Langsung ke konten utama

Service Forklift Toyota | Ganti Kanvas Kopling 3 ton

Forklift Toyota


Forklift toyota ada beberapa model yaitu forklift toyota diesel forklift toyota batrey dan manual
Spesifikasi Forklift Toyota Diesel
Type forklift model ini sangat tangguh untuk di gunakan di semua medan baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan seperti pergudangan industri maupun pelabuhan.
Menggunakan mesin diesel dan bahan bakar solar forklift toyota diesel ini bisa menjadi pilihan anda karena irit bahan bakar dan tenaga dahsyat mampu bekerja dengan cepat dan lincah
forklift toyota diesel antara lain
  • 5FD25 adalah forklift toyota kapasitas 2,5 ton menggunakan mesin diesel
  • 5FD 30 adalah forklift toyota kapasitas 3 ton menggunakan mesin diesel
  • dan seterusnya semakin besar angka di belakang FD semakin besar juga tonasennya
Sparepart Forklift Toyota Diesel
Perawatan dan sparepart forklift model ini juga mudah karena banyak di jual di pasaran.bagian sparepart di kelompokan menjadi beberapa bagian antara lain

  • engine 
  • transmisi
  • brake sistem
  • electrical
  • cluth sistem
  • hidraulik sistem
  • mast
  • difrensial
  • undercariage
  • axle group
  • steering sistem
  • cooling sistem

Service dan Perbaikan Forklift toyota diesel 3 Ton

Perawatan forklift toyota 3 ton di lakukan setiap 250 jam pemakaian seperti penggantian oli dan filter.
Selain perawatan rutin juga penggantian sparepart jika kondisi sudah aus dan tenaga mulai berkurang seperti
Ganti Kanvas Kopling Forklift Toyota 3 Ton
Transmisi pada forklift toyota diesel 3 ton ada dua yaitu
  • Transmisi automatic dan manual
Transmisi manual menggunakan kanvas kopling seperti foto di bawah ini


Gejala kerusakan kanvas kopling sudah aus atau rusak di tandai dengan
  • tenaga mulai berkurang pada saat maju ataupun mundur
  • tidak kuat menanjak
  • bahan bakar menjadi boros
  • tercium bau sangit seperti benda terbakar
  • cepat panas
Service Forklift Toyota 3 Ton Cara Ganti Kanvas Kopling
Kenali dulu gejala kerusakan seperti point di atas untuk mengetahui kanvas kopling memang aus dan rusak.langkah selanjutnya adalah
  • periksa setelan stud master kopling atas dan bawah jangan sampai terlalu menekan jika pedal kopling di lepas
  • tekan pedal kopling lalu lepas jika pedal di lepas pedal masih menekan artinya stud harus di kendurkan
  • kalau setud kopling sudah di kendurkan lalu coba kembali jalankan maju dan mundur kalau tenaga masih tetap lemah pertanda kanvas kopling aus
Untuk melakukan penggantian kanvas kopling langkahnya adalah
  • buka penutup kanvas kopling bebentuk plat lebarnya kurang lebih 30 cm persegi
  • lalu siapkan baud pres 3 pcs untuk mengecilkan dekrup agar kanvas kopling mudah di lepas 
  • selanjutnya cabut pengunci as kopling yang terdapat di depan bearing setelah terlepas lalu congkel as kopling menggunakan obeng ke arah depan
  • kalau as kopling sudah mundur tinggal di angkat kanvas koplingnya bisa berbarengan dengan dekrup atau bisa di angkat satu persatu 
Penggantian kanvas kopling langkahnya adalah
  • pasang dekrup kemudian pasang kanvas kopling di depan dekrup
  • setelah terpasang congkel as kopling ke arah belakang sampai masuk ke gear kanvas kopling
  • setelah as kopling masuk ke gear dengan sempurna lalu pasang pengunci as kopling
  • berikutnya pasang baud dekrup keliling kemudian setel ketinggian atau jarak pedal kopling
  • setelah selesai buang angin yang terdapat di pipa master kopling jangan sampai tersisa
  • sudah selesai siap untuk di test maju dan mundur
Selamat mencoba semoga berhasil...demikian

