Langsung ke konten utama

Cara Perawatan Rutin Forklift Excavator wheelloader Buldozer

Perawatan berkala

Preventive maentenance pada forklift truck mobil excavator buldozer wheelloader maupun alat berat adalah tindakan perawatan secara berkala untuk memeriksa kondisi unit dan penggantian sparepart yang sudah mencapai batas pemakaian.
Tujuan dari perawatan rutin dan penggantian sparepart secara berkala adalah untuk mencegah agar terhindar dari kerusakan dini.
Hal ini sangat penting di lakukan karena sparepart pada forklift maupun alat berat ada masa umur pemakaian dan jika di biarkan tanpa ada perawatan atau penggantian sparepart yang sudah melewati batas pemakaian tentu akan menimbulkan kerusakan pada bagian lain.
perawatan rutin pada forklift ecavator buldozer wheelloader

Lalu apa saja yang harus di lakukan untuk perawatan rutin pada forklift excavator buldozer wheelloader maupun alat berat.....?
Forklift termasuk kategori alat berat seperti excavator buldozer wheelloader dan cara melakukan service berkala di tentukan dengan jumlah jam pemakaian.
Berbeda dengan mobil atau truck dan bus yang di tentukan dengan jarak tempuh atau kilometer untuk melakukan perawatan rutinnya.

Perawatan berkala pada forklift excavator buldozer dan wheelloader

Perawatan 250 jam pemakaian forklift
Pada saat forklift mencapai angka 250 jam pemakaian perawatan dan penggantian sparepart yang harus di lakukan adalah
  • ganti oli mesin
  • ganti filter solar
  • ganti filter oli mesin
  • bersihkan filter udara
  • bersihkan atau semprot radiator menggunakan kompresor
  • periksa oli hidraulik
  • periksa oli transmisi
  • periksa air radiator dan air aki
  • periksa minyak rem
  • periksa minyak kopling
  • periksa rantai lift
Perawatan 250 jam pemakaian excavator
Excavator setelah di pakai selama 250 jam pertama harus di lakukan perawatan dan penggantian
  • oli mesin
  • filter solar
  • filter oli mesin
  • bersihkan saringan udara
  • cek olihidraulik
  • bersihkan radiator
  • periksa air aki
  • periksa air radiator
  • periksa adjuster
  • periksa oli motor swing
  • periksa dan lumasi roller
  • periksa kekencangan track kiri dan kanan
  • periksa pin arm,bucket dan boom
perawatan rutin pada forklift excavator buldozer dan wheelloader

Perawatan 250 jam pemakaian pada wheelloader dan buldozer
Pada wheelloader setelah di pakai selama 250 jam juga harus di lakukan perawatan dan penggantian
  • oli mesin
  • filter solar
  • filter oli mesin
  • bersihkan saringan udara
  • cek oli hidraulik
  • periksa air aki dan bersihkan radiator
  • periksa pin bucket,boom dan steering
Sebetulnya untuk perawatan berkala di bagian mesin sama antara forklift excavator buldozer wheelloader genzet maupun alat berat yang lain.
Cuma yang berbeda di bagian luar mesin seperti pada excavator dan forklift contohnya.
Kalau pada excavator tidak menggunakan transmisi dan rantai lift jadi pada saat perawatan 250 jam pada excavator tidak ada cek oli transmisi dan cek rantai lift
Begitu juga sebaliknya....
Pada forklift tidak terdapat adjuster atau bucket dan arm jadi pada saat perawatan 250 jam pemakaian tidak di sebutkan periksa adjuster atau pin bucket

Perawatan hidraulik  pada forklift dan excavator 

Perawatan pada sistem hidraulik baik pada forklift excavator buldozer wheelloader maupun alat berat yang lain prinsipnya sama yaitu
  • penggantian oli hidraulik
  • penggantian filter hidraulik suction
  • penggantian filter oli hidraulik return
  • periksa tekanan pompa hidraulik
  • periksa kinerja cilinder hidraulik
  • periksa valve control
  • periksa shaft cilinder hidraulik
  • pelumasan pada pin dan bhusing
  • periksa hose hidraulik
Penggantian oli hidraulik di lakukan setiap 2000 jam pemakaian
Kenapa harus di lakukan perawatan rutin setiap pemakaian mencapai 250 jam jawabnya adalah untuk mencegah kerusakan dini dan menimbulkan kerusakan pada bagian lain karena pada saat pemakaian mencapai angka 250 jam operasional 
  • kualitas oli sudah kurang bagus dan tentu juga sudah terkontaminasi dengan serpihan logam akibat pergesekan antara sparepart
  • kondisi filter solar tentu sudah tidak bersih dan tidak mampu menyaring dengan sempurna
  • kondisi filter oli juga sudah banyak tersumbat kotoran
  • kondisi filter udarapun sudah pasti banyak tersumbat debu
Jika hal itu di biarkan akan menimbulkan kerusakan di bagian lain,dengan demikian lakukan pencegahan dan perawatan serta penggantian sparepart sesuai anjuran dari produsennya.
Untuk perawatan 500 jam berikutnya dan apa saja sparepart yang perlu di ganti lihat bahasan kami pada 
Perawatan Rutin 500 Jam Pemakaian pada Forklift Excavator Buldozer dan Wheelloader

