Langsung ke konten utama

Cara Memperbaiki Transmisi Automatic Forklift Wheelloader Mobil Tidak Bisa Jalan

Penyebab Transmisi Automatic Forklift Wheelloader Tidak Bisa Maju Mundur

Penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan Langsung saja ya kita bahas permasalahan pada forklift automatic yang tidak bisa jalan maju ataupun mundur. Beberapa permasalahan pada forklift matic adalah Tidak bisa maju dan tidak bisa mundur sama sekali Tidak bisa maju tapi bisa mundur Bisa mundur tapi tidak bisa maju Bisa maju dan bisa mundur tapi pada saat masih dingin Tidak bisa maju dan tidak bisa mundur pada saat sudah panas saja Pada saat sudah panas tidak bisa maju tetapi bisa mundur  Pada saat sudah panas tidak bisa mundur tetapi bisa maju Bisa maju dan bisa mundur di jalan yang datar tetapi tidak kuat di tanjakan Banyak sekali ya pembahasan pada forklift matic...masih mau di lanjut......? Jika sedang mengalami permasalahan pada forklift matic seperti ini santai saja kita selesaikan permasalahannya satu persatu. Langkah yang pertama adalah perhatikan dengan seksama kerusakan forklift matic anda seperti apa ...? Setelah mengetahui dengan pasti kita ...

Transmisi automatic Forklift tidak bisa maju ( Part V )

 Kanvas kopling rusak penyebab forklift matic tidak bisa jalan maju mundur

Di artikel sebelumnya sudah di bahas beberapa penyebab transmisi automatic tidak bisa maju yaitu kerusakan pada tuas selenoid valve control ring seal piston sikring, jika itu semua dalam keadaan baik baik saja kita lanjutkan pembahasan selanjutnya pada disck cluth kanvas kopling aus menyebabkan kegagalan pada kinerja transmisi automatic.
     Fungsi dan cara kerja kanvas kopling
Disck cluth adalah sparepart atau komponen pada transmisi automatic yang berfungsi menyalurkan tenaga putaran dari mesin menuju gardan untuk selanjutnya menggerakan roda.

     Cara kerja kanvas kopling pada transmisi automatic

yaitu pada saat mesin hidup posisi tuas masih dalam keadaan netral putaran dari mesin belum di sambung ke gear output yang ke gardan karena belum ada perintah dari tuas untuk membuka jalur oli menekan kanvas kopling,putaran mesin cuma sampai di belakang kanvas saja yaitu berada gear shaft input.
Selanjutnya jika tuas di gerakan ke posisi maju secara otomatis tuas mengirim perintah arus listrik ke selenoid untuk membuka jalur oli.
jika jalur oli sudah terbuka akan mendorong piston kemudian mendorong kanvas kopling dan tersambung dengan gear output disitulah kanvas kopling bekerja menyalurkan tenaga dari mesin menuju gardan kemudian kalau poisisi tuas di netralkan selenoid juga menutup jalur oli begitu seterusnya.
Setelah kita mengetahui fungsi dan cara kerja kanvas kopling transmisi automatic tentu tidak boleh ada kegagalan di komponen tersebut.

     Penyebab kerusakan kanvas kopling pada transmisi automatic

  • aus faktor usia pemakaian
  • kualitas sparepart rendah
  • oli transmisi berkurang
  • pompa transmisi rusak
  • ring seal piston rusak
Solusi mengatasinya ganti kanvas kopling yang kualitas bagus atau original ukur ketebalan sesuaikan dengan aslinya rendam dengan oli ATF sebelum di pasang.
pada saat pemasangan ukur celah antara kanvas kopling dengan plat pressure jangan terlalu rapat kasih kerenggangan dengan toleransi antara 50 sampai 70mm.
Selesai pemasangan jangan lupa cek dan croscek caranya siapkan kompresor lalu putar kanvas koping dan tidak boleh macet kemudian kasih tekanan angin melalui jalur oli yang ada di belakang piston pada saat ada tekanan angin kanvas kopling harus terdorong dan macet tidak bisa di putar,jika angin di lepas sebaliknya kanvas harus bisa di putar kembali.
     Sebagai catatan angin kompresor pengganti tekanan oli bagi yang tidak punya pressure gauge atau alat pengukur tekanan.
Untuk service forklift berikutnya cara mengatasi transmisi automatic tidak bisa jalan maju baca di Part VI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MESIN DIESEL PADA MOBIL FORKLIFT MAUPUN ALAT BERAT SUSAH HIDUP.....? COBA CEK YANG BERIKUT INI

