Penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan Langsung saja ya kita bahas permasalahan pada forklift automatic yang tidak bisa jalan maju ataupun mundur. Beberapa permasalahan pada forklift matic adalah Tidak bisa maju dan tidak bisa mundur sama sekali Tidak bisa maju tapi bisa mundur Bisa mundur tapi tidak bisa maju Bisa maju dan bisa mundur tapi pada saat masih dingin Tidak bisa maju dan tidak bisa mundur pada saat sudah panas saja Pada saat sudah panas tidak bisa maju tetapi bisa mundur Pada saat sudah panas tidak bisa mundur tetapi bisa maju Bisa maju dan bisa mundur di jalan yang datar tetapi tidak kuat di tanjakan Banyak sekali ya pembahasan pada forklift matic...masih mau di lanjut......? Jika sedang mengalami permasalahan pada forklift matic seperti ini santai saja kita selesaikan permasalahannya satu persatu. Langkah yang pertama adalah perhatikan dengan seksama kerusakan forklift matic anda seperti apa ...? Setelah mengetahui dengan pasti kita ...
TRAGEDI KECELAKAAN MESIN TRUCK TRONTON JATUH DI ALAS ROBAN SERVICE FORKLIFT DI JALUR PANTURA PEKALONGAN SEMARANG
kisah pengalaman beberapa tahun yang lalu tragedi kecelakaan mesin tronton jatuh di wilayah alas roban jalur pantura pekalongan semarang tepatnya di jalan raya subah 4 km setelah SPBU COCO arah semarang.kejadian berawal saat team service forklift melakukan perawatan preventive maentenance truck tronton yang berjumlah kurang lebih 27 unit armada truck di wilayah kragilan serang banten.semua armada truck lintas antar provinsi jalurnya antara lain serang banten kudus bandung karawang jakarta dan kembali lagi ke pool di kragilan serang banten.
saat itu truck tronton mitsubishi PS220 6X4 ganjo yang di kemudikan saudara tajid dengan helper saudara moeslim bertugas mengirim barang ke wilayah kudus berangkat sekitar pukul 004 dini hari dengan harapan menghindari kemacetan di jalan.berjalan sekitar 8 jam perjalanan tiba tiba petugas expedisi di pool kragilan serang menerima laporan via telpon dari driver saudara tajid yang menyatakan bahwa truck yang di kemudikan mogok di alas roban jalur pantura pekalongan semarang tapi tidak dengan jelas posisi tepatnya di mana,dan kemudian petugas expedisi melaporkan hal ini ke team service forklift untuk segera mengatasi hal ini.lalu kami menyiapkan peralatan kerja secukupnya dan berangkat storing terdiri dari dua personil mekanik dan satu driver sekitar pukul 22.00 kami berangkat dari pool kragilan serang banten langsung masuk tol di gerbang tol ciujung kragilan serang banten.
DI TILANG POLISI
dalam perjalanan setelah keluar pintu tol cikampek (saat itu belum ada tol cipali) driver saudara edi terlihat kecapaian membawa kendaraan dan minta di ganti tetapi saya pribadi saat itu tidak memiliki SIM dan rekan kami p.sidik juga SIM nya sudah kadaluarsa maklum saja p.sidiq usianya sudah lebih tua dari kami jadi SIM pak sidiq sepertinya tidak di perpanjang lagi mengingat beliau sudah jarang mengemudikan kendaraan.terpaksa kami istirahat di cikampek sekitar 1 jam.setelah badan terasa fit kami melanjutkan perjalanan di jalan tol kanci driver terlihat tidak kuat mengemudikan kendaraan karena ngantuk dan dengan terpaksa akhirnya p.sidiq mengambil alih mengemudi dan saudara edi duduk di tengah. saat memasuki pintu gerbang keluar tol di pertigaan ada razia surat surat kendaraan kami pun di stop dan p.sidiq menepikan kendaraan sebelum petugas menghampiri saat kendaraan sudah menepi dengan serta merta p.sidiq dan saudara edi bertukar tempat duduk jadi pada saat petugas datang posisi edi sudah tepat di belakang kemudi....beruntung petugas yang menyetop dengan petugas yang menghampiri kami berbeda.pemeriksaan surat surat selesai kami di suruh melanjutkan perjalanan dengan pesan supaya kami berhati hati.
tapi lagi lagi ....memasuki wilayah brebes saudara edi terlihat kecapaian dengan terpaksa p.sidiq kembali yang mengemudi.memasuki kota tegal p.sidiq lupa menggunakan sabuk pengaman dan di situlah kami di tilang dan harus membayar denda.
