Langsung ke konten utama

SERVICE FORKLIFT MENGATASI KERUSAKAN PADA KOPLING MANUAL

kali ini service forklift mengerjakan dan membahas cluth sistem atau bahasa yang umum di pakai adalah kerusakan pada kopling.dimana cluth sistem adalah bagian komponen yang terdapat di antara mesin dan transmisi khusunya pada kopling manual baik pada mobil truck forklift maupun alat berat.
kopling ada dua macam yaitu kopling manual dan kopling automatic,dalam pengerjaan dan pembahasan kali ini adalah kopling manual yang bagian komponennya antara lain terdiri dari
  • master cluth atau banyak yang menyebutnya master kopling
  • release cilinder di sebut juga dengan master kopling bawah
  • pipa penyalur tekanan tinggi
  • tanki minyak kopling
  • fluida atau cairan minyak
  • cluth disc atau kanvas kopling
  • bearing release atau istilah umumnya bearing drug colaher
  • cluth cover di sebut juga dengan dekrup bahkan ada yang menyebutnya matahari
  • pedal dan stud atau istilahnya tuas pendorong
  • yoke atau garpu pengungkit

itulah komponen komponen yang terdapat pada kopling manual.lalu apa fungsi dari kopling itu sendiriitu sendiri ...???
jawabannya adalah kopling berfungsi sebagai pemindah tenaga putaran dari  mesin di transfer atau di lanjutkan ke transmisi terus terus di lanjutkan ke gardan untuk selanjutnya keroda dan menghasilkan putaran roda sehingga sehingga putaran dari mesin bisa menggerakan roda.
lalu bagaimana jika cluth system mengalami kerusakan .....
jika sistim kopling mengaalami kelemahan bahkan sampai rusak sudah tentu roda tidak bisa berputar dengan maksimal bahkan tidak bisa berputar sama sekali yang tentunya mobil atau kendaraan tidak bisa berjalan.
jika sudah demikian tentulah harus di lakukan service dan penggantian sparepart.
sekarang mari kita mengetahui gejala yang timbul di akibatkan oleh kerusakan cluth system yang mengalami kausan atau rusak bisa kita perhatikan anatara lain

  • power atau tenaga pada saat jalan maju ataupun mundur menjadi lemah bahkan tidak bisa sama sekali
  • susah memindahkan tuas transmisi terkadang sebaliknya justru mudah memindahkan tuas transmisi tetapi tidak mau jalan
  • tercium bau sangit seperti benda terbakar
  • bahan bakar menjadi lebih boros  karena putaran mesin tidak optimal di transfer sampe ke roda
itulah beberapa penyebab akibat kerusakan pada sistem kopling manual yang bisa kita amati.
sekarang marilah kita melanjutkan untuk pengerjaan service forklift maupun pada mobil ataupun alat berat dan cara penggantian sparepart khususnya dibagian cluth system manual
untuk langkah pemeriksaan pengerjaan adalah

  •  periksalah kebocoran minyak kopling di semua komponen terkait
  • periksa gerak bebas stud kopling baik pada pedal ataupun master kopling bawah dan atas.
  • jika gerak stud terlalu longgar ataupun terlalu menekan lakukan penyetelan yaitu tidak terlalu kendor dan juga tidak boleh terlalu menekan jarak bebasnya sekitar 50 mm 
  • periksa bearing release atau bearing drug colaher apakah mengalami kemacetan
  • ganti dan perbaiki bagian atau komponen yang mengalami kerusakan
jika pemeriksaan atau perbaikan komponen di atas sudah di lakukan dan ternyata kendaraan tetap tidak bisa maju ataupun mundur kemungkinan yang sangat besar adalah kanvas kopling aus atau rusak dan hal ini tentu kanvas kopling harus di ganti cuma perlu di ingat pada saat penggantian kanvas kopling periksa dan ganti juga bila cluth cover atau dekrup mengalami aus rusak ataupun cacad.karena anatar kopling dan dekrup adalah komponen yang sangat terkait dan saling menunjang.
sebagai catatan pada saat selesai penggantian master kopling baik atas maupun bawah biasanya terjadi permasalahan atau istilahnya kopling ngempos atau masuk angin .cara mengatasi hal ini adalah sebagai berikut
  • isi minyak di tabung minyak kopling sampai penuh
  • buka neple pembuangan minyak dan biarkan minyak mengalir sampai gelembung udara keluar dan tidak ada gelembung udara lagi
  • hal yang perlu di ingat selama neple pembuangan di buka tabung minyak kopling harus selalu penuh.
  • setelah gelembung udara tidak ada lalu kencangkan neple 
  • lalu injak pedal berulang kali dan tahan kemudian buka neple kembali dan segera tutup atau kencangkan hal ini lakukan berulang kali untuk memastikan gelembung udara tidak ada lagi.
itulah pembahasan service forklift cara mengatasi kerusakan pada kopling manual.selamat mencoba

