Langsung ke konten utama

CARA OVERHAUL ( turun mesin) SERVICE FORKLIFT,MOBIL,GENZET DAN ALAT BERAT

turun mesin atau di sebut OVERHAUL ENGINE baik pada forklift mobil genzet maupun alat berat adalah sesuatu hal yang biasa terjadi jika suatu mesin mengalami kerusakan yang sangat berat ataupun usia mesin sudah saatnya mencapai batas maksimal pemakaian.
penyebab terjadinya di lakukan overhaul engine antara lain :

POWER ENGINE LOW
jika tenaga mesin sudah menurun dan di estimasi harus di lakukan overhaul engine segeralah lakukan tindakan tersebut sebelum kerusakan bertambah berat.penyebab dari menurunnya tenaga mesin diantaranya:
-kompresi bocor di sebabkan ring piston dan liner mengalami keausan atau rusak
-valve atau kelep baik intake ataupun exaust aus atau rusak
-teaming pembakaran sudah tidak tepat bisa di sebabkan kerusakan sparepart atau aus
-pompa injeksi rusak aus
service mesin forklift,truck,genzet,alat berat
-nozle mengalami kerusakaan atau aus
-bahan bakar bermutu rendah

SUARA MESIN KASAR DAN BERGUNCANG DAHSYAT
jika suara mesin berubah kasar sangat berisik dan bergetar sangat kuat penyebabnya antara lain:
-main bearing longgar aus dan rusak
-bearing con rood aus dan rusak
-crankshaft rusak atau aus
-setang bhusing piston rusak dan aus
-rocker arm rusak atau aus
-spring valve rusak
-push rood bengkok atau patah
-oil pump rusak atau lemah
itu beberapa penyebab yang sering terjadi kerusakan pada mesin forklift,truck dan alat berat masih banyak penyebab lain tapi hal diatas yang sering terjadi pada saat kami melakukan overhaul engine baik di
service forklift tangerang
service forklift banten
service forklift cikarang
service forklift cibitung
service forklift bekasi
service forklift jakarta
service forklift bogor
service forklift karawang
service forklift cirebon
service forklift semarang
dan masih banyak di tempat lain yang pernah kami lakukan overhaul engine.
service forklift tangerang banten cikarang cibitung bekasi
sparepart service forklift
untuk langkah awal melakukan overhaul engine yaitu persiapkan semua perlenkapan kerja seperti :
1.kunci ring,pas,sock satu set
2.obeng satu set
3.martil,rantai,cain blok bila di perlukan dan faktor pendukung lain sesuai kebuuhan
selanjutnya lepaskan baud penghubung yang berhubungan dengan mesin seperti ke transmisi,bracket ke body dan ke radiator.lepaskan juga kabel2 dan selang ataupun filter yang menempel di mesin.setelah semua terlepas pasang rantai di mesin untuk selanjutnya mesin di turunkan atau di lepas daru unit forklift maupun mobil atau alat berat.

PEMBONGKARAN MESIN
langkah selanjutnya di mulai dari mengangkat cilinder head dengan melepakan baud baud pengikatnya,kemudian setelah head terlepas balik posisi mesin menghadap kebawah untuk melepas calter oil pan kemudian setalah terbuka akan terlihat crangksaft pompa oli dan lepaskan juga cover teaming gear untuk seterusnya di lakukan pencabutan piston dan cranksaft.jangan lupa kumpulkan baud mur ataupun sparepart yang lain agar tidak tercecer dan mudah mengumpulkannya pada saat pemeriksaan ataupun perakitan kembali.bila memungkinkan di dokumentasikan agar saat perakitan tidak salah atau keliru pemasangan

PEMERIKSAAN DAN PERAKITAN KEMBALI
setelah pembongkaran selesai semua langah berikutnya adalah pemeriksaan sparepart dari kerusakan dan keausan yaitu :
-periksa dan ganti ring piston dari keausan dan cacat
-periksa piston dari kerusakan atau memungkinksn bisa di gunakan kembali
-periksa liner dari keausan dan kerusakan atau ganti
-periksa pompa oli dari kerusakan atau ganti
-periksa teaming gear dari kerusakan dan ganti
-periksa cranksaft,camsaft dari kerusakan ganti atau fabrikasi
-periksa block mesin dari kerusakan atau fabrikasi
-periksa nozel dan injetion pump dari kerusakan atau lakukan kalibrasi ulang
-periksa bagian cilinder head dari kerusakan dan kebengkokan ganti atau fabrikasi
-periksa valve in,exaust,rocker arem,push rood,seating valve dan bhusing dari keausan dan kerusakan atau ganti
-periksa water pump dari kerusakan atau ganti
itu hal yang sangat vital dalam estimasi kerusakan saat overhaul engine baik pada forklift,genzet,mobil maupun alat berat juga jangan lupa periksa bagian part lain selain yang saya sebutkan di atas untuk mengoptimalkan pekerjaan overhaul
itu hal terpenting yang pasti kami lakukan pada saat melakukan pekerjaan di :
service forklift tangerang banten
service forklift cikarang cibitung
service forklift jakarta bekasi
service forklift bogor depok dan legok
service forklift semarang jawa tengah
maupun di beberapa kota di indonesia

