Langsung ke konten utama

PERAWATAN DAN GEJALA KERUSAKAN PADA MESIN DIESEL ISUZU 6BB SERVICE FORKLIFT TCM FD50Z7

service forklift kali ini akan membahas perawatan dan gejala kerusakan mesin diesel 6BB pada tcm FD50Z7,berikut penjelasannya
PERAWATAN DAN GEJALA KERUSAKAN PADA MESIN DIESEL ISUZU 6BB SERVICE FORKLIFT TCM FD50Z7
tcm FD50Z7 merupakan forklift dengan kapasitas 5 ton yang menggunakan mesin isuzu 6BB.dengan transmisi automatic.spare part yang di gunakan untuk keperluan forklift ini sangatlah mudah di dapat.dalam kali ini saya akan membahas permasalahan yang sering terjadi dan cara perawatan serta perbaikannya.
engine isuzu 6BB sebetulnya sangatlah mudah cara perawatannya dengan perawatan rutin seperti preventif berkala setiap 250 jam tentu lebih bagus dan akan memperpanjang umur mesin
permasalahan yang sering terjadi anatara lain ;
1.susah untuk di start pada pagi hari
2.asap putih berlebihan dari knalpot
3.panas yang berlebihan
4.radiator bercampur oli.
5.oli mesin sering habis
6.bateray cepat habis
7.bunyi kasar pada mesin
8.oli bocor dari mesin
9.asap berwarna hitam dari knalpot
10.air radiator selalu meluap / menyembur
 cara mengatasi permasalahan di atas serta sparepart yang perlu di siapkan bila terjadi gejala
1.SUSAH DI START PADA PAGI HARI
pada pagi hari sering kita mendapatkan masalah forklift TCM FD50Z7 tiba tiba susah untuk di      
start padahal pekerjaan sudah menumpuk.kita di buat pusing dan bingung dengan kejadian seperti ini langkah yang harus di lakukan dalah pertama  lakukan pengecekan pada batrey pastikan batrey dalam keadaan full kedua duanya karena mesin diesel 6BB ini menggunakan dinamo 24volt jadi menggunakan accu 2 buah.setelah kita pastikan batrey bagus.tapi tetap tidak bisa start juga cek kabel batrey serta terminal paralel serta sikring harus bagus.kemudian kunci kontak juga tidak bermasalah tentunya.andaikan ini semua juga tetap tidak bisa selanjutnya kita periksa dinamo starter karena pada dasarnya jika batrey ,sikring kunci kontak bagus tapi dinamo bermasalah tetap tidak bsa di start.bagaimana caranya....???? pastikan power batre di terminal stater bagus kemudian langkah selanjutnya di by pass pada starter yaitu dengan cara di jumper antara kabel di bendik starter biasanya kabelnya lebih kecil langsung di hubungkan ke kabel yang lebih besar.tentunya harus hidup.dan pada saat mesin sudah berputar tapi tidak mau hidup sudah pasti permasalahan ada di mesin itu sendiri
lalu langkah apa yang harus kita lakukan...yaitu pastikan juga cable stop tidak menutup/jika menngunakan selenoid untuk engine stopnya pastikan tidak ada masalah.kalau itupun tidak bisa yaitu periksa solar tidak ada kebocoran caranya dengan memompa feed pump dengan cara putar ke sebelah kiri kepala feed pump selanjutnya pompa kemudian bila terasa berat buang angin yang terdapat di bagian filter solar dengan cara tetap menahan feed pump dalam posisi menekan.setelah itu buka baud pembuangan angin lalu kencangkan kembali baud pengikat.lakukan berulang ulang sampai benar benar pasti tidak ada angin di sistem bahan bakarny.mesin diesel 6BB ini memang menggunakan injeksi in line.tentunya harus hidup setelah proses di atas di lakukan.
tapi kalau ternyata juga masih belum berhasil dan saya pastikan permasalahan ada di mesinnya tapi jangan keburu di lakukan over houl coba dulu lakukan pemanasan pada glow plug nya.karena mesin diesel 6BB ini dilengkapi dengan pemanas dalam melakukan service forklift seperti ini memang memerlukan kesabaran dan ketelitian karena bila kita gegabah pastinya sudah di vonis over houl alis turun mesin yang tentunya memerlukan spare part dan biaya yang cukup mahal.
kalaupun terpaksa harus di lakukan service besar tidak perlu khawatir karena spare part nya banyak di jual di pasaran.forklift ini sebetulnya type yang bandel.apabila di lakukan perawatan secara berkala sesuai pedoman standar perawatan mesin diesel 6BB dari produsennya
itulah cara mengatasi gejala kerusakan dan perawatan pada tcm FD50Z7  dalam kesempatan selanjutnya saya akan membahas bagaimana mengatasi kerusakan pada mesin diesel isuzu 6BB ini yang asapanya mengebul dan berwarna putih.anda penasaran..???? ikuti kelanjutan artikel ini.semoga bermanfaat.


