Langsung ke konten utama

Jasa Service Forklift Penyebab Mesin Excavator dan Wheeloader panas

 Mesin diesel cepat panas

jasa service forklift diesel dan elektrik
pusing dengan mesin yang selalu panas ...padahal
  • radiator sudah di service
  • air tidak ada yang bocor
  • cilinder head tidak retak packing head juga bagus
  • kipas normal
  • water pump oke
  • kompresi pembakaran tidak bocor
Tapi tetap aja mesin selalu panas dan jika di biarkan overheating terus menerus tidak menutup kemungkinan cilinder head,stang piston bengkok piston memuai mesin macet apalagi kalu mesin baru di overhoul tentu akan menguras tenaga biaya dan uang lagi pastinya

mesin forklift excavator buldozer panas

Selain item di atas penyumbang panas pada sistim pendingin mesin baik pada mobil forklift maupun alat berat coba perhatikan gambar berikut

penyebab mesin mobil forklift excavator buldozer wheeloader panas terus

Ini adalah gambar cooling sistem pada mesin isuzu C240 dan perhatikan item no 23,24,30 dimana pada saat mesin di hidupkan air akan melewati ke tiga item tersebut.lalu dimana letak permasalahan yang bisa menyebabkan panas terus menerus......?
Mari kita simak bersama sistim kerja pendingin pada mesin mobil forklift maupun alat berat adalah air dingin dari radiator di sedot oleh water pump menuju block mesin yang panas akibat pembakaran, setelah air mendinginkan block mesin lalu air menuju ke cilinder head dan akan kembali ke radiator untuk didinginkan kembali seterusnya seperti itu. 
     Disinilah letak kendala yang bisa menimbulkan 

radiator mesin forklift excavator buldozer dan wheeloader jadi panas terus

     Apabila item no 24 tidak berfungsi dengan baik atau rusak.
Pada saat air panas berada di cilinder head dan akan mengalir menuju radiator akan melewati item no 30 yaitu housing pada saat mesin masih dingin dan belum panas air dari cilinder head menuju housing dan di kembalikan lagi ke mesin lewat hose by pas di water pump jadi sirkulasinya cuma berputar di sekitar water pump block mesin cilinder head housing dan kembali lagi ke water pump.
     Tapi pada saat mesin sudah panas dan butuh pendingin air harus di dinginkan di radiator melewati item no 24 yaitu thermostat termostat akan membuka pada saat temperatur panas dan suhu tertentu baru terbuka setelah terbuka air akan melewati item no 23 yaitu pipa menuju radiator begitulah sirkulasi seterusnya.
jadi apabila temperatur mesin sudah panas dan air harus di dinginkan di radiator sementara valve thermostat rusak tidak mau membuka tentulah mesin akan selalu panas terus menerus karena air panas tidak masuk ke radiator dengan sempurna.inilah salah satu penyebab mesin panas.
     Hal lain yang juga bisa menimbulkan mesin panas terus menerus selain penjelasan mari kita lihat gambar berikut tapi gambar berikut ini khusus buat mesin diesel yang menggunakan ijection rotari

mesin mobil forklift truck excavator buldozer genzet wheeloader selalu panas

di atas adalah gambar part catalog injection pump rotari mesin isuzu C240PKJ dengan urutan pembakaran 1-3-4-2 lihat gambar di bawah ini dan  posisi pipa solar yang harus terpasang 

bila mesin mobil forklift dan alat berat selalu panas

     Pada saat melakukan overhoul engine atau cuma membongkar injection pump untuk di kalibrasi misalnya khususnya mesin diesel dengan injection pump rotari perhatikan firing order dan letak posisi pipa karena bentuk pipa yang berlekuk lekuk dan bisa di pasang tertukar sering mengakibatkan mesin menjadi panas dan suara mesin juga tidak stabil.gambar di atas adalah tampak dari depan posisi pemasangan pipa di mana pojok kanan atas adalah posisi pipa no 1 harus terhubung ke nozle di cilinder no 1 juga begitu seterusnya.
     Tapi...jika pemasangan terbalik posisi pipa no 1 di pasang ke nozle no3 terkadang tertukar atau sebaliknya di situlah mesin tetap hidup tapi temperatur menjadi sangat cepat panas dan suara mesin tidak stabil,terkadang hal seperti ini yang yang menimbulkan permasalahan karena kecerobohan kita.sementara pada saat otak sudah pusing kita cari tau dimana letak penyebab panasnya padahal semua hal di atas sudah bagus..ternyata salah pemasangan pipa saja...
demikian hal hal lain yang kadang terlupakan tapi menjadi bumerang semoga bermanfaat demikian pembahasan

beberapa penyebab mesin forklift mobil excavator buldozer wheeloader selalu panas terus

Salam ....