Cara penggantian Kanvas Kopling Toyota 3 ton


 







Komentar

  1. bermasalah dengan forklift,mencari layanan forklift,mencari spare part forklift http://serviceforkliftlky.blogspot.com 021-51159697

    BalasHapus
  2. https://www.facebook.com/pages/Service-Forklift-Alat-Berat-call-021-51159697-081288046331/488450591204333?ref=hl

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MESIN DIESEL PADA MOBIL FORKLIFT MAUPUN ALAT BERAT SUSAH HIDUP.....? COBA CEK YANG BERIKUT INI

mesin diesel baik pada forklift truck maupun alat berat susah di hidupkan pada saat pagi hari maupun setelah sehabis mesin di matikan memang terasa menjengkelkan..... terkadang ada hal kecil terlihat sepele namun sering luput dari pemeriksaan kita,kalau hal itu terjadi coba periksa hal berikut ini yang terkadang kita lupakan anatara lain kebocoran pada pipa atau selang solar dari tangki menuju filter solar bila terjadi retak atau clamp pengikat kendor,selang sudah rapuh mengakibatkan mesin sangat susah di hidupkan terdapat kotoran di tangki solar yang menyumbat sehingga solar mampat terkadang ada juga pipa solar di tangki yang di lengkapi dengan strainer atau saringan yang sangat lembut tersumbat kotoran ring solar baik yang dari tembaga maupun dari ring seal yang terpasang di neple filter solar sudah ausmtidak rata ataupun sobek itu juga menyebabkan mesin susah sekali di hidupkan neple solar yang terdapat di injektion pump terkadang ada yang di lengkapi dengan saringan kalau

Penyebab Hidraulik Forklift Excavator Buldozer Whelloader Tidak Mau Naik

Penyebab Hidraulik Forklift dan Alat Berat Tidak Mau Naik      Sering kita mendengar forklift  tidak kuat naik atau tidak kuat mengangkat beban padahal beban yang di angkat di bawah kekuatan dari tonase itu sendiri.tentu hal itu sangat menggangu aktifitas pada pemakainya.sebagian besar bila tidak mau naik mengatakan pompa hidrauli rusak itu wajar karena pompa adalah sumber dari tenaga hidraulik. dalam artikel   kali ini saya mencoba membahas beberapa penyebabnya anatara lain 1. OLI jika oli berkurang menyebabkan sistim hidraulik tidak mau atau tidak kuat untuk mengangkat beban bahkan mengangkat garpu sendiri tanpa bebanpun akan sangat susah karena fungsi dari oli adalah sebagai cairan yang di gunakan untuk mendorong tekanan pada piston di setiap tabung.di samping itu juga oli berfungsi sebagai pelumas dari gesekan material agar tidak cepat terjadi kerusakan 2.SARINGAN OLI saringan oli atau filter oli kotor dan rusak menyebabkan hidraulik tidak kuat naik karena sebelum masuk

Penyebab Transmisi Automatic Tidak Bisa Jalan | Mobil Forklift Wheelloader

Cara Mengetahui Kerusakan Transmisi Automatic  penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan baik pada mobil forklift maupun alat berat ada beberapa hal antara lain  oli berkurang saringan oli transmisi kotor atau rusak pipa atau selang menuju carging pump bocor  pedal kopling selalu menekan pedal macet tidak berbalik carging pump aus atau rusak ring shaft input aus  kanvas kopling dan plat aus atau rusak kelistrikan dan selenoid rusak khusus yang sudah menggunakan valve selenoid spool,pegas dan piston pada valve control aus atau cacat converter lemah atau rusak bagian ini agak jarang terjadi tapi bukan berarti tidak bisa rusak kami katakan jarang terjadi di bandingkan dengan item di atas yang umum dan lebih sering terjadi Dari beberapa permasalahan di atas kerusakan yang sering terjadi yaitu pada kanvas kopling,ring piston,kelistrikan dan selenoid, saringan oli mampat  serta carging pump rusak. mari kita bahas bersama penyebab dan akibatnya kawan.....   Kur