service forklift kali ini akan membahas perawatan dan gejala kerusakan mesin diesel 6BB pada tcm FD50Z7,berikut penjelasannya
tcm FD50Z7 merupakan forklift dengan kapasitas 5 ton yang menggunakan mesin isuzu 6BB.dengan transmisi automatic.spare part yang di gunakan untuk keperluan forklift ini sangatlah mudah di dapat.dalam kali ini saya akan membahas permasalahan yang sering terjadi dan cara perawatan serta perbaikannya.engine isuzu 6BB sebetulnya sangatlah mudah cara perawatannya dengan perawatan rutin seperti preventif berkala setiap 250 jam tentu lebih bagus dan akan memperpanjang umur mesin
permasalahan yang sering terjadi anatara lain ;
1.susah untuk di start pada pagi hari
2.asap putih berlebihan dari knalpot
3.panas yang berlebihan
4.radiator bercampur oli.
5.oli mesin sering habis
6.bateray cepat habis
7.bunyi kasar pada mesin
8.oli bocor dari mesin
9.asap berwarna hitam dari knalpot
10.air radiator selalu meluap / menyembur
cara mengatasi permasalahan di atas serta sparepart yang perlu di siapkan bila terjadi gejala
1.SUSAH DI START PADA PAGI HARI
pada pagi hari sering kita mendapatkan masalah forklift TCM FD50Z7 tiba tiba susah untuk di
start padahal pekerjaan sudah menumpuk.kita di buat pusing dan bingung dengan kejadian seperti ini langkah yang harus di lakukan dalah pertama lakukan pengecekan pada batrey pastikan batrey dalam keadaan full kedua duanya karena mesin diesel 6BB ini menggunakan dinamo 24volt jadi menggunakan accu 2 buah.setelah kita pastikan batrey bagus.tapi tetap tidak bisa start juga cek kabel batrey serta terminal paralel serta sikring harus bagus.kemudian kunci kontak juga tidak bermasalah tentunya.andaikan ini semua juga tetap tidak bisa selanjutnya kita periksa dinamo starter karena pada dasarnya jika batrey ,sikring kunci kontak bagus tapi dinamo bermasalah tetap tidak bsa di start.bagaimana caranya....???? pastikan power batre di terminal stater bagus kemudian langkah selanjutnya di by pass pada starter yaitu dengan cara di jumper antara kabel di bendik starter biasanya kabelnya lebih kecil langsung di hubungkan ke kabel yang lebih besar.tentunya harus hidup.dan pada saat mesin sudah berputar tapi tidak mau hidup sudah pasti permasalahan ada di mesin itu sendiri
lalu langkah apa yang harus kita lakukan...yaitu pastikan juga cable stop tidak menutup/jika menngunakan selenoid untuk engine stopnya pastikan tidak ada masalah.kalau itupun tidak bisa yaitu periksa solar tidak ada kebocoran caranya dengan memompa feed pump dengan cara putar ke sebelah kiri kepala feed pump selanjutnya pompa kemudian bila terasa berat buang angin yang terdapat di bagian filter solar dengan cara tetap menahan feed pump dalam posisi menekan.setelah itu buka baud pembuangan angin lalu kencangkan kembali baud pengikat.lakukan berulang ulang sampai benar benar pasti tidak ada angin di sistem bahan bakarny.mesin diesel 6BB ini memang menggunakan injeksi in line.tentunya harus hidup setelah proses di atas di lakukan.
tapi kalau ternyata juga masih belum berhasil dan saya pastikan permasalahan ada di mesinnya tapi jangan keburu di lakukan over houl coba dulu lakukan pemanasan pada glow plug nya.karena mesin diesel 6BB ini dilengkapi dengan pemanas dalam melakukan service forklift seperti ini memang memerlukan kesabaran dan ketelitian karena bila kita gegabah pastinya sudah di vonis over houl alis turun mesin yang tentunya memerlukan spare part dan biaya yang cukup mahal.
kalaupun terpaksa harus di lakukan service besar tidak perlu khawatir karena spare part nya banyak di jual di pasaran.forklift ini sebetulnya type yang bandel.apabila di lakukan perawatan secara berkala sesuai pedoman standar perawatan mesin diesel 6BB dari produsennya
itulah cara mengatasi gejala kerusakan dan perawatan pada tcm FD50Z7 dalam kesempatan selanjutnya saya akan membahas bagaimana mengatasi kerusakan pada mesin diesel isuzu 6BB ini yang asapanya mengebul dan berwarna putih.anda penasaran..???? ikuti kelanjutan artikel ini.semoga bermanfaat.