Service forklift electrical system pada mobil truck genzet maupun alat berat adalah bagian sistim kelistrikan atau kabel body sebagai alat perintah sebagai penggerak fungsi fungsi komponen dengan perkembangan tekhnologi yang semakin maju electrikal sistem banyak mengalami fungsi fungsi alat tambahan.tapi komponen dasarnya electrikal sistem hanya terdiri
- accu atau batrey
- kunci kontak
- dinamo stater
- kabel body
- sikring
- altenator atau dinamo amper
- relay
itu setandar kelistrikan pada mesin diesel baik pada mobil truck ataupun alat berat dan genzet sekalipun saat ini banyak alat bantu tambahan seperti
- ECU (electric control unit)
- SENSOR
dan masih banyak alat tambahan lainnya sesuai dengan type type unit model sekarang tapi itu akan kita bahas pada artikel yang berbeda di sini kita bahas mengenai sistim kelistrikan standar saja
untuk mengetahui penyebab kerusakan dari electrical system adalah dengan pemeriksaan secara cermat dan teliti masalah yang sering terjadi pada kelistrikan ini antara lain
- mesin tidak bisa di hidupkan atau di starter
- pada saat starter putaran mesin berat
- aki selalu lemah walaupun kondisi aki masih bagus
- tiba tiba mesin mati mendadak
untuk pemeriksaan selanjutnya
- pastikan batrey volttasenya cukup bagus
- sikring tidak putus
- relay berfungsi
- selanjutnya cek sambungan kabel batrey pastikan tidak terputus
- lalu kunci kontak harus berfungsi dengan baik.
bila semua hal diatas sudah di lakukan dan kondisinya baik kemungkinan dinamo starter bermasalah periksa dan perbaiki atau ganti.jika semua sudah dalam kondisi baik tapi mesin masih tidak bisa di starter apalagi di hidupkan kerusakan yang terjadi bisa di sebabkan bukan dari system kelistrikan kemungkinan penyebabnya dari mesin atau sistem bahan bakar yang tidak sempurna.
sebagai catatan mengatasi mesin yang mati mendadak khususnya mesin diesel yang menggunakan valve selenoid pada pompa injeksi yaitu cek dan periksa suplay arus listrik pastikan sampai di valve selenoid injeksi pompa,bila arus listrik normal sampe di valve selenoid kerusakan terjadi bukan dari sistem kelistrikan.
selanjutnya untuk mengetahui aki atau batrey yang selalu lemah walaupun kondisinya masih baru umpama baru sebulan atau seminggu tapi selalu drop coba cek sistim pengisian dari altenator kemungkinan mengalami masalah antara lain
- altenator tidak berfungsi atau rusak
- altenator bagus tetapi suplay line tidak sampai ke batrey dalam artian putus di tengah bisa kabelnya ataupun sikringnya yang putus
ayo kita lanjutkan service forklift berikutnya selain berfungsi sebagai perintah menghidupkan mesin dan pengisian batrey,sistim kelistrikan juga berfungsi untuk perintah ke automatic transmision yang menggunakan valve selenoid dimana valve selenoid merupakan pengganti dari linkage spool valve kontrol sistim kelistrikan di sini mempunyai peran yang sangat dominan karena kerja selenoid menggunakan arus listrik yang pada umumnya arus DC
hubungan antara kelistrikan dan trnsmisi automatic yang menggunakan valve seleniod seperti ini
- jika transmisi automatic yang menggunakan valve selenoid tidak bisa maju ataupun mundur periksa dahulu apakah arus listrik mencapai valve selenoid atau tidak dengan cara putar kunci kontak pada posisi ONN kemudian gerakan handle ke posisi maju atau F lalu periksa kabel yang ada di valve selenoid menggunakan tespen DC letakan kabel tespen di bodi atau terminal batrey negatif dan ujung tespen di kabel bila tespen menyala bisa di pastikan arus listrik sampe di valve selenoid dan lakukan juga untuk sebaliknya yaitu pada kabel valve selenoid yang mundur atau R dengan cara yang sama jika hasilnya bagus kemungkinan kerusakan transmisi automatic ada di valve selenoid yang terbakar atau transmisinya yang mengalami masalah jadi bukan dari sistim kelistrikan penyebabnya karena banyak kejadian transmisi automatic yang menggunakan valve selenoid tidak bisa maju ataupun mundur langsung di vonis overhoul ternyata setelah di lakukan overhoul transmisi hasilnya tetap sama cuma penyebabnya dari kelistrikan yang tidak berfungsi hal itu pernah terjadi pada kami ini sekedar shearing pengalaman saja..
sekarang kita lanjut service forklift kelistrikan ke bagian
- HAD LAMP lampu depan
- REAR LAMP lampu belakang
- dan ACC atau aksesoris
fungsi lain dari sistim kelistrikan adalah perintah mengidupkan lampu aksesoris klakson ataupun kontrol panel berikut adalah arus line dasar sistim kelistrikan untuk lampu
- batrey-relay batrey (jika di lengkapi)-menuju kunci kontak-lanjut menuju sikring-lanjut ke saklar-lanjut ke relay lampu(jika di lengkapi)-lanjut ke lampu kiri kanan dan depan belakang ini line atau arus dari terminal aki +
- untuk line dari terminal batrey min(-) batrey -lanjut ke body ataupun langsung menuju housing lampu itu kontruksi dasarnya begitu juga untuk klakson,sein dan aksesoris mekanismenya tidak jauh berbeda
itulah kontruksi dasar yang sangat sederhana sistim kelistrikan pada mobil truck alat berat dan genzet
nanti pada saat service forklift berikutnya akan kita bahas lanjutan artikelnya terima kasih
Skring 15A sering putus lampu jln sama lampu parkir tdk nyala
BalasHapuskemungkinan besar ada konsleting atau beban lampu tidak sesuai
HapusMaaf ka... Mau nanya nih ka... Dikerjaan saya mempunyai forklif elektrik CAT... Cuman dibagian lampu depan/jalan nya mati sedangkan lampunya masih bagus..... Solusinya ka. Terimakasih
BalasHapusforklift electric ada tiga model yang lifttruck operatornya berdiri counterbalance orangnya operatornya duduk atau palet mover ..ini model yang mana forkliftnya
HapusSetelah di starter tiba tiba muncul gambar KUNCI PAST pada FORKLIF dam setelah di panasi FORKLIF tidak bisa di STARTER dan indokator mati semua . Solisinya bagaimana ?MEKAN Tolong di beri penjelasannya
BalasHapusforklift merk apa kapasitas berapa ton..?
HapusSaya mau tanya kk saya punya forklipna sumitomo elktrik,
BalasHapusPas saya jemper kunci kontaknya di terbentur besi, pas itu langsung mati kontaknya, ga bisa di hidupkan lagi, itu kenapa yah kk
sudah di cek fuse atau sikringnya...?
Hapus