Postingan populer dari blog ini

MESIN DIESEL PADA MOBIL FORKLIFT MAUPUN ALAT BERAT SUSAH HIDUP.....? COBA CEK YANG BERIKUT INI

mesin diesel baik pada forklift truck maupun alat berat susah di hidupkan pada saat pagi hari maupun setelah sehabis mesin di matikan memang terasa menjengkelkan..... terkadang ada hal kecil terlihat sepele namun sering luput dari pemeriksaan kita,kalau hal itu terjadi coba periksa hal berikut ini yang terkadang kita lupakan anatara lain kebocoran pada pipa atau selang solar dari tangki menuju filter solar bila terjadi retak atau clamp pengikat kendor,selang sudah rapuh mengakibatkan mesin sangat susah di hidupkan terdapat kotoran di tangki solar yang menyumbat sehingga solar mampat terkadang ada juga pipa solar di tangki yang di lengkapi dengan strainer atau saringan yang sangat lembut tersumbat kotoran ring solar baik yang dari tembaga maupun dari ring seal yang terpasang di neple filter solar sudah ausmtidak rata ataupun sobek itu juga menyebabkan mesin susah sekali di hidupkan neple solar yang terdapat di injektion pump terkadang ada yang di lengkapi dengan saringan kalau

Penyebab Hidraulik Forklift Excavator Buldozer Whelloader Tidak Mau Naik

Penyebab Hidraulik Forklift dan Alat Berat Tidak Mau Naik      Sering kita mendengar forklift  tidak kuat naik atau tidak kuat mengangkat beban padahal beban yang di angkat di bawah kekuatan dari tonase itu sendiri.tentu hal itu sangat menggangu aktifitas pada pemakainya.sebagian besar bila tidak mau naik mengatakan pompa hidrauli rusak itu wajar karena pompa adalah sumber dari tenaga hidraulik. dalam artikel   kali ini saya mencoba membahas beberapa penyebabnya anatara lain 1. OLI jika oli berkurang menyebabkan sistim hidraulik tidak mau atau tidak kuat untuk mengangkat beban bahkan mengangkat garpu sendiri tanpa bebanpun akan sangat susah karena fungsi dari oli adalah sebagai cairan yang di gunakan untuk mendorong tekanan pada piston di setiap tabung.di samping itu juga oli berfungsi sebagai pelumas dari gesekan material agar tidak cepat terjadi kerusakan 2.SARINGAN OLI saringan oli atau filter oli kotor dan rusak menyebabkan hidraulik tidak kuat naik karena sebelum masuk

Penyebab Transmisi Automatic Tidak Bisa Jalan | Mobil Forklift Wheelloader

Cara Mengetahui Kerusakan Transmisi Automatic  penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan baik pada mobil forklift maupun alat berat ada beberapa hal antara lain  oli berkurang saringan oli transmisi kotor atau rusak pipa atau selang menuju carging pump bocor  pedal kopling selalu menekan pedal macet tidak berbalik carging pump aus atau rusak ring shaft input aus  kanvas kopling dan plat aus atau rusak kelistrikan dan selenoid rusak khusus yang sudah menggunakan valve selenoid spool,pegas dan piston pada valve control aus atau cacat converter lemah atau rusak bagian ini agak jarang terjadi tapi bukan berarti tidak bisa rusak kami katakan jarang terjadi di bandingkan dengan item di atas yang umum dan lebih sering terjadi Dari beberapa permasalahan di atas kerusakan yang sering terjadi yaitu pada kanvas kopling,ring piston,kelistrikan dan selenoid, saringan oli mampat  serta carging pump rusak. mari kita bahas bersama penyebab dan akibatnya kawan.....   Kur