Langsung ke konten utama

CARA PERAWATAN KOPLING PADA FORKLIFT

     Service Forklift Cara perawatan dan penggantian kanvas kopling

Kopling pada forklift ada dua macam yaitu kopling manual dan kopling automatic. Baik kopling manual maupun kopling automatic keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing.

Kelebihan dari kopling manual adalah mudah cara perawatan,perbaikan serta penggantian spare part nya bila terjadi kerusakan ,biaya perawatan juga lebih murah di banding kopling automatic. Pengoprasiannya mudah bentuknya sangat sederhana.
Kekurangan dari kopling manual yaitu cepat aus kanvas koplingnya,cepat aus cluth cover dan fly whelnya serta butuh sedikit tenaga untuk mengoprasikannya.
    Sedangkan kelebihan dari kopling automatic yaitu sangat mudah cara mengoprasikannya di bandingkan dengan kopling manual, Kanvas kopling automatic lebih awet daripada kopling manual bila sama sama dioperasikan dan di rawat dengan benar di bandingkan dengan kopling manual.Tidak terlalu butuh tenaga cara mengoperasikannya, dan tidak terlalu butuh banyak penyetelan dalam perawatan.
Sedangkan kelemahan kopling automatic yaitu butuh biaya lebih banyak jika dibandingkan dengan  
kopling manual serta  lebih rumit cara perawatan dan perbaikannya.
    Baik forklift yang menggunakan kopling manual maupun forklift yang menggunaka kopling automatic perlu perawatan rutin atau preventive maintenance sesuai petunjuk dan anjuran dari pabrik pembuatnya agar kopling forklift tetap dalam kondisi prima dan awet.
Cara perawatan kopling manual yaitu:
1. Selalu periksa minyak kopling sebelum forklift di gunakan
2. Periksa kebocoran minyak kopling di bagian master kopling atas maupun bawah serta selangnya
3. Periksa tuas kopling harus selalu netral pada saat pedal kopling tidak di tekan baik tuas kopling   atas maupun bawah
4. Stel atau kendorkan bila tuas kopling atas maupun bawah terlalu menekan pada saat pedal kopling
   tidak di tekan
5.Stel dekrup atau cluth cover bila tenaga forklift sudah lemah dengan cara mengendorkan baud stelan pada dekrup lalu sesuaikan tuas kopling atas maupun bawah agar forklift mudah di operasikan.

Cara perawatan kopling automatic yaitu:

1. Periksa oli transmisi automatik jangan sampai berkurang dari jumlah yang di butuhkan
2. Ganti oli transmisi automatic sesuai buku petunjuk
3. Ganti saringan atau filter oli transmisi sesuai buku petunjuk
4. Gunakan oli ATF untuk transmisi automatic dengan kualitas bagus
5.Semprot dan bersihkan oil cooler jika forklift menggunakan oil cooler secara rutin serta sesuaikan tuas pedal kopling agar selalu dalam keadaan netral tidak menekan pada saat pedal kopling tidak ditekan.
   Bila perawatan di lakukan secara rutin sesuai petunjuk buku pedoman dan forklift di operasikan dengan benar tentu akan memperpanjang umur forklift dan akan lebih awet serta kondisi kopling forklift akan maksimal.Semoga artikel ini bermanfaat baca artikel selanjutnya yaitu trouble shoting dan cara memperbaiki kopling pada forklift.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MESIN DIESEL PADA MOBIL FORKLIFT MAUPUN ALAT BERAT SUSAH HIDUP.....? COBA CEK YANG BERIKUT INI

mesin diesel baik pada forklift truck maupun alat berat susah di hidupkan pada saat pagi hari maupun setelah sehabis mesin di matikan memang terasa menjengkelkan..... terkadang ada hal kecil terlihat sepele namun sering luput dari pemeriksaan kita,kalau hal itu terjadi coba periksa hal berikut ini yang terkadang kita lupakan anatara lain kebocoran pada pipa atau selang solar dari tangki menuju filter solar bila terjadi retak atau clamp pengikat kendor,selang sudah rapuh mengakibatkan mesin sangat susah di hidupkan terdapat kotoran di tangki solar yang menyumbat sehingga solar mampat terkadang ada juga pipa solar di tangki yang di lengkapi dengan strainer atau saringan yang sangat lembut tersumbat kotoran ring solar baik yang dari tembaga maupun dari ring seal yang terpasang di neple filter solar sudah ausmtidak rata ataupun sobek itu juga menyebabkan mesin susah sekali di hidupkan neple solar yang terdapat di injektion pump terkadang ada yang di lengkapi dengan saringan kalau

Penyebab Hidraulik Forklift Excavator Buldozer Whelloader Tidak Mau Naik

Penyebab Hidraulik Forklift dan Alat Berat Tidak Mau Naik      Sering kita mendengar forklift  tidak kuat naik atau tidak kuat mengangkat beban padahal beban yang di angkat di bawah kekuatan dari tonase itu sendiri.tentu hal itu sangat menggangu aktifitas pada pemakainya.sebagian besar bila tidak mau naik mengatakan pompa hidrauli rusak itu wajar karena pompa adalah sumber dari tenaga hidraulik. dalam artikel   kali ini saya mencoba membahas beberapa penyebabnya anatara lain 1. OLI jika oli berkurang menyebabkan sistim hidraulik tidak mau atau tidak kuat untuk mengangkat beban bahkan mengangkat garpu sendiri tanpa bebanpun akan sangat susah karena fungsi dari oli adalah sebagai cairan yang di gunakan untuk mendorong tekanan pada piston di setiap tabung.di samping itu juga oli berfungsi sebagai pelumas dari gesekan material agar tidak cepat terjadi kerusakan 2.SARINGAN OLI saringan oli atau filter oli kotor dan rusak menyebabkan hidraulik tidak kuat naik karena sebelum masuk

Penyebab Transmisi Automatic Tidak Bisa Jalan | Mobil Forklift Wheelloader

Cara Mengetahui Kerusakan Transmisi Automatic  penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan baik pada mobil forklift maupun alat berat ada beberapa hal antara lain  oli berkurang saringan oli transmisi kotor atau rusak pipa atau selang menuju carging pump bocor  pedal kopling selalu menekan pedal macet tidak berbalik carging pump aus atau rusak ring shaft input aus  kanvas kopling dan plat aus atau rusak kelistrikan dan selenoid rusak khusus yang sudah menggunakan valve selenoid spool,pegas dan piston pada valve control aus atau cacat converter lemah atau rusak bagian ini agak jarang terjadi tapi bukan berarti tidak bisa rusak kami katakan jarang terjadi di bandingkan dengan item di atas yang umum dan lebih sering terjadi Dari beberapa permasalahan di atas kerusakan yang sering terjadi yaitu pada kanvas kopling,ring piston,kelistrikan dan selenoid, saringan oli mampat  serta carging pump rusak. mari kita bahas bersama penyebab dan akibatnya kawan.....   Kur