Langsung ke konten utama

TIPS MUDAH MENGATASI KERUSAKAN DINI PADA FORKLIFT,MOBIL ALAT BERAT AGAR BERUMUR PANJANG

bila kita membeli mobil ataupun alat berat baru tentu berharap tidak cepat rusak dan berumur panjang,tetapi seiring dengan pemakaian dan berjalanya waktu kerusakan pasti akan terjadi namun demikian ada beberapa hal agar kerusakan dini bisa kita atasi sehingga berumur lebih panjang
beberapa kerusakan dan kendala kendala yang sering terjadi baik pada mobil forklift maupun alat berat yang sering terjadi antara lain pada

MESIN gejala yang timbul :
  1. tenaga berkurang
  2. suara berisik dan bergetar
  3. bahan bakar boros
  4. asap pembakaran mengepul berlebihan
  5. cepat panas 
  6. di stater susah
  7. panas mati sendiri
  8. kondisi dingin susah hidup
  9. oli mesin cepat habis
  10. dan masih banyak kerusakan kerusakan lain yang bahkan lebih berat
untuk menjaga dan mencegah hal tersebut cepat terjadi lakukan perawatan rutin setiap 300 jam pemakaian dengan mengganti filter bahan bakar,filter oli.oli mesin,serta membersihkan saringan udara atau menggantinya serta gunakan bahan bakar bersih dan berkualitas bagus

COOLING SYSTEM (sistim pendingin) gejala yang timbul :
  1. mesin cepat panas
  2. air radiator selalu berkurang
  3. water pump rusak
  4. van belt putus atau kendor
  5. radiator bocor dan mampat
  6. thermostat macet dan rusak,kipas electrik tidak berfungsi
  7. daun kipas patah
  8. selang radiator pecah
untuk mengantisipasinya gunakan water coolant jangan gunakan air laut,semprot radiator mennggunakan kompresor,periksa van belt dari kerusakan dan kendor,cek kondisi kipas,cek tangki cadangan air radiator,periksa selang dari retak ataupun kendor di bagian clamp pengikat,cek thermostat dan tutup radiator kemungkinan macet

KELISTRIKAN gejala yang timbul :
  1. susah di starter
  2. aki cepat rusak
  3. lampu lampu mati
  4. mesin mati mendadak
  5. kebakaran
  6. panel instrumen tidak berfungsi
  7. tidak bisa jalan maju atau mundur (khusus yang menggunakan transmisi automatic dengan selenoid valve)
  8. suara mesin pincang atau tidak stabil (khusus mesin berbahan bakar bensin)
  9. hidraulik sistem tidak berfungsi (hidraulik dengan electrikal sistem pada alat berat)
  10. dan masih banyak kerusakan di akibatkan oleh sistim kelistrikan yang bermasalah
untuk mencegah sistim kelistrikan agar tidak cepat terjadi yaitu cek air aki jangan sampai berkurang,periksa kabel kabel dari kemungkinan konsleting,jika sikring putus jangan mengganti dengan sikring yang kapasitasnya lebih besar atau lebih kecil,ganti busi secara rutin sesuai buku petunjuk ini khusus buat mesin bensin,periksa altenator kemungkinan rusak,jangan menambah beban kelistrikan melebihi kapasitas seperti menambahkan lampu lampu atau audio yang berlebihan,bersihkan terminal aki dari kemungkinan kotor dan berjamur,cek semua sikring kemungkinan putus

BRAKE SYSTEM (rem) gejala yang timbul :

  1. pedal rem di injak keras atau sebaliknya dan tidak berfungsi bisa mengakibatkan kecelakaan
  2. minyak rem cepat habis
  3. pengereman cenderung ke kiri atau sebaliknya
  4. kanvas rem cepat habis
  5. seal bocor
  6. masih juga gejala lain yang timbul akibat sistim rem yang rusak
  7. susah pindah handel transmisi bahkan terkadang bunyi kasar
untuk mencegah hal ini sedini mungkin periksa minyak rem jangan sampai berkurang,stel rem secara rutin,periksa gerak bebas pedal rem dan stel,ganti seal master rem jika sudah rembes sekaligus ganti minyak rem

