penggantian brake sitem pada forklift tcm fd 30 z8c ini kami lakukan di service forklift tangerang tepatnya di kawasan cikupa mas.berawal dari keluhan OPERATOR FORKLIFT yang melaporkan kondisi forklift tcm kapasitas 3 ton bermasalah di bagian rem tidak berfungsi.
setelah kami melakukan pengecekan ternyata di ketahui minyak rem di tanki sudah habis,lalu kami melakukan pengecekan ke semua sytem brake dan di ketahui ternyata kebocoran sudah terjadi di brake master assy dan cilinder assy whell.
selanjutnya kami langsung melakukan service forklift di bagian brake sytem langkah awal yang kami bongkar adalah dengan mengendurkan baud as roda dengan cara tempatkan forklift pada posisi aman kemudian turunkan fork atau garpu sampai menyentuh lantai kemudian tarik hand rem atau rem tangan untuk lebih aman ganjal ban depan dan belakang berikut ini gambarnya
setelah itu kendurkan menggunakan mata kunci sock 17mm lalu setelah semuanya kendur dan terlepas tarik keluar as roda seperti ini
kemudian setelah as roda terlepas langkah selanjutny kita jack forklift agar roda depan terangkat untuk memudahkan pembongkaran ban berikut tromolnya seperti ini gambarnya
caranya yaitu tarik handel tilt sampai mast atau tiang forklift mundur dan mentok habis ke belakang kemudian taruh balok di bawah mast atau tiang forklift seperti gambar di atas kemudian dorong ke depan handel tilt secara otomatis pasti ban dapan berikut body forklift akan terangkat.
kemudian langkah selanjutnya kendurkan dan lepas mur pada hub penahan bearing serta lepaskan beraing roda depan seperti gambar di bawah ini
ini yang kami lakukan di service forklift tangerang tepatnya di kawasan cikupa mas.kemudian setelah bearing dan mur terlepas tarik ban berikut tromol keluar seperti gambar berikut ini
setelah roda berikut tromol terlepas kami langsung melakukan pengecekan juga di bagian kanvas rem ternyata ada kebocoran oli gardan sudah membasahi tromol dan kanvas juga.penyebabnya dari seal roda yang sudah rusak.
setelah pemeriksaan kerusakan selesai lalu kami cucu semua menggunakan solar agar kotoran debu yang bercampur oli mudah di bersihkan kemudian bilas dengan air di campur detergent.
sekarang saatnya pemasangan dan perakitan kembali di awali dengan sparepart yang di bongkar terakhir harus di pasang terlebih dahulu saat pemasangan dan perakitan yaitu pemasangan ;
-cilinder assy whel
-pemasangan kanvas rem
itu urutan yang pertama dan hasilnya seperti ini
kemudian pasang seal roda ganti dengan yang baru kemudian pasang tromol berikut ban lalu pasang bearing dan mur penguncinya
setelah selesai lakukan pembuangan angin yang terdapat di pipa rem dan setel rem dengan cara mengadjust sampai berhenti kemudian kendorkan kembali dua putaran setelah selesai baru pasang kembali as roda dan kencangkan baud pengikatnya
ini hasil akhir dan siap untuk di ruuning test itu yang kami lakukan pada saat melakukan service forklift di tangerang banten selamat mencoba.sampai ketemu lagi di artikel berikutanya