Komentar

  1. Selamat Siang Menjelang Sore POLAGA TEKNIK , Perkenalkan saya Fauzi dari PT. MAFATI GROUP
    ingin menawarkan kebutuhan Pelumas Oli,Solar,Grease & Jasa Exspedisi .
    Apakah diperusahaan ini ( Polaga Teknik ) banyak pemakaiannya
    Terimakasih

    PT. Mafati Group
    Fauzi 0838 - 9757 1103

    BalasHapus
  2. Lokasi bapak dimana....?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MESIN DIESEL PADA MOBIL FORKLIFT MAUPUN ALAT BERAT SUSAH HIDUP.....? COBA CEK YANG BERIKUT INI

mesin diesel baik pada forklift truck maupun alat berat susah di hidupkan pada saat pagi hari maupun setelah sehabis mesin di matikan memang terasa menjengkelkan..... terkadang ada hal kecil terlihat sepele namun sering luput dari pemeriksaan kita,kalau hal itu terjadi coba periksa hal berikut ini yang terkadang kita lupakan anatara lain kebocoran pada pipa atau selang solar dari tangki menuju filter solar bila terjadi retak atau clamp pengikat kendor,selang sudah rapuh mengakibatkan mesin sangat susah di hidupkan terdapat kotoran di tangki solar yang menyumbat sehingga solar mampat terkadang ada juga pipa solar di tangki yang di lengkapi dengan strainer atau saringan yang sangat lembut tersumbat kotoran ring solar baik yang dari tembaga maupun dari ring seal yang terpasang di neple filter solar sudah ausmtidak rata ataupun sobek itu juga menyebabkan mesin susah sekali di hidupkan neple solar yang terdapat di injektion pump terkadang ada yang di lengkapi dengan saringan kalau

Penyebab Hidraulik Forklift Excavator Buldozer Whelloader Tidak Mau Naik

Penyebab Hidraulik Forklift dan Alat Berat Tidak Mau Naik      Sering kita mendengar forklift  tidak kuat naik atau tidak kuat mengangkat beban padahal beban yang di angkat di bawah kekuatan dari tonase itu sendiri.tentu hal itu sangat menggangu aktifitas pada pemakainya.sebagian besar bila tidak mau naik mengatakan pompa hidrauli rusak itu wajar karena pompa adalah sumber dari tenaga hidraulik. dalam artikel   kali ini saya mencoba membahas beberapa penyebabnya anatara lain 1. OLI jika oli berkurang menyebabkan sistim hidraulik tidak mau atau tidak kuat untuk mengangkat beban bahkan mengangkat garpu sendiri tanpa bebanpun akan sangat susah karena fungsi dari oli adalah sebagai cairan yang di gunakan untuk mendorong tekanan pada piston di setiap tabung.di samping itu juga oli berfungsi sebagai pelumas dari gesekan material agar tidak cepat terjadi kerusakan 2.SARINGAN OLI saringan oli atau filter oli kotor dan rusak menyebabkan hidraulik tidak kuat naik karena sebelum masuk

Penyebab Transmisi Automatic Tidak Bisa Jalan | Mobil Forklift Wheelloader

Cara Mengetahui Kerusakan Transmisi Automatic  penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan baik pada mobil forklift maupun alat berat ada beberapa hal antara lain  oli berkurang saringan oli transmisi kotor atau rusak pipa atau selang menuju carging pump bocor  pedal kopling selalu menekan pedal macet tidak berbalik carging pump aus atau rusak ring shaft input aus  kanvas kopling dan plat aus atau rusak kelistrikan dan selenoid rusak khusus yang sudah menggunakan valve selenoid spool,pegas dan piston pada valve control aus atau cacat converter lemah atau rusak bagian ini agak jarang terjadi tapi bukan berarti tidak bisa rusak kami katakan jarang terjadi di bandingkan dengan item di atas yang umum dan lebih sering terjadi Dari beberapa permasalahan di atas kerusakan yang sering terjadi yaitu pada kanvas kopling,ring piston,kelistrikan dan selenoid, saringan oli mampat  serta carging pump rusak. mari kita bahas bersama penyebab dan akibatnya kawan.....   Kur