Mesin diesel cepat panas
jasa service forklift diesel dan elektrik
pusing dengan mesin yang selalu panas ...padahal- radiator sudah di service
- air tidak ada yang bocor
- cilinder head tidak retak packing head juga bagus
- kipas normal
- water pump oke
- kompresi pembakaran tidak bocor
Tapi tetap aja mesin selalu panas dan jika di biarkan overheating terus menerus tidak menutup kemungkinan cilinder head,stang piston bengkok piston memuai mesin macet apalagi kalu mesin baru di overhoul tentu akan menguras tenaga biaya dan uang lagi pastinya
mesin forklift excavator buldozer panas
Selain item di atas penyumbang panas pada sistim pendingin mesin baik pada mobil forklift maupun alat berat coba perhatikan gambar berikut
Ini adalah gambar cooling sistem pada mesin isuzu C240 dan perhatikan item no 23,24,30 dimana pada saat mesin di hidupkan air akan melewati ke tiga item tersebut.lalu dimana letak permasalahan yang bisa menyebabkan panas terus menerus......?
Mari kita simak bersama sistim kerja pendingin pada mesin mobil forklift maupun alat berat adalah air dingin dari radiator di sedot oleh water pump menuju block mesin yang panas akibat pembakaran, setelah air mendinginkan block mesin lalu air menuju ke cilinder head dan akan kembali ke radiator untuk didinginkan kembali seterusnya seperti itu.
Disinilah letak kendala yang bisa menimbulkan
radiator mesin forklift excavator buldozer dan wheeloader jadi panas terus
Apabila item no 24 tidak berfungsi dengan baik atau rusak.
Pada saat air panas berada di cilinder head dan akan mengalir menuju radiator akan melewati item no 30 yaitu housing pada saat mesin masih dingin dan belum panas air dari cilinder head menuju housing dan di kembalikan lagi ke mesin lewat hose by pas di water pump jadi sirkulasinya cuma berputar di sekitar water pump block mesin cilinder head housing dan kembali lagi ke water pump.
Tapi pada saat mesin sudah panas dan butuh pendingin air harus di dinginkan di radiator melewati item no 24 yaitu thermostat termostat akan membuka pada saat temperatur panas dan suhu tertentu baru terbuka setelah terbuka air akan melewati item no 23 yaitu pipa menuju radiator begitulah sirkulasi seterusnya.
jadi apabila temperatur mesin sudah panas dan air harus di dinginkan di radiator sementara valve thermostat rusak tidak mau membuka tentulah mesin akan selalu panas terus menerus karena air panas tidak masuk ke radiator dengan sempurna.inilah salah satu penyebab mesin panas.
Hal lain yang juga bisa menimbulkan mesin panas terus menerus selain penjelasan mari kita lihat gambar berikut tapi gambar berikut ini khusus buat mesin diesel yang menggunakan ijection rotari
di atas adalah gambar part catalog injection pump rotari mesin isuzu C240PKJ dengan urutan pembakaran 1-3-4-2 lihat gambar di bawah ini dan posisi pipa solar yang harus terpasang
Pada saat melakukan overhoul engine atau cuma membongkar injection pump untuk di kalibrasi misalnya khususnya mesin diesel dengan injection pump rotari perhatikan firing order dan letak posisi pipa karena bentuk pipa yang berlekuk lekuk dan bisa di pasang tertukar sering mengakibatkan mesin menjadi panas dan suara mesin juga tidak stabil.gambar di atas adalah tampak dari depan posisi pemasangan pipa di mana pojok kanan atas adalah posisi pipa no 1 harus terhubung ke nozle di cilinder no 1 juga begitu seterusnya.
Tapi...jika pemasangan terbalik posisi pipa no 1 di pasang ke nozle no3 terkadang tertukar atau sebaliknya di situlah mesin tetap hidup tapi temperatur menjadi sangat cepat panas dan suara mesin tidak stabil,terkadang hal seperti ini yang yang menimbulkan permasalahan karena kecerobohan kita.sementara pada saat otak sudah pusing kita cari tau dimana letak penyebab panasnya padahal semua hal di atas sudah bagus..ternyata salah pemasangan pipa saja...
demikian hal hal lain yang kadang terlupakan tapi menjadi bumerang semoga bermanfaat demikian pembahasan
beberapa penyebab mesin forklift mobil excavator buldozer wheeloader selalu panas terus
Salam ....