PERAKITAN KEMBALI
pada saat pemeriksaan sudah selesai dengan sempurna dan sparepart sudah ready saatnya melakukan perakitan kembali yaitu dengan cara kebalikan dari saat pembongkaran,artinya sparepart yang di bongkar terakhir pada saat perakitan harus di pasang terlebih dahulu di mulai dari :
-pemasangan main beraning dan whaser trust
-pemasangan crangsaft selanjutnya pasang cup nya
-kencangkan baud pengikat dengan kunci moment setelah selesai lakukan pengecekan ulang
-pasang ring piston dan setang piston ke crangsaft
-pemasangan teaming gear dan camsaft di lanjut pemasangan pompa oli dan setelah selesai pasang calter oil pan setelah di lakukan kroscek ulang
-kemudian balik mesin menghadap ke atas lalu pasang packing cilinder head
-kemudian pasang cilinder head dan baud pengikat lalu kencangkan dengan kunci moment
-setelah selesai pasang rocker arm dan pendukungnya
-jika sudah selesai lakukan pengadjustan atau penyetelan kelep
-isi oli mesin secukupnya dan pasang juga filter bahan bakar

RUNNING ENGINE
setelah perakitan selesai dengan sempurna saatnya melakukan running engine di bawah sebelum di naikan atau di pasang kembali ke unit forklift,mobil maupun alat berat agar mempermudah bila terjadi masalah atau kekurangan sebelum terlanjur di pasang ke body forklift.jangan lupa juga pasang cooling system seperti radiator hose dan isi air biar saat ruuning tidak terjadi over heating.running engine setidaknya 3 jam dan periksa dari semua kebocoran,suara berisik yang tidak lazim,panas,serta susah untuk di starter.setelah ruuning engine selesai dan hasilnya sempurna bisa langsung di naikan atau di pasang ke body  forklift mobil maupun alat berat.jangan lupa lakukan ruuning ulang pada saat mesin sudsh terpasang agar pekerjaan overhaul berhasil secara maksimal.setelah semua selesai forklift mobil ,alat berat siap di pakai dan di oprasikan kembali.itulah hal yang selalu kami lakukan pada saat melakukan service forklift.
ekian semoga menambah wawasan kita sampai bertemu di artikel berikutnya


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MESIN DIESEL PADA MOBIL FORKLIFT MAUPUN ALAT BERAT SUSAH HIDUP.....? COBA CEK YANG BERIKUT INI

mesin diesel baik pada forklift truck maupun alat berat susah di hidupkan pada saat pagi hari maupun setelah sehabis mesin di matikan memang terasa menjengkelkan..... terkadang ada hal kecil terlihat sepele namun sering luput dari pemeriksaan kita,kalau hal itu terjadi coba periksa hal berikut ini yang terkadang kita lupakan anatara lain kebocoran pada pipa atau selang solar dari tangki menuju filter solar bila terjadi retak atau clamp pengikat kendor,selang sudah rapuh mengakibatkan mesin sangat susah di hidupkan terdapat kotoran di tangki solar yang menyumbat sehingga solar mampat terkadang ada juga pipa solar di tangki yang di lengkapi dengan strainer atau saringan yang sangat lembut tersumbat kotoran ring solar baik yang dari tembaga maupun dari ring seal yang terpasang di neple filter solar sudah ausmtidak rata ataupun sobek itu juga menyebabkan mesin susah sekali di hidupkan neple solar yang terdapat di injektion pump terkadang ada yang di lengkapi dengan saringan kalau

Penyebab Hidraulik Forklift Excavator Buldozer Whelloader Tidak Mau Naik

Penyebab Hidraulik Forklift dan Alat Berat Tidak Mau Naik      Sering kita mendengar forklift  tidak kuat naik atau tidak kuat mengangkat beban padahal beban yang di angkat di bawah kekuatan dari tonase itu sendiri.tentu hal itu sangat menggangu aktifitas pada pemakainya.sebagian besar bila tidak mau naik mengatakan pompa hidrauli rusak itu wajar karena pompa adalah sumber dari tenaga hidraulik. dalam artikel   kali ini saya mencoba membahas beberapa penyebabnya anatara lain 1. OLI jika oli berkurang menyebabkan sistim hidraulik tidak mau atau tidak kuat untuk mengangkat beban bahkan mengangkat garpu sendiri tanpa bebanpun akan sangat susah karena fungsi dari oli adalah sebagai cairan yang di gunakan untuk mendorong tekanan pada piston di setiap tabung.di samping itu juga oli berfungsi sebagai pelumas dari gesekan material agar tidak cepat terjadi kerusakan 2.SARINGAN OLI saringan oli atau filter oli kotor dan rusak menyebabkan hidraulik tidak kuat naik karena sebelum masuk

Penyebab Transmisi Automatic Tidak Bisa Jalan | Mobil Forklift Wheelloader

Cara Mengetahui Kerusakan Transmisi Automatic  penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan baik pada mobil forklift maupun alat berat ada beberapa hal antara lain  oli berkurang saringan oli transmisi kotor atau rusak pipa atau selang menuju carging pump bocor  pedal kopling selalu menekan pedal macet tidak berbalik carging pump aus atau rusak ring shaft input aus  kanvas kopling dan plat aus atau rusak kelistrikan dan selenoid rusak khusus yang sudah menggunakan valve selenoid spool,pegas dan piston pada valve control aus atau cacat converter lemah atau rusak bagian ini agak jarang terjadi tapi bukan berarti tidak bisa rusak kami katakan jarang terjadi di bandingkan dengan item di atas yang umum dan lebih sering terjadi Dari beberapa permasalahan di atas kerusakan yang sering terjadi yaitu pada kanvas kopling,ring piston,kelistrikan dan selenoid, saringan oli mampat  serta carging pump rusak. mari kita bahas bersama penyebab dan akibatnya kawan.....   Kur