PENCARIAN TRUCK TRONTON YANG MOGOK
memasuki kota batang kami berusaha menghubungi sdr.tajid untuk mengetahui keberadaan lokasi trucknya,awalnya kami mendapat info lokasi mogok di banyu putih tapi karena sama sama kita tidak hafal daerah tersebut kamipun kebingungan dan di perparah sdr,tajid tidak bisa di hubungi lagi. dan no handphone tidak aktif terpaksa kami berjalan perlahan di mana setiap pool dan pangkalan truck kami masuki untuk mencari informasi memasuki jalan raya subah selepas rumah makan aldila jalanan mulai macet, semakin maju semakin macet kami semua berfikir apa penyebabnya kemacetan setelah melewati pom bensin coco baru terlihat dengan jelas ternyata penyebabnya truck tronton yang mogok yang sedang kita cari.posisi truck yang panjang menyebabkan kemacetan karena posisi agak serong dan hampir memenuhi semua badan jalan.
langsung kami berusaha menepikan kendaraan walaupun belum istirahat setelah menempuh perjalanan yang cukup melelahkan mengingat kondisi truck yang menimbulkan kemacetan dan banyak pengguna jalan yang komplain.setelah menerima laporan dari sdr.tajid bahwa truck tidak bisa di majukan lagi atau menepi karena mesin sudah tidak bisa hidup lagi juga mengingat muatan yang cukup berat jika di paksa menepi bisa terguling dan menyebabkan kemacetan akan bertambah parah.
kami berusaha keras dalam situasi yang darurat akhirnya truck berhasil kita tepikan ke pinggir jalan .lalu kami istirahat sekitar 2 jam untuk melepas lelah
OVERHOUL (TURUN MESIN) TRUCK TRONTON DI LOKASI MOGOK
setelah istirahat sejenak team service forklift melakukan pemeriksaan dan pembongkaran mesin di bantu oleh sdr.tajid dan muslim ternyata setelah di bongkar kerusakannya adalah
PEMBELIAN SPAREPART YANG SALAH
selesai pembongkaran saatnya pembelian sparepart kami menuju semarang kembali karena kota terdekat yang kami anggap ada penjualan sparepart mesin mitsubishi dengan type 6D16T.sampai di kota semarang kami menuju toko sparepart beberapa toko tidak menjual sparepart yang kami cari setelah mendapat informasi dari toko sebelumnya akhirnya kami mendapatkan toko yang menjual barang yang kami cari.setelah menjelaskan bahwa kami mencari linner,piston,packing full set type mesin mitsubishi 6D16T, pihak toko mengatakan ada dan lengkap barang original langsung kami negoisasi harga karna harganya lumayan mahal, kami minta jaminan bahwa sparepart betul betul cocok.pihak tokopun memberikan garansi barang pasti sesuai dengan kami cari.
tapi ternyata berbeda....beruntung sebelum meninggalkan toko kami membawa contoh dan sigmat. di luar toko barang kami buka dan di ukur menggunakan sigmat setiap sisi, ternyata ada perbedaan panjang liner dan diameter piston,lalu kami konfirmasi ke pihak toko dan minta penjelasan di situ sempat terjadi kebingungan karena sekilas barang memang sama persis bila tidak diukur menggunakan sigmat.setelah klraifikasi ternyata memang itu bukan punya type 6D16T tapi punya 6D16 tanpa T. di situlah letak perbedaannya kode T menandakan mesin menggunakan turbochager jadi buat pengalaman jika membeli sparepart jangan cuma berpatokan pada tipe saja bawa juga alat ukur biar tidak terjadi kesalahan.
PERAKITAN MESIN DAN AWAL DARI TRAGEDI MESIN JATUH DI ALAS ROBAN
setelah pengerjaan overhoul mesin selesai kurang lebih sekitar 6 hari lokasi mogok dan yang menjadikan lama karena membersihkan dan menyeating valve. lalu saatnya running test setelah engine di start langsung hidup, driver sdr,tajid bersorak kegirangan bahkan sampai membakar celana kerja sebagai tanda bisa melanjutkan perjalanan dan segera pulang.kamipun memantau mesin yag sedang running dari kebocoran oli,air dan kendala kendala lain.setelah di running sekitar 3 jam dan tidak ada gejala lain kami memastikan untuk melanjutkan perjalanan.kamipun mengawal sampai di perbatasan kendal setelah merasa aman sdr.tajid mempersilahkan kami pulang ke serang banten.
