Langsung ke konten utama

PERAWATAN RUTIN SERVICE FORKLIFT KOMATSU FD30-12 DI TANGERANG

kali ini kami melakukan service forklift rutin atau preventive maentenance pada komatsu FD30-12 di wilayah tangerang banten secara berkala setiap pemakaian 300 jam operasional yang tentunya harus di lakukan penggantian ;
-oli mesin
-filter solar
-filter oli mesin
-membersihkan saringan udara
karena pada angka tersebut sudah saatnya di lakukan penggantian spare part .di kawasan industri tangerang banten yang jarak tempuhnya dari kantor kami lumayan jauh kami selalu membawa sparepart untuk penggantianya agar tidak bolak balik mencari sparepart di wilayah tersebut
setelah kami melapor kepada pihak securiti di perusahan tersebut kami menjelaskan tujuan kami melakukan service prefentive pada perusahan itu langsung di arahkan kepada pihak user yang sebelumnya menghubungi pihak customer kami lalu kami team mekanik langsung menuju lokasi.
langkah awal karena forklift masih dalam keadaan panas setelah di operasikan kami menunggu sejenak untuk mendinginkan forklift beberapa saat kemudian langsung kami melakukan pembongkaran pada bagian
-jok di buka kemudian tutup mesin di buka agar uap panas keluar semua
-kemudian siapkan bak penampung oli kotor untuk penggantian oli mesin sekitar 7 liter
-setelah itu buka baud pembuangan oli mesin yang ada di kalter
-buka filter oli mesin,filter solar
-bersihkan saringan udara
forklift komatsu FD30-12 di tangerang banten ini untuk yang kedua kali kami lakukan service jadi masih di jam operasional 600 jam
setelah semua selesai pembongkaran kami langsung mengganti dengan sparepart baru yaitu menggunakan oli mesin SAE40 sebanyak 7 liter pemasangan filter oli dan filter solar selesai sudah lalu lankah selanjutnya kami melakukan cek all unit pada forklift komatsu FD30-12 antara lain
-pengecekan fungsi kopling
-pengecekan fungsi rem
-pengecekan fungsi hidraulik
-pengecekan sistim steering
-pengecekan axle group
-pengecekan air radiator dan air accu
-serta penngantian greasing
kemudian kami lakukan ranning test setelah semua masih dalam keadaan optimal kami serah terimakan ke pihak user untuk di operasikan kembali dengan catatan atau referensi kami selalu lakukan perawatan berkala setiap jam operasional 300jam
untuk service forklift berikutnya pada komatsu FD30-12 di tangerang banten nanti kami lakukan pada kelipatan 300 jam selanjutnya yang tentunya akan ada penggantian part tambahan karena pada angka selanjutnya filter udara sudah harus di ganti agar kondisi unit tetap optimal
PERAWATAN RUTIN SERVICE FORKLIFT KOMATSU FD30-12 DI TANGERANG

Postingan populer dari blog ini

MESIN DIESEL PADA MOBIL FORKLIFT MAUPUN ALAT BERAT SUSAH HIDUP.....? COBA CEK YANG BERIKUT INI

mesin diesel baik pada forklift truck maupun alat berat susah di hidupkan pada saat pagi hari maupun setelah sehabis mesin di matikan memang terasa menjengkelkan..... terkadang ada hal kecil terlihat sepele namun sering luput dari pemeriksaan kita,kalau hal itu terjadi coba periksa hal berikut ini yang terkadang kita lupakan anatara lain kebocoran pada pipa atau selang solar dari tangki menuju filter solar bila terjadi retak atau clamp pengikat kendor,selang sudah rapuh mengakibatkan mesin sangat susah di hidupkan terdapat kotoran di tangki solar yang menyumbat sehingga solar mampat terkadang ada juga pipa solar di tangki yang di lengkapi dengan strainer atau saringan yang sangat lembut tersumbat kotoran ring solar baik yang dari tembaga maupun dari ring seal yang terpasang di neple filter solar sudah ausmtidak rata ataupun sobek itu juga menyebabkan mesin susah sekali di hidupkan neple solar yang terdapat di injektion pump terkadang ada yang di lengkapi dengan saringan kalau

Penyebab Hidraulik Forklift Excavator Buldozer Whelloader Tidak Mau Naik

Penyebab Hidraulik Forklift dan Alat Berat Tidak Mau Naik      Sering kita mendengar forklift  tidak kuat naik atau tidak kuat mengangkat beban padahal beban yang di angkat di bawah kekuatan dari tonase itu sendiri.tentu hal itu sangat menggangu aktifitas pada pemakainya.sebagian besar bila tidak mau naik mengatakan pompa hidrauli rusak itu wajar karena pompa adalah sumber dari tenaga hidraulik. dalam artikel   kali ini saya mencoba membahas beberapa penyebabnya anatara lain 1. OLI jika oli berkurang menyebabkan sistim hidraulik tidak mau atau tidak kuat untuk mengangkat beban bahkan mengangkat garpu sendiri tanpa bebanpun akan sangat susah karena fungsi dari oli adalah sebagai cairan yang di gunakan untuk mendorong tekanan pada piston di setiap tabung.di samping itu juga oli berfungsi sebagai pelumas dari gesekan material agar tidak cepat terjadi kerusakan 2.SARINGAN OLI saringan oli atau filter oli kotor dan rusak menyebabkan hidraulik tidak kuat naik karena sebelum masuk

Penyebab Transmisi Automatic Tidak Bisa Jalan | Mobil Forklift Wheelloader

Cara Mengetahui Kerusakan Transmisi Automatic  penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan baik pada mobil forklift maupun alat berat ada beberapa hal antara lain  oli berkurang saringan oli transmisi kotor atau rusak pipa atau selang menuju carging pump bocor  pedal kopling selalu menekan pedal macet tidak berbalik carging pump aus atau rusak ring shaft input aus  kanvas kopling dan plat aus atau rusak kelistrikan dan selenoid rusak khusus yang sudah menggunakan valve selenoid spool,pegas dan piston pada valve control aus atau cacat converter lemah atau rusak bagian ini agak jarang terjadi tapi bukan berarti tidak bisa rusak kami katakan jarang terjadi di bandingkan dengan item di atas yang umum dan lebih sering terjadi Dari beberapa permasalahan di atas kerusakan yang sering terjadi yaitu pada kanvas kopling,ring piston,kelistrikan dan selenoid, saringan oli mampat  serta carging pump rusak. mari kita bahas bersama penyebab dan akibatnya kawan.....   Kur