SERING JERJADI KOMPLAIN SERVICE FORKLIFT DAN ALAT BERAT KARYAWAN DAN PERUSAHAAN ATAU USER DENGAN VENDOR
Pada dasarnya sebuah pekerjaan di bidang apapun tentu semua berharap di lakukan dengan maksimal dan sebaik mungkin sesuai SOP.begitu juga dengan pekerjaan service forklift maupun alat berat......lalu kenapa terjadi komplain sebuah pekerjaan yang terkadang terjadi antara karyawan dengan perusahaan ataupun antara vendor dengan customer....?
hal seperti itu membuat hati tidak merasa nyaman, selagi komplain masih dalam batas wajar dalam arti kritik yang membangun itu masih bisa di terima kedua belah pihak.ok kita lanjut aja kawan...
- JIKA PERUSAHAAN DAN KARYAWAN apabila kita bekerja di sebuah perusahaan dan menjadi mekanik forklift maupun alat berat tentu sudah tau tugas dan tanggung jawabnya dan tentu pula ada managemant nya cuma terkadang terjadi bila forklift truck ataupun alat berat yang menjadi tugas dan tanggung jawab kita dalam hal preventive maentenance sering rusak kita di salahkan...kenapa bisa demikian,menjengkelkan bukan...? kadang bila hal ini terjadi terus menerus membuat tidak nyaman bekerja. demikian pula sebaliknya dengan perusahaan bila unit mau di pakai selalu rusak dan rusak lagi padahal sangat di butuhkan untuk operasional produksi apalagi bila perusahaan tersebut sedang dalam target produksi tentu hal ini akan menghambat sekali. lalu yang terjadi perusahaan menyalahkan karyawan sebaliknya karyawan juga akan menyalahkan perusahaan terus dimana solusi untuk mengatasi hal yang demikian......?
kalau kita menjadi karyawan di perusahaan dan pekerjaan kita sebagai mekanik forklift truck maupun alat berat kita harus paham betul dan mengetahui unit yang menjadi tanggung jawab kita yang perlu di ketahui adalah
- jika perusahaan tempat kita bekerja 1,2 ataupun 3 shift berapa jumlah unit yang di butuhkan
- apakah cukup dan mampu unit yang ada untuk melayani kebutuhan perusahaan
- kondisi performance alat itu sendiri seperti apa (top performance.kadang trouble atau bahkan batuk pilek
- bagaimana stock sparepart apakah tersedia
- jika terjadi trouble kerusakan dan perbaikan membutuhkan waktu lebih dari 5 jam apakah berakibat fatal buat perusahaan dan apa solusinya ....
- apakah skill dan personil kita mampu menghadapi kerusakaan yang tersulit sekalipun
hal hal tersebut perlu di sampaikan terlebih dahulu ke management perusahaan kondisikan dan di cari solusinya terlebih dahulu antara karyawan dan management perusahaan untuk menghindari terjadi kisruh dan saling silang pendapat jika terjadi kerusakan unit forklift truck maupun alat berat yang lainnya
beda lagi dengan perusahaan ataupun usernya yang berkomitmen
- target produksi,expedisi maupun yang lain harus tercapai
- tidak mau terhambat oleh setiap divisi (termasuk bagian forklift,truck maupun alat berat)
- apakah sudah di sosialisasikan point point yang ada di bagian mekanik untuk menjaga perlambatan target perusahaan (forklift rusak,truck mogok,alat berat ngadat}
jika hal tersebut sudah bisa di kondisikan semuanya dan menjadi komitment anatara perusahaan dan karyawan tentu tidak terjadi komplain dan saling menyalahkan yang tentunya membuat nyaman pekerja dan kemajuan perusahaan itulah yang di harapkan perusahaan maju karyawan sejahtra tentunya
- JIKA KOMPLAIN TERJADI ANTARA CUSTOMER DAN VENDOR sebagai vendor ataupun kontraktor service alat berat baik perusahaan maupun freelance tentu berkewajiban melayani pelanggan dengan sebaiknya ada pepatah yang mengatakan pembeli adalah raja tapi ada tata cara dan aturan tentunya serta vendor juga berhak memilih mana pelanggan yang mau kita layani atau kita tolak.