SETELAH GANTI KANVAS KOPLING TERJADI TRAGEDI TRANSMISI JATUH DI JALAN
selisih satu hari truck tronton yang di kendarai sdr.tajid sudah kembali ke pool di kragilan serang banten.team service forklift melakukan cek fisik semua fungsi komponen, ternyata ada sedikit overheating. setelah di lakukan pengencangan baud cilinder head menggunakan moment sudah kembali normal.lalu truck tersebut beroperasi seperti biasa menempuh rute serang semarang kudus bandung dan kembali ke pool.selang beberapa bulan truck tetap berjalan dengan lancar.
lalu menginjak bulan ke empat sepulang dari bandung sdr.tajid melaporkan bahwa truck yang di kemudikan ada suara kasar di bagian joint propeeler shaft bagian belakang.laporan tersebut di handle oleh team divisi automotif bukan ke team service forklift, karena di pool tersebut ada dua yaitu divisi automotif dan divisi alat berat .setelah di cek oleh divisi automotif dinyatakan truck sudah tidak ada masalah dan bisa berangkat ke kudus dengan membawa muatan.
berangkatlah seperti biasa truck tersebut lalu sesampainya di jalan raya subah tidak jauh dari lokasi dulu mogok, di situ truck mogok kembali lalu divisi automotif dari pool kragilan berangkat storing dengan membawa kanvas kopling dan peralatan seadanya kami sudah menyarankan untuk membawa team dan peralatan yang cukup tapi rupanya hal tersebut kurang di perhatikan.informasi yang kita dapat dari sdr.tajid sesampainya mekanik di lokasi langsung mengganti kanvas kopling, setelah selesai langsung running test.
cuma perlu di ketahui type mitsubishi PS220 6X4 ini di lengkapi dengan final ratio (eaton transmision) dengan 9 tingkat kecepatan dengan bahasa yang mudah di mengerti yaitu
di situlah terjadi sedikit ketegangan antara sopir dan mekanik yang saling menyalahkan kami cuma mendapat laporan dari pihak masing masing.lalu selanjutnya segera menyelesaikan agar truck bisa di bawa pulang ke lokasi pool di kragilan serang banten mengingat truck ada muatan yang sangat berat. setelah muatan di pindah ke truck lain lalu truck di derek dari alas roban semarang menuju serang banten.sesampainya di banten truck tronton tersebut di overhoul ulang setelah selesai lalu di jual sampai saat ini kami tidak tau lagi keberadaanya ada dimana.
itulah kisah suka duka team service forklift delapan tahun yang lalu tapi tetap terkenang sampai saat ini.
saat itu truck tronton mitsubishi PS220 6X4 ganjo yang di kemudikan saudara tajid dengan helper saudara moeslim bertugas mengirim barang ke wilayah kudus berangkat sekitar pukul 004 dini hari dengan harapan menghindari kemacetan di jalan.berjalan sekitar 8 jam perjalanan tiba tiba petugas expedisi di pool kragilan serang menerima laporan via telpon dari driver saudara tajid yang menyatakan bahwa truck yang di kemudikan mogok di alas roban jalur pantura pekalongan semarang tapi tidak dengan jelas posisi tepatnya di mana,dan kemudian petugas expedisi melaporkan hal ini ke team service forklift untuk segera mengatasi hal ini.lalu kami menyiapkan peralatan kerja secukupnya dan berangkat storing terdiri dari dua personil mekanik dan satu driver sekitar pukul 22.00 kami berangkat dari pool kragilan serang banten langsung masuk tol di gerbang tol ciujung kragilan serang banten.
