Langsung ke konten utama

TIPS PERAWATAN FORKLIFT ( SERVICE FORKLIFT BANTEN )

  Pada kesempatan kali ini akan kita bahas mengenai perawatan forklift di bagian hidraulik sistem. tapi sebelum itu kita bahas dulu apa yang di maksud hidraulik system.Hidraulik sistem adalah sitem kerja yang menggunakan tenaga hidraulik yang pada umumya terdiri dari pompa induk,valve control,cilinder,seal kit,tangki oli,oli hidraulik,selang,serta filter.Itu adalah komponen yang paling sederhana pada sistem hidraulik.
   Pada forklift ataupun alat berat lainnya banyak menggunakan hidraulik sistem seperti pada excavator,buldozer,welloader,vibrator,crane dan masih banyak alat berat lain yang menggunakan sistem ini.
Fungsi dan cara kerja dari sistem ini sangat sederhana tapi mampu mengasilkan tenaga yang sangat besar sekali,Fungsinya adalah sebagai pendorong,pengungkit dan pengangkat sedangkan cara kerjanya yaitu merubah dari tenaga mekanik menjadi tenaga hidraulik yang selanjutnya di kirim ke setiap bagian yang membutuhkan seperti cilinder lift,cilinder tilt,cilinder arem,cilinder boom,cilinder stearing ataupun bagian lain yang membutuhkan.
   Sistem hidraulik ini sangat penting sekali dalam sebuah alat berat maupun forklift karena bila mengalami kelemahan apalagi kalau sampai terjadi kerusakan pastilah forklift ataupun alat berat tidak bisa di gunakan dengan maksimal.
Dengan demikian hidraulik sistem haruslah selalu dalam kondisi optimal agar bisa di pakai setiap saat.
   Cara perawatan agar hidraulik sistem selalu dalam kondisi prima adalah dengan :                     1.Selalu mengecek kondisi oli hidraulik jangan sampai berkurang dari jumlah yang di butuhkan 2.Ganti oli hidraulik setiap 2000 jam pemakaian,
3.Periksa selang dari kebocoran dan kerusakan
4.Ganti seal kit pompa hidraulik,kontrol valve dan cilinder jika sudah rusak
5.Bila pompa induk,cilinder dan kontrol valve sudah rusak berat harus di ganti
   Itulah perawatan pada sistem hidraulik baik pada forklift maupun alat berat secara umum,karena jika kita terus menerus membiarkan kerusakan di bagian ini efeknya akan bertambah parah yaitu bisa merusak bagian yang lain salah satunya adalah mesin,karena mesin di paksa bekerja berat untuk mengirim tenaga mekanik ke bagian hidraulik sistem.
Kenapa bisa demikan karena tenaga yang di kirim ke bagian ini tidak bisa di manfaatkan dengan sempurna sehingga butuh tenaga lebih agar sistem hidraulik bisa bekerja karena ada kerusakan di bagian ini akibatnya mesin bekerja lebih keras lagi yang tentunya bisa cepat menimbulkan kerusakan pada mesin
   Dengan demikian rawatlah dan segera perbaiki jika hidraulik sistem sudah bermasalah agar tidak mengakibatkan bagian lain menjadi rusak yang tentunya akan membutuhkan biaya mahal.Sekian dulu penjelasan mengenai perawatan hidraulik sistem pada forklift maupun alat berat secara secara umum.semoga bermanfaat.
service forklift



Postingan populer dari blog ini

MESIN DIESEL PADA MOBIL FORKLIFT MAUPUN ALAT BERAT SUSAH HIDUP.....? COBA CEK YANG BERIKUT INI

mesin diesel baik pada forklift truck maupun alat berat susah di hidupkan pada saat pagi hari maupun setelah sehabis mesin di matikan memang terasa menjengkelkan..... terkadang ada hal kecil terlihat sepele namun sering luput dari pemeriksaan kita,kalau hal itu terjadi coba periksa hal berikut ini yang terkadang kita lupakan anatara lain kebocoran pada pipa atau selang solar dari tangki menuju filter solar bila terjadi retak atau clamp pengikat kendor,selang sudah rapuh mengakibatkan mesin sangat susah di hidupkan terdapat kotoran di tangki solar yang menyumbat sehingga solar mampat terkadang ada juga pipa solar di tangki yang di lengkapi dengan strainer atau saringan yang sangat lembut tersumbat kotoran ring solar baik yang dari tembaga maupun dari ring seal yang terpasang di neple filter solar sudah ausmtidak rata ataupun sobek itu juga menyebabkan mesin susah sekali di hidupkan neple solar yang terdapat di injektion pump terkadang ada yang di lengkapi dengan saringan kalau

Penyebab Hidraulik Forklift Excavator Buldozer Whelloader Tidak Mau Naik

Penyebab Hidraulik Forklift dan Alat Berat Tidak Mau Naik      Sering kita mendengar forklift  tidak kuat naik atau tidak kuat mengangkat beban padahal beban yang di angkat di bawah kekuatan dari tonase itu sendiri.tentu hal itu sangat menggangu aktifitas pada pemakainya.sebagian besar bila tidak mau naik mengatakan pompa hidrauli rusak itu wajar karena pompa adalah sumber dari tenaga hidraulik. dalam artikel   kali ini saya mencoba membahas beberapa penyebabnya anatara lain 1. OLI jika oli berkurang menyebabkan sistim hidraulik tidak mau atau tidak kuat untuk mengangkat beban bahkan mengangkat garpu sendiri tanpa bebanpun akan sangat susah karena fungsi dari oli adalah sebagai cairan yang di gunakan untuk mendorong tekanan pada piston di setiap tabung.di samping itu juga oli berfungsi sebagai pelumas dari gesekan material agar tidak cepat terjadi kerusakan 2.SARINGAN OLI saringan oli atau filter oli kotor dan rusak menyebabkan hidraulik tidak kuat naik karena sebelum masuk

Penyebab Transmisi Automatic Tidak Bisa Jalan | Mobil Forklift Wheelloader

Cara Mengetahui Kerusakan Transmisi Automatic  penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan baik pada mobil forklift maupun alat berat ada beberapa hal antara lain  oli berkurang saringan oli transmisi kotor atau rusak pipa atau selang menuju carging pump bocor  pedal kopling selalu menekan pedal macet tidak berbalik carging pump aus atau rusak ring shaft input aus  kanvas kopling dan plat aus atau rusak kelistrikan dan selenoid rusak khusus yang sudah menggunakan valve selenoid spool,pegas dan piston pada valve control aus atau cacat converter lemah atau rusak bagian ini agak jarang terjadi tapi bukan berarti tidak bisa rusak kami katakan jarang terjadi di bandingkan dengan item di atas yang umum dan lebih sering terjadi Dari beberapa permasalahan di atas kerusakan yang sering terjadi yaitu pada kanvas kopling,ring piston,kelistrikan dan selenoid, saringan oli mampat  serta carging pump rusak. mari kita bahas bersama penyebab dan akibatnya kawan.....   Kur