CLUTH SYSTEM (kopling) gejala yang sering timbul :
  1. tenaga berkurang
  2. maju atau mundur lemah bahkan terkadang sama sekali tidak bisa
  3. bahan bakar boros
  4. mesin cepat panas
untuk mencegah hal ini terjadi secara dini jangan menekan pedal kopling terus menerus pada saat unit sudah berjalan,cek gerak bebas pedal kopling jangan terlalu menekan pada saat pedal di lepas,periksa minyak kopling jangan sampai berkurang,ganti oli ATF dan filter olinya (khusus buat transmisi automatic)
itulah beberapa pencegahan dan perawatan pada mobil forklift maupun alat berat agar berumur lebih panjang dan tentunya mengurangi anggaran biaya bila kita merawat hal di atas secara rutin.
demikian penjelasan dari team service forklift

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MESIN DIESEL PADA MOBIL FORKLIFT MAUPUN ALAT BERAT SUSAH HIDUP.....? COBA CEK YANG BERIKUT INI

mesin diesel baik pada forklift truck maupun alat berat susah di hidupkan pada saat pagi hari maupun setelah sehabis mesin di matikan memang terasa menjengkelkan..... terkadang ada hal kecil terlihat sepele namun sering luput dari pemeriksaan kita,kalau hal itu terjadi coba periksa hal berikut ini yang terkadang kita lupakan anatara lain kebocoran pada pipa atau selang solar dari tangki menuju filter solar bila terjadi retak atau clamp pengikat kendor,selang sudah rapuh mengakibatkan mesin sangat susah di hidupkan terdapat kotoran di tangki solar yang menyumbat sehingga solar mampat terkadang ada juga pipa solar di tangki yang di lengkapi dengan strainer atau saringan yang sangat lembut tersumbat kotoran ring solar baik yang dari tembaga maupun dari ring seal yang terpasang di neple filter solar sudah ausmtidak rata ataupun sobek itu juga menyebabkan mesin susah sekali di hidupkan neple solar yang terdapat di injektion pump terkadang ada yang di lengkapi dengan saringan kalau

Penyebab Hidraulik Forklift Excavator Buldozer Whelloader Tidak Mau Naik

Penyebab Hidraulik Forklift dan Alat Berat Tidak Mau Naik      Sering kita mendengar forklift  tidak kuat naik atau tidak kuat mengangkat beban padahal beban yang di angkat di bawah kekuatan dari tonase itu sendiri.tentu hal itu sangat menggangu aktifitas pada pemakainya.sebagian besar bila tidak mau naik mengatakan pompa hidrauli rusak itu wajar karena pompa adalah sumber dari tenaga hidraulik. dalam artikel   kali ini saya mencoba membahas beberapa penyebabnya anatara lain 1. OLI jika oli berkurang menyebabkan sistim hidraulik tidak mau atau tidak kuat untuk mengangkat beban bahkan mengangkat garpu sendiri tanpa bebanpun akan sangat susah karena fungsi dari oli adalah sebagai cairan yang di gunakan untuk mendorong tekanan pada piston di setiap tabung.di samping itu juga oli berfungsi sebagai pelumas dari gesekan material agar tidak cepat terjadi kerusakan 2.SARINGAN OLI saringan oli atau filter oli kotor dan rusak menyebabkan hidraulik tidak kuat naik karena sebelum masuk

Penyebab Transmisi Automatic Tidak Bisa Jalan | Mobil Forklift Wheelloader

Cara Mengetahui Kerusakan Transmisi Automatic  penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan baik pada mobil forklift maupun alat berat ada beberapa hal antara lain  oli berkurang saringan oli transmisi kotor atau rusak pipa atau selang menuju carging pump bocor  pedal kopling selalu menekan pedal macet tidak berbalik carging pump aus atau rusak ring shaft input aus  kanvas kopling dan plat aus atau rusak kelistrikan dan selenoid rusak khusus yang sudah menggunakan valve selenoid spool,pegas dan piston pada valve control aus atau cacat converter lemah atau rusak bagian ini agak jarang terjadi tapi bukan berarti tidak bisa rusak kami katakan jarang terjadi di bandingkan dengan item di atas yang umum dan lebih sering terjadi Dari beberapa permasalahan di atas kerusakan yang sering terjadi yaitu pada kanvas kopling,ring piston,kelistrikan dan selenoid, saringan oli mampat  serta carging pump rusak. mari kita bahas bersama penyebab dan akibatnya kawan.....   Kur