DI TILANG POLISI
dalam perjalanan setelah keluar pintu tol cikampek (saat itu belum ada tol cipali) driver saudara edi terlihat kecapaian membawa kendaraan dan minta di ganti tetapi saya pribadi saat itu tidak memiliki SIM dan rekan kami p.sidik juga SIM nya sudah kadaluarsa maklum saja p.sidiq usianya sudah lebih tua dari kami jadi SIM pak sidiq sepertinya tidak di perpanjang lagi mengingat beliau sudah jarang mengemudikan kendaraan.terpaksa kami istirahat di cikampek sekitar 1 jam.setelah badan terasa fit kami melanjutkan perjalanan di jalan tol kanci driver terlihat tidak kuat mengemudikan kendaraan karena ngantuk dan dengan terpaksa akhirnya p.sidiq mengambil alih mengemudi dan saudara edi duduk di tengah. saat memasuki pintu gerbang keluar tol di pertigaan ada razia surat surat kendaraan kami pun di stop dan p.sidiq menepikan kendaraan sebelum petugas menghampiri saat kendaraan sudah menepi dengan serta merta p.sidiq dan saudara edi bertukar tempat duduk jadi pada saat petugas datang posisi edi sudah tepat di belakang kemudi....beruntung petugas yang menyetop dengan petugas yang menghampiri kami berbeda.pemeriksaan surat surat selesai kami di suruh melanjutkan perjalanan dengan pesan supaya kami berhati hati.
tapi lagi lagi ....memasuki wilayah brebes saudara edi terlihat kecapaian dengan terpaksa p.sidiq kembali yang mengemudi.memasuki kota tegal p.sidiq lupa menggunakan sabuk pengaman dan di situlah kami di tilang dan harus membayar denda.
PENCARIAN TRUCK TRONTON YANG MOGOK
memasuki kota batang kami berusaha menghubungi sdr.tajid untuk mengetahui keberadaan lokasi trucknya,awalnya kami mendapat info lokasi mogok di banyu putih tapi karena sama sama kita tidak hafal daerah tersebut kamipun kebingungan dan di perparah sdr,tajid tidak bisa di hubungi lagi. dan no handphone tidak aktif terpaksa kami berjalan perlahan di mana setiap pool dan pangkalan truck kami masuki untuk mencari informasi memasuki jalan raya subah selepas rumah makan aldila jalanan mulai macet, semakin maju semakin macet kami semua berfikir apa penyebabnya kemacetan setelah melewati pom bensin coco baru terlihat dengan jelas ternyata penyebabnya truck tronton yang mogok yang sedang kita cari.posisi truck yang panjang menyebabkan kemacetan karena posisi agak serong dan hampir memenuhi semua badan jalan.
langsung kami berusaha menepikan kendaraan walaupun belum istirahat setelah menempuh perjalanan yang cukup melelahkan mengingat kondisi truck yang menimbulkan kemacetan dan banyak pengguna jalan yang komplain.setelah menerima laporan dari sdr.tajid bahwa truck tidak bisa di majukan lagi atau menepi karena mesin sudah tidak bisa hidup lagi juga mengingat muatan yang cukup berat jika di paksa menepi bisa terguling dan menyebabkan kemacetan akan bertambah parah.
kami berusaha keras dalam situasi yang darurat akhirnya truck berhasil kita tepikan ke pinggir jalan .lalu kami istirahat sekitar 2 jam untuk melepas lelah
OVERHOUL (TURUN MESIN) TRUCK TRONTON DI LOKASI MOGOK
setelah istirahat sejenak team service forklift melakukan pemeriksaan dan pembongkaran mesin di bantu oleh sdr.tajid dan muslim ternyata setelah di bongkar kerusakannya adalah
- piston rusak 6 pcs
- liner rusak 6pcs
PEMBELIAN SPAREPART YANG SALAH
selesai pembongkaran saatnya pembelian sparepart kami menuju semarang kembali karena kota terdekat yang kami anggap ada penjualan sparepart mesin mitsubishi dengan type 6D16T.sampai di kota semarang kami menuju toko sparepart beberapa toko tidak menjual sparepart yang kami cari setelah mendapat informasi dari toko sebelumnya akhirnya kami mendapatkan toko yang menjual barang yang kami cari.setelah menjelaskan bahwa kami mencari linner,piston,packing full set type mesin mitsubishi 6D16T, pihak toko mengatakan ada dan lengkap barang original langsung kami negoisasi harga karna harganya lumayan mahal, kami minta jaminan bahwa sparepart betul betul cocok.pihak tokopun memberikan garansi barang pasti sesuai dengan kami cari.
tapi ternyata berbeda....beruntung sebelum meninggalkan toko kami membawa contoh dan sigmat. di luar toko barang kami buka dan di ukur menggunakan sigmat setiap sisi, ternyata ada perbedaan panjang liner dan diameter piston,lalu kami konfirmasi ke pihak toko dan minta penjelasan di situ sempat terjadi kebingungan karena sekilas barang memang sama persis bila tidak diukur menggunakan sigmat.setelah klraifikasi ternyata memang itu bukan punya type 6D16T tapi punya 6D16 tanpa T. di situlah letak perbedaannya kode T menandakan mesin menggunakan turbochager jadi buat pengalaman jika membeli sparepart jangan cuma berpatokan pada tipe saja bawa juga alat ukur biar tidak terjadi kesalahan.