mesin diesel baik pada forklift truck maupun alat berat susah di hidupkan pada saat pagi hari maupun setelah sehabis mesin di matikan memang terasa menjengkelkan..... terkadang ada hal kecil terlihat sepele namun sering luput dari pemeriksaan kita,kalau hal itu terjadi coba periksa hal berikut ini yang terkadang kita lupakan anatara lain kebocoran pada pipa atau selang solar dari tangki menuju filter solar bila terjadi retak atau clamp pengikat kendor,selang sudah rapuh mengakibatkan mesin sangat susah di hidupkan terdapat kotoran di tangki solar yang menyumbat sehingga solar mampat terkadang ada juga pipa solar di tangki yang di lengkapi dengan strainer atau saringan yang sangat lembut tersumbat kotoran ring solar baik yang dari tembaga maupun dari ring seal yang terpasang di neple filter solar sudah ausmtidak rata ataupun sobek itu juga menyebabkan mesin susah sekali di hidupkan neple solar yang terdapat di injektion pump terkadang ada yang di lengkapi dengan saringan kalau ...

Penyebab Transmisi Automatic Tidak Bisa Jalan | Mobil Forklift Wheelloader

Cara Mengetahui Kerusakan Transmisi Automatic  penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan baik pada mobil forklift maupun alat berat ada beberapa hal antara lain  oli berkurang saringan oli transmisi kotor atau rusak pipa atau selang menuju carging pump bocor  pedal kopling selalu menekan pedal macet tidak berbalik carging pump aus atau rusak ring shaft input aus  kanvas kopling dan plat aus atau rusak kelistrikan dan selenoid rusak khusus yang sudah menggunakan valve selenoid spool,pegas dan piston pada valve control aus atau cacat converter lemah atau rusak bagian ini agak jarang terjadi tapi bukan berarti tidak bisa rusak kami katakan jarang terjadi di bandingkan dengan item di atas yang umum dan lebih sering terjadi Dari beberapa permasalahan di atas kerusakan yang sering terjadi yaitu pada kanvas kopling,ring piston,kelistrikan dan selenoid, saringan oli mampat  serta carging pump rusak. mari kita bahas bersama penyebab dan akibatnya...

Penyebab Hidraulik Forklift Excavator Buldozer Whelloader Tidak Mau Naik

Penyebab Hidraulik Forklift dan Alat Berat Tidak Mau Naik      Sering kita mendengar forklift  tidak kuat naik atau tidak kuat mengangkat beban padahal beban yang di angkat di bawah kekuatan dari tonase itu sendiri.tentu hal itu sangat menggangu aktifitas pada pemakainya.sebagian besar bila tidak mau naik mengatakan pompa hidrauli rusak itu wajar karena pompa adalah sumber dari tenaga hidraulik. dalam artikel   kali ini saya mencoba membahas beberapa penyebabnya anatara lain 1. OLI jika oli berkurang menyebabkan sistim hidraulik tidak mau atau tidak kuat untuk mengangkat beban bahkan mengangkat garpu sendiri tanpa bebanpun akan sangat susah karena fungsi dari oli adalah sebagai cairan yang di gunakan untuk mendorong tekanan pada piston di setiap tabung.di samping itu juga oli berfungsi sebagai pelumas dari gesekan material agar tidak cepat terjadi kerusakan 2.SARINGAN OLI saringan oli atau filter oli kotor dan rusak menyebabkan hidraulik tidak kuat n...