Langsung ke konten utama

Perawatan Rutin Service Forklift excavator buldozer wheeloader

perawatan rutin setiap bulan service forklift penggantian oli dan sparepart excavator buldozer wheeloader vibrator genzet

     Perawatan rutin setiap bulan atau preventive maentenance adalah tindakan perawatan pada mesin diesel pada forklift truck excavator buldozer whelloader genzet.Karena saat mencapai angka 250 jam pemakaian mesin diesel sudah harus di lakukan penggantian sparepart yang meliputi
  • filter solar
  • filter oli
  • oli mesin
  • cleaning bersihkan filter udara,radiator dan bagian yang kotor
  • greasing pelumasan setiap bagian yang bergerak
  • adjust atau penyetelan semua fungsi seperti pedal rem kopling dan sebaginya
     Tindakan tersebut merupakan tindakan perawatan untuk mencegah kerusakan sedini mungkin agar mesin diesel selalu dalam kondisi optimal.karena pada saat mencapai angka 250 jam kadar oli serta filter oli serta filter solar sudah tidak bersih ataupun layak pakai yang akan merusak komponen komponen terkait.
langkah selanjutnya yaitu siapakan filter oli filter solar oli mesin,serta grease alat yang di butuhkan adalah
  • kunci ring pas satu set
  • obeng satu set 
  • wadah atau tempat untuk menampung oli bekas
  • kunci filter
  • tang kombinasi
  • kain lap
service forklift perawatan rutin setiap bulan penggantian oli dan sparepart excavator buldozer wheeloader vibrator genzet crane di jakarta tangerang cilegon parung bogor cikarang bekasi cibitung semarang sukabumi
   
     Untuk proses pengerjaan gunakan perlengkapan safety lalu mulai dengan membuka baud calter atau baud penutup tanki oli dengan catatan siapkan wadah untuk menampung oli bekas dan mesin dalam keadaan dingin.
Setelah pengurasan oli selesai buka filter oli dan filter solar menggunakan kunci filter
Apabila proses pengurasan oli dan pembukaan filter selesai kemudian

  • pasang filter oli yang baru dengan kekencangan tiga seperempat setelahh filter terasa merapat ke body
  • isi oli mesin secukupnya sesuai dengan kebutuhan dengan cara mengukur tingkat  ketinggian stik ukur dan harus mencapai angka penuh atau full
  • pasang filter solar yang baru dan oleskan grease ke permukaan filter sebaiknya filter di isi dahulu dengan solar agar tidak terlalu banyak udara di dalam alur bahan bakar sehingga mudah untuk menghidupkan mesin
service forklift tangerang banten cikarang bekasi sukabumi parung bogor jakarta bandung semarang penggantian oli dan sparepart excavator buldozer wheeloader
Pompa filter solar sampai benar benar padat dan pastikan tidak ada udara di dalam filter solar.
pekerjaan selanjutnya adalah greasing atau pelumasan bagian yang perlu di lumasi di luar mesin agar senantiasa awet seperti
  • semua pin dan bhusing
  • rooler bearing dan rantai 
lakukan secara rutin

penggantian oli dan sparepart service forklift truck excavator buldozer wheeloader vibrator genzet setiap bulan

Kemudian semprot radiator dan filter udara menggunakan kompresor atau ganti baru jika rusak kalau sudah selesai semua bisa di running test setelah mesin di hidupkan
cek semua fungsi seperti

  • kerja rem dan kopling 
  • system hidraulik
  • steering sytem
  • final drive 
Agar senantiasa terhindar dari kerusakan dini dan unit selalu ready di operasikan

nantikan artikel berikutnya dari team polaga tekhnik

service forklift truck excavator buldozer wheeloader vibrator genzet crane tangerang banten cilegon cikarang bekasi jakarta bogor cikarang cibitung


Postingan populer dari blog ini

MESIN DIESEL PADA MOBIL FORKLIFT MAUPUN ALAT BERAT SUSAH HIDUP.....? COBA CEK YANG BERIKUT INI

mesin diesel baik pada forklift truck maupun alat berat susah di hidupkan pada saat pagi hari maupun setelah sehabis mesin di matikan memang terasa menjengkelkan..... terkadang ada hal kecil terlihat sepele namun sering luput dari pemeriksaan kita,kalau hal itu terjadi coba periksa hal berikut ini yang terkadang kita lupakan anatara lain kebocoran pada pipa atau selang solar dari tangki menuju filter solar bila terjadi retak atau clamp pengikat kendor,selang sudah rapuh mengakibatkan mesin sangat susah di hidupkan terdapat kotoran di tangki solar yang menyumbat sehingga solar mampat terkadang ada juga pipa solar di tangki yang di lengkapi dengan strainer atau saringan yang sangat lembut tersumbat kotoran ring solar baik yang dari tembaga maupun dari ring seal yang terpasang di neple filter solar sudah ausmtidak rata ataupun sobek itu juga menyebabkan mesin susah sekali di hidupkan neple solar yang terdapat di injektion pump terkadang ada yang di lengkapi dengan saringan kalau

Penyebab Hidraulik Forklift Excavator Buldozer Whelloader Tidak Mau Naik

Penyebab Hidraulik Forklift dan Alat Berat Tidak Mau Naik      Sering kita mendengar forklift  tidak kuat naik atau tidak kuat mengangkat beban padahal beban yang di angkat di bawah kekuatan dari tonase itu sendiri.tentu hal itu sangat menggangu aktifitas pada pemakainya.sebagian besar bila tidak mau naik mengatakan pompa hidrauli rusak itu wajar karena pompa adalah sumber dari tenaga hidraulik. dalam artikel   kali ini saya mencoba membahas beberapa penyebabnya anatara lain 1. OLI jika oli berkurang menyebabkan sistim hidraulik tidak mau atau tidak kuat untuk mengangkat beban bahkan mengangkat garpu sendiri tanpa bebanpun akan sangat susah karena fungsi dari oli adalah sebagai cairan yang di gunakan untuk mendorong tekanan pada piston di setiap tabung.di samping itu juga oli berfungsi sebagai pelumas dari gesekan material agar tidak cepat terjadi kerusakan 2.SARINGAN OLI saringan oli atau filter oli kotor dan rusak menyebabkan hidraulik tidak kuat naik karena sebelum masuk

Penyebab Transmisi Automatic Tidak Bisa Jalan | Mobil Forklift Wheelloader

Cara Mengetahui Kerusakan Transmisi Automatic  penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan baik pada mobil forklift maupun alat berat ada beberapa hal antara lain  oli berkurang saringan oli transmisi kotor atau rusak pipa atau selang menuju carging pump bocor  pedal kopling selalu menekan pedal macet tidak berbalik carging pump aus atau rusak ring shaft input aus  kanvas kopling dan plat aus atau rusak kelistrikan dan selenoid rusak khusus yang sudah menggunakan valve selenoid spool,pegas dan piston pada valve control aus atau cacat converter lemah atau rusak bagian ini agak jarang terjadi tapi bukan berarti tidak bisa rusak kami katakan jarang terjadi di bandingkan dengan item di atas yang umum dan lebih sering terjadi Dari beberapa permasalahan di atas kerusakan yang sering terjadi yaitu pada kanvas kopling,ring piston,kelistrikan dan selenoid, saringan oli mampat  serta carging pump rusak. mari kita bahas bersama penyebab dan akibatnya kawan.....   Kur