Langsung ke konten utama

CARA MUDAH MENGGANTI KANVAS KOPLING FORKLIFT TOYOTA 3TON

SERVICE FORKLIFT TOYOTA 3 TON

     kali ini kita bahas penggantian kanvas kopling manual forklift 3 ton, bagi yang sudah paham dan terbiasa melakukan pekerjaan ini mungkin tidak begitu susah tapi bagi pemula atau yang belum pernah melakukanya pasti akan bertanya tanya cara melepas kanvas koplingnya di mulai dari mana.
karena kalau di lihat sepintas kilas antara transmisi dan mesin begitu rapat sedangkan kanvas kopling berada tepat di tengahnya.
oke mari kita lanjut saja cara melepasnya
  • pertama kali buka penutup transmisi yang berada di atas kanvas kopling
  • lalu untuk mempermudah lepas saja bagian release cilinder atau master kopling bawah agar lebih leluasa
  • kemudian cari kawat pengunci yang terdapat di as kopling adanya di depan bearing yaitu ada celah lubang sedikit putar saja as kopling nanti akan terlihat kawat penguncinya dan cabut menggunakan tang
  • setelah kawat pengunci tercabut selanjutnya congkel atau dorong mundur as kopling menggunakan obeng
  • selanjutnya pres cluth cover atau dekrup menggunakan baud caranya cari lubang baud di sekitar dekrup biasanya ada empat 
  • kemudian lepas baud dekrup keliling yang menempel pada flywhell atau roda gila
  • kemudian angkat kanvas kopling atau bisa bersamaan dengan dekrupnya
mudah kan...jadi tidak perlu menurunkan mesin untuk mengganti kanvas koplingnya setelah terlepas semua periksa bagian yang rusak lanjut kita ganti kannvas yang baru

cara pasang kanvas kopling toyota 3 ton

     setelah kita bahas cara melepasnya kita bahas bagaimana cara pasangnya yang perlu di perhatikan adalah sparepart yang di lepas terakhir di pasang terlebih dahulu yaitu atau kebalikan dari cara melepasnya
  • pasang terlebih dahulu kanvas kopling yang baru bisa juga berikut dekrupnya sekalian
  • kemudian congkel mundur as kopling dan pastikan masuk ke alur gear kanvas sampai ujung as mentok ke flywhel
  • lalu pasang kembali kawat pengunci as nya
  • kalau sudah selesai lanjutkan pemasangan baud dekrup ke roda gila
  • lanjut pasang release cilinder
  • dan terakhir buka baud press dekrup
cek kemungkinan ada yang belum pas jika di rasa agak susah pindah gigi atau tenaga berkurang bisa di setel di bagian stud kopling .
mudah kan...selamat mencoba semoga artikel ini membantu dan bila bermanfaat buat orang lain silahkan di SHARE bwgitulah

cara mudah mengganti kanvas kopling forklift toyota 3 ton


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MESIN DIESEL PADA MOBIL FORKLIFT MAUPUN ALAT BERAT SUSAH HIDUP.....? COBA CEK YANG BERIKUT INI

mesin diesel baik pada forklift truck maupun alat berat susah di hidupkan pada saat pagi hari maupun setelah sehabis mesin di matikan memang terasa menjengkelkan..... terkadang ada hal kecil terlihat sepele namun sering luput dari pemeriksaan kita,kalau hal itu terjadi coba periksa hal berikut ini yang terkadang kita lupakan anatara lain kebocoran pada pipa atau selang solar dari tangki menuju filter solar bila terjadi retak atau clamp pengikat kendor,selang sudah rapuh mengakibatkan mesin sangat susah di hidupkan terdapat kotoran di tangki solar yang menyumbat sehingga solar mampat terkadang ada juga pipa solar di tangki yang di lengkapi dengan strainer atau saringan yang sangat lembut tersumbat kotoran ring solar baik yang dari tembaga maupun dari ring seal yang terpasang di neple filter solar sudah ausmtidak rata ataupun sobek itu juga menyebabkan mesin susah sekali di hidupkan neple solar yang terdapat di injektion pump terkadang ada yang di lengkapi dengan saringan kalau

Penyebab Hidraulik Forklift Excavator Buldozer Whelloader Tidak Mau Naik

Penyebab Hidraulik Forklift dan Alat Berat Tidak Mau Naik      Sering kita mendengar forklift  tidak kuat naik atau tidak kuat mengangkat beban padahal beban yang di angkat di bawah kekuatan dari tonase itu sendiri.tentu hal itu sangat menggangu aktifitas pada pemakainya.sebagian besar bila tidak mau naik mengatakan pompa hidrauli rusak itu wajar karena pompa adalah sumber dari tenaga hidraulik. dalam artikel   kali ini saya mencoba membahas beberapa penyebabnya anatara lain 1. OLI jika oli berkurang menyebabkan sistim hidraulik tidak mau atau tidak kuat untuk mengangkat beban bahkan mengangkat garpu sendiri tanpa bebanpun akan sangat susah karena fungsi dari oli adalah sebagai cairan yang di gunakan untuk mendorong tekanan pada piston di setiap tabung.di samping itu juga oli berfungsi sebagai pelumas dari gesekan material agar tidak cepat terjadi kerusakan 2.SARINGAN OLI saringan oli atau filter oli kotor dan rusak menyebabkan hidraulik tidak kuat naik karena sebelum masuk

Penyebab Transmisi Automatic Tidak Bisa Jalan | Mobil Forklift Wheelloader

Cara Mengetahui Kerusakan Transmisi Automatic  penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan baik pada mobil forklift maupun alat berat ada beberapa hal antara lain  oli berkurang saringan oli transmisi kotor atau rusak pipa atau selang menuju carging pump bocor  pedal kopling selalu menekan pedal macet tidak berbalik carging pump aus atau rusak ring shaft input aus  kanvas kopling dan plat aus atau rusak kelistrikan dan selenoid rusak khusus yang sudah menggunakan valve selenoid spool,pegas dan piston pada valve control aus atau cacat converter lemah atau rusak bagian ini agak jarang terjadi tapi bukan berarti tidak bisa rusak kami katakan jarang terjadi di bandingkan dengan item di atas yang umum dan lebih sering terjadi Dari beberapa permasalahan di atas kerusakan yang sering terjadi yaitu pada kanvas kopling,ring piston,kelistrikan dan selenoid, saringan oli mampat  serta carging pump rusak. mari kita bahas bersama penyebab dan akibatnya kawan.....   Kur