Langsung ke konten utama

Mengenal Beberapa Jenis Transmisi Automatic Forklift Wheelloader Buldozer dan Cara Memperbaikinya

     Service Forklift mengenal dan mengetahui beberapa jenis model transmisi automatic pada wheelloader buldozer forklift mobil dan alat berat dan cara mengatasi kerusakannya.

Kenapa kita perlu mengetehaui jenis jenis dan model transmisi automatic tentunya agar pada saat mengalami kendala kerusakan kita sudah tahu jenis dan modelnya karena setiap model tentunya cara merawat dan memperbaikinya juga akan berbeda.
     Berkembangnya jaman dan kemajuan tekhnologi saat ini transmisi automatic juga ikut mengalami perubahan langsung saja kita bahas bersama.

Transmisi automatic di bagi menjadi beberapa jenis antara lain;

1.AT automatic transmission

2.HST hidrostatic transmission

Automatic transmisi  konvensional juga mengalami perkembangan lagi ada jenis CVT continous variabel transmission jenis ini banyak di gunakan pada mobil saat ini.
Jenis Transmisi automatic konvensional banyak di gunakan pada forklift wheelloader dan alat berat yang lain.

forklift matic tidak bisa maju mundur

Sedangkan pada model Hidrostatic transmission banyak di gunakan pada wheelloader dan alat berat yang lain.Untuk cara kerja dan permaslahan pada HTS lebih cenderung ke hidraulik system,
     Komponen komponen pada transmisi automatic konvensional dan transmisi model hidrostatic transmission juga banyak perbedaan antara lain

Transmisi automatic konvensional terdiri dari 

Disck cluth
Converter
Ring seal
Plat pressure
Carging pump
Piston

Hidrostatic Transmission 

Variabel pump 
Big torque variabel motor 
High speed motor
Itu beberapa perbedaan komponen yang sangat mencolok antara transmisi automatic konvensional dengan Hidrostatic transmission
     Dengan mengetahui beberapa jenis dan model transmisi automatic kita bisa mengenal cara merawat dan menganalisa jika terjadi kerusakan seperti
Tidak bisa maju mundur
Tidak mau jalan sama sekali
Tidak bisa maju saat kondisi sudah panas dan sebagainya
     Untuk pembahasan mengenai gejala kerusakan dan cara mengatasi permasalahan pada transmisi automatic baik konvensional maupun hidrostatic transmission baik pada forklift wheelloader buldozer bisa di baca postingan artikel di bawah ini









     

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MESIN DIESEL PADA MOBIL FORKLIFT MAUPUN ALAT BERAT SUSAH HIDUP.....? COBA CEK YANG BERIKUT INI

mesin diesel baik pada forklift truck maupun alat berat susah di hidupkan pada saat pagi hari maupun setelah sehabis mesin di matikan memang terasa menjengkelkan..... terkadang ada hal kecil terlihat sepele namun sering luput dari pemeriksaan kita,kalau hal itu terjadi coba periksa hal berikut ini yang terkadang kita lupakan anatara lain kebocoran pada pipa atau selang solar dari tangki menuju filter solar bila terjadi retak atau clamp pengikat kendor,selang sudah rapuh mengakibatkan mesin sangat susah di hidupkan terdapat kotoran di tangki solar yang menyumbat sehingga solar mampat terkadang ada juga pipa solar di tangki yang di lengkapi dengan strainer atau saringan yang sangat lembut tersumbat kotoran ring solar baik yang dari tembaga maupun dari ring seal yang terpasang di neple filter solar sudah ausmtidak rata ataupun sobek itu juga menyebabkan mesin susah sekali di hidupkan neple solar yang terdapat di injektion pump terkadang ada yang di lengkapi dengan saringan kalau

Penyebab Hidraulik Forklift Excavator Buldozer Whelloader Tidak Mau Naik

Penyebab Hidraulik Forklift dan Alat Berat Tidak Mau Naik      Sering kita mendengar forklift  tidak kuat naik atau tidak kuat mengangkat beban padahal beban yang di angkat di bawah kekuatan dari tonase itu sendiri.tentu hal itu sangat menggangu aktifitas pada pemakainya.sebagian besar bila tidak mau naik mengatakan pompa hidrauli rusak itu wajar karena pompa adalah sumber dari tenaga hidraulik. dalam artikel   kali ini saya mencoba membahas beberapa penyebabnya anatara lain 1. OLI jika oli berkurang menyebabkan sistim hidraulik tidak mau atau tidak kuat untuk mengangkat beban bahkan mengangkat garpu sendiri tanpa bebanpun akan sangat susah karena fungsi dari oli adalah sebagai cairan yang di gunakan untuk mendorong tekanan pada piston di setiap tabung.di samping itu juga oli berfungsi sebagai pelumas dari gesekan material agar tidak cepat terjadi kerusakan 2.SARINGAN OLI saringan oli atau filter oli kotor dan rusak menyebabkan hidraulik tidak kuat naik karena sebelum masuk

Penyebab Transmisi Automatic Tidak Bisa Jalan | Mobil Forklift Wheelloader

Cara Mengetahui Kerusakan Transmisi Automatic  penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan baik pada mobil forklift maupun alat berat ada beberapa hal antara lain  oli berkurang saringan oli transmisi kotor atau rusak pipa atau selang menuju carging pump bocor  pedal kopling selalu menekan pedal macet tidak berbalik carging pump aus atau rusak ring shaft input aus  kanvas kopling dan plat aus atau rusak kelistrikan dan selenoid rusak khusus yang sudah menggunakan valve selenoid spool,pegas dan piston pada valve control aus atau cacat converter lemah atau rusak bagian ini agak jarang terjadi tapi bukan berarti tidak bisa rusak kami katakan jarang terjadi di bandingkan dengan item di atas yang umum dan lebih sering terjadi Dari beberapa permasalahan di atas kerusakan yang sering terjadi yaitu pada kanvas kopling,ring piston,kelistrikan dan selenoid, saringan oli mampat  serta carging pump rusak. mari kita bahas bersama penyebab dan akibatnya kawan.....   Kur