Penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan Langsung saja ya kita bahas permasalahan pada forklift automatic yang tidak bisa jalan maju ataupun mundur. Beberapa permasalahan pada forklift matic adalah Tidak bisa maju dan tidak bisa mundur sama sekali Tidak bisa maju tapi bisa mundur Bisa mundur tapi tidak bisa maju Bisa maju dan bisa mundur tapi pada saat masih dingin Tidak bisa maju dan tidak bisa mundur pada saat sudah panas saja Pada saat sudah panas tidak bisa maju tetapi bisa mundur Pada saat sudah panas tidak bisa mundur tetapi bisa maju Bisa maju dan bisa mundur di jalan yang datar tetapi tidak kuat di tanjakan Banyak sekali ya pembahasan pada forklift matic...masih mau di lanjut......? Jika sedang mengalami permasalahan pada forklift matic seperti ini santai saja kita selesaikan permasalahannya satu persatu. Langkah yang pertama adalah perhatikan dengan seksama kerusakan forklift matic anda seperti apa ...? Setelah mengetahui dengan pasti kita ...
Perawatan berkala
Preventive maentenance pada forklift truck mobil excavator buldozer wheelloader maupun alat berat adalah tindakan perawatan secara berkala untuk memeriksa kondisi unit dan penggantian sparepart yang sudah mencapai batas pemakaian.
Tujuan dari perawatan rutin dan penggantian sparepart secara berkala adalah untuk mencegah agar terhindar dari kerusakan dini.
Hal ini sangat penting di lakukan karena sparepart pada forklift maupun alat berat ada masa umur pemakaian dan jika di biarkan tanpa ada perawatan atau penggantian sparepart yang sudah melewati batas pemakaian tentu akan menimbulkan kerusakan pada bagian lain.
Lalu apa saja yang harus di lakukan untuk perawatan rutin pada forklift excavator buldozer wheelloader maupun alat berat.....?
Forklift termasuk kategori alat berat seperti excavator buldozer wheelloader dan cara melakukan service berkala di tentukan dengan jumlah jam pemakaian.
Berbeda dengan mobil atau truck dan bus yang di tentukan dengan jarak tempuh atau kilometer untuk melakukan perawatan rutinnya.
Perawatan berkala pada forklift excavator buldozer dan wheelloader
Perawatan 250 jam pemakaian forklift
Pada saat forklift mencapai angka 250 jam pemakaian perawatan dan penggantian sparepart yang harus di lakukan adalah
- ganti oli mesin
- ganti filter solar
- ganti filter oli mesin
- bersihkan filter udara
- bersihkan atau semprot radiator menggunakan kompresor
- periksa oli hidraulik
- periksa oli transmisi
- periksa air radiator dan air aki
- periksa minyak rem
- periksa minyak kopling
- periksa rantai lift
Perawatan 250 jam pemakaian excavator
Excavator setelah di pakai selama 250 jam pertama harus di lakukan perawatan dan penggantian
- oli mesin
- filter solar
- filter oli mesin
- bersihkan saringan udara
- cek olihidraulik
- bersihkan radiator
- periksa air aki
- periksa air radiator
- periksa adjuster
- periksa oli motor swing
- periksa dan lumasi roller
- periksa kekencangan track kiri dan kanan
- periksa pin arm,bucket dan boom
Perawatan 250 jam pemakaian pada wheelloader dan buldozer
Pada wheelloader setelah di pakai selama 250 jam juga harus di lakukan perawatan dan penggantian
- oli mesin
- filter solar
- filter oli mesin
- bersihkan saringan udara
- cek oli hidraulik
- periksa air aki dan bersihkan radiator
- periksa pin bucket,boom dan steering
Sebetulnya untuk perawatan berkala di bagian mesin sama antara forklift excavator buldozer wheelloader genzet maupun alat berat yang lain.
Cuma yang berbeda di bagian luar mesin seperti pada excavator dan forklift contohnya.
Kalau pada excavator tidak menggunakan transmisi dan rantai lift jadi pada saat perawatan 250 jam pada excavator tidak ada cek oli transmisi dan cek rantai lift
Begitu juga sebaliknya....
Pada forklift tidak terdapat adjuster atau bucket dan arm jadi pada saat perawatan 250 jam pemakaian tidak di sebutkan periksa adjuster atau pin bucket
Perawatan hidraulik pada forklift dan excavator
Perawatan pada sistem hidraulik baik pada forklift excavator buldozer wheelloader maupun alat berat yang lain prinsipnya sama yaitu
- penggantian oli hidraulik
- penggantian filter hidraulik suction
- penggantian filter oli hidraulik return
- periksa tekanan pompa hidraulik
- periksa kinerja cilinder hidraulik
- periksa valve control
- periksa shaft cilinder hidraulik
- pelumasan pada pin dan bhusing
- periksa hose hidraulik
Penggantian oli hidraulik di lakukan setiap 2000 jam pemakaian
Kenapa harus di lakukan perawatan rutin setiap pemakaian mencapai 250 jam jawabnya adalah untuk mencegah kerusakan dini dan menimbulkan kerusakan pada bagian lain karena pada saat pemakaian mencapai angka 250 jam operasional
- kualitas oli sudah kurang bagus dan tentu juga sudah terkontaminasi dengan serpihan logam akibat pergesekan antara sparepart
- kondisi filter solar tentu sudah tidak bersih dan tidak mampu menyaring dengan sempurna
- kondisi filter oli juga sudah banyak tersumbat kotoran
- kondisi filter udarapun sudah pasti banyak tersumbat debu
Jika hal itu di biarkan akan menimbulkan kerusakan di bagian lain,dengan demikian lakukan pencegahan dan perawatan serta penggantian sparepart sesuai anjuran dari produsennya.
Untuk perawatan 500 jam berikutnya dan apa saja sparepart yang perlu di ganti lihat bahasan kami pada
Perawatan Rutin 500 Jam Pemakaian pada Forklift Excavator Buldozer dan Wheelloader
Selamat Siang Menjelang Sore POLAGA TEKNIK , Perkenalkan saya Fauzi dari PT. MAFATI GROUP
BalasHapusingin menawarkan kebutuhan Pelumas Oli,Solar,Grease & Jasa Exspedisi .
Apakah diperusahaan ini ( Polaga Teknik ) banyak pemakaiannya
Terimakasih
PT. Mafati Group
Fauzi 0838 - 9757 1103
terima kasih
HapusLokasi bapak dimana....?
BalasHapusciputat tangerang selatan
Hapus