada piston di setiap tabung.di samping itu juga oli berfungsi sebagai pelumas dari gesekan material agar tidak cepat terjadi kerusakan 2.SARINGAN OLI saringan oli atau filter oli kotor dan rusak menyebabkan hidraulik tidak kuat naik karena sebelum masuk

Penyebab Transmisi Automatic Tidak Bisa Jalan | Mobil Forklift Wheelloader

Cara Mengetahui Kerusakan Transmisi Automatic  penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan baik pada mobil forklift maupun alat berat ada beberapa hal antara lain  oli berkurang saringan oli transmisi kotor atau rusak pipa atau selang menuju carging pump bocor  pedal kopling selalu menekan pedal macet tidak berbalik carging pump aus atau rusak ring shaft input aus  kanvas kopling dan plat aus atau rusak kelistrikan dan selenoid rusak khusus yang sudah menggunakan valve selenoid spool,pegas dan piston pada valve control aus atau cacat converter lemah atau rusak bagian ini agak jarang terjadi tapi bukan berarti tidak bisa rusak kami katakan jarang terjadi di bandingkan dengan item di atas yang umum dan lebih sering terjadi Dari beberapa permasalahan di atas kerusakan yang sering terjadi yaitu pada kanvas kopling,ring piston,kelistrikan dan selenoid, saringan oli mampat  serta carging pump rusak. mari kita bahas bersama penyebab dan akibatnya kawan.....   Kur