Postingan populer dari blog ini

MESIN DIESEL PADA MOBIL FORKLIFT MAUPUN ALAT BERAT SUSAH HIDUP.....? COBA CEK YANG BERIKUT INI

mesin diesel baik pada forklift truck maupun alat berat susah di hidupkan pada saat pagi hari maupun setelah sehabis mesin di matikan memang terasa menjengkelkan..... terkadang ada hal kecil terlihat sepele namun sering luput dari pemeriksaan kita,kalau hal itu terjadi coba periksa hal berikut ini yang terkadang kita lupakan anatara lain kebocoran pada pipa atau selang solar dari tangki menuju filter solar bila terjadi retak atau clamp pengikat kendor,selang sudah rapuh mengakibatkan mesin sangat susah di hidupkan terdapat kotoran di tangki solar yang menyumbat sehingga solar mampat terkadang ada juga pipa solar di tangki yang di lengkapi dengan strainer atau saringan yang sangat lembut tersumbat kotoran ring solar baik yang dari tembaga maupun dari ring seal yang terpasang di neple filter solar sudah ausmtidak rata ataupun sobek itu juga menyebabkan mesin susah sekali di hidupkan neple solar yang terdapat di injektion pump terkadang ada yang di lengkapi dengan saringan kalau

Penyebab Hidraulik Forklift Excavator Buldozer Whelloader Tidak Mau Naik

Penyebab Hidraulik Forklift dan Alat Berat Tidak Mau Naik      Sering kita mendengar forklift  tidak kuat naik atau tidak kuat mengangkat beban padahal beban yang di angkat di bawah kekuatan dari tonase itu sendiri.tentu hal itu sangat menggangu aktifitas pada pemakainya.sebagian besar bila tidak mau naik mengatakan pompa hidrauli rusak itu wajar karena pompa adalah sumber dari tenaga hidraulik. dalam artikel   kali ini saya mencoba membahas beberapa penyebabnya anatara lain 1. OLI jika oli berkurang menyebabkan sistim hidraulik tidak mau atau tidak kuat untuk mengangkat beban bahkan mengangkat garpu sendiri tanpa bebanpun akan sangat susah karena fungsi dari oli adalah sebagai cairan yang di gunakan untuk mendorong tekanan pada piston di setiap tabung.di samping itu juga oli berfungsi sebagai pelumas dari gesekan material agar tidak cepat terjadi kerusakan 2.SARINGAN OLI saringan oli atau filter oli kotor dan rusak menyebabkan hidraulik tidak kuat naik karena sebelum masuk

Penyebab Transmisi Automatic Tidak Bisa Jalan | Mobil Forklift Wheelloader

Cara Mengetahui Kerusakan Transmisi Automatic  penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan baik pada mobil forklift maupun alat berat ada beberapa hal antara lain  oli berkurang saringan oli transmisi kotor atau rusak pipa atau selang menuju carging pump bocor  pedal kopling selalu menekan pedal macet tidak berbalik carging pump aus atau rusak ring shaft input aus  kanvas kopling dan plat aus atau rusak kelistrikan dan selenoid rusak khusus yang sudah menggunakan valve selenoid spool,pegas dan piston pada valve control aus atau cacat converter lemah atau rusak bagian ini agak jarang terjadi tapi bukan berarti tidak bisa rusak kami katakan jarang terjadi di bandingkan dengan item di atas yang umum dan lebih sering terjadi Dari beberapa permasalahan di atas kerusakan yang sering terjadi yaitu pada kanvas kopling,ring piston,kelistrikan dan selenoid, saringan oli mampat  serta carging pump rusak. mari kita bahas bersama penyebab dan akibatnya kawan.....   Kur