PERAKITAN MESIN DAN AWAL DARI TRAGEDI MESIN JATUH DI ALAS ROBAN
setelah pengerjaan overhoul mesin selesai kurang lebih sekitar 6 hari lokasi mogok dan yang menjadikan lama karena membersihkan dan menyeating valve. lalu saatnya running test setelah engine di start langsung hidup, driver sdr,tajid bersorak kegirangan bahkan sampai membakar celana kerja sebagai tanda bisa melanjutkan perjalanan dan segera pulang.kamipun memantau mesin yag sedang running dari kebocoran oli,air dan kendala kendala lain.setelah di running sekitar 3 jam dan tidak ada gejala lain kami memastikan untuk melanjutkan perjalanan.kamipun mengawal sampai di perbatasan kendal setelah merasa aman sdr.tajid mempersilahkan kami pulang ke serang banten.
SETELAH GANTI KANVAS KOPLING TERJADI TRAGEDI TRANSMISI JATUH DI JALAN
selisih satu hari truck tronton yang di kendarai sdr.tajid sudah kembali ke pool di kragilan serang banten.team service forklift melakukan cek fisik semua fungsi komponen, ternyata ada sedikit overheating. setelah di lakukan pengencangan baud cilinder head menggunakan moment sudah kembali normal.lalu truck tersebut beroperasi seperti biasa menempuh rute serang semarang kudus bandung dan kembali ke pool.selang beberapa bulan truck tetap berjalan dengan lancar.
lalu menginjak bulan ke empat sepulang dari bandung sdr.tajid melaporkan bahwa truck yang di kemudikan ada suara kasar di bagian joint propeeler shaft bagian belakang.laporan tersebut di handle oleh team divisi automotif bukan ke team service forklift, karena di pool tersebut ada dua yaitu divisi automotif dan divisi alat berat .setelah di cek oleh divisi automotif dinyatakan truck sudah tidak ada masalah dan bisa berangkat ke kudus dengan membawa muatan.
berangkatlah seperti biasa truck tersebut lalu sesampainya di jalan raya subah tidak jauh dari lokasi dulu mogok, di situ truck mogok kembali lalu divisi automotif dari pool kragilan berangkat storing dengan membawa kanvas kopling dan peralatan seadanya kami sudah menyarankan untuk membawa team dan peralatan yang cukup tapi rupanya hal tersebut kurang di perhatikan.informasi yang kita dapat dari sdr.tajid sesampainya mekanik di lokasi langsung mengganti kanvas kopling, setelah selesai langsung running test.
cuma perlu di ketahui type mitsubishi PS220 6X4 ini di lengkapi dengan final ratio (eaton transmision) dengan 9 tingkat kecepatan dengan bahasa yang mudah di mengerti yaitu
- dobel gardan
- pada saat jalanan normal bisa menggunakan gardan satu
- bila jalanan atau medan berat bisa menggunakan atau di bantu gardan belakang yang dan tombol pengoprasiannya di handle transmisi dengan kode HIGH and LOW
- transmisi jatuh terseret sepanjang 50 meter cuma tertahan oleh kabel handrem saja
- kanvas kopling terlepas dan hampir mengenai rumah warga sekitar
- flywheel atau roda gila terpental jatuh
- housing mesin pecah beruntung sdr,tajid bisa mengendalikan truck dan berhasil memberhentikan dan menepi sehingga tidak ada korban jiwa.
di situlah terjadi sedikit ketegangan antara sopir dan mekanik yang saling menyalahkan kami cuma mendapat laporan dari pihak masing masing.lalu selanjutnya segera menyelesaikan agar truck bisa di bawa pulang ke lokasi pool di kragilan serang banten mengingat truck ada muatan yang sangat berat. setelah muatan di pindah ke truck lain lalu truck di derek dari alas roban semarang menuju serang banten.sesampainya di banten truck tronton tersebut di overhoul ulang setelah selesai lalu di jual sampai saat ini kami tidak tau lagi keberadaanya ada dimana.
itulah kisah suka duka team service forklift delapan tahun yang lalu tapi tetap terkenang sampai saat ini.