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MESIN DIESEL PADA MOBIL FORKLIFT MAUPUN ALAT BERAT SUSAH HIDUP.....? COBA CEK YANG BERIKUT INI

mesin diesel baik pada forklift truck maupun alat berat susah di hidupkan pada saat pagi hari maupun setelah sehabis mesin di matikan memang terasa menjengkelkan..... terkadang ada hal kecil terlihat sepele namun sering luput dari pemeriksaan kita,kalau hal itu terjadi coba periksa hal berikut ini yang terkadang kita lupakan anatara lain kebocoran pada pipa atau selang solar dari tangki menuju filter solar bila terjadi retak atau clamp pengikat kendor,selang sudah rapuh mengakibatkan mesin sangat susah di hidupkan terdapat kotoran di tangki solar yang menyumbat sehingga solar mampat terkadang ada juga pipa solar di tangki yang di lengkapi dengan strainer atau saringan yang sangat lembut tersumbat kotoran ring solar baik yang dari tembaga maupun dari ring seal yang terpasang di neple filter solar sudah ausmtidak rata ataupun sobek itu juga menyebabkan mesin susah sekali di hidupkan neple solar yang terdapat di injektion pump terkadang ada yang di lengkapi dengan saringan kalau

Penyebab Hidraulik Forklift Excavator Buldozer Whelloader Tidak Mau Naik

Penyebab Hidraulik Forklift dan Alat Berat Tidak Mau Naik      Sering kita mendengar forklift  tidak kuat naik atau tidak kuat mengangkat beban padahal beban yang di angkat di bawah kekuatan dari tonase itu sendiri.tentu hal itu sangat menggangu aktifitas pada pemakainya.sebagian besar bila tidak mau naik mengatakan pompa hidrauli rusak itu wajar karena pompa adalah sumber dari tenaga hidraulik. dalam artikel   kali ini saya mencoba membahas beberapa penyebabnya anatara lain 1. OLI jika oli berkurang menyebabkan sistim hidraulik tidak mau atau tidak kuat untuk mengangkat beban bahkan mengangkat garpu sendiri tanpa bebanpun akan sangat susah karena fungsi dari oli adalah sebagai cairan yang di gunakan untuk mendorong tekanan pada piston di setiap tabung.di samping itu juga oli berfungsi sebagai pelumas dari gesekan material agar tidak cepat terjadi kerusakan 2.SARINGAN OLI saringan oli atau filter oli kotor dan rusak menyebabkan hidraulik tidak kuat naik karena sebelum masuk

Penyebab Transmisi Automatic Tidak Bisa Jalan | Mobil Forklift Wheelloader

Cara Mengetahui Kerusakan Transmisi Automatic  penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan baik pada mobil forklift maupun alat berat ada beberapa hal antara lain  oli berkurang saringan oli transmisi kotor atau rusak pipa atau selang menuju carging pump bocor  pedal kopling selalu menekan pedal macet tidak berbalik carging pump aus atau rusak ring shaft input aus  kanvas kopling dan plat aus atau rusak kelistrikan dan selenoid rusak khusus yang sudah menggunakan valve selenoid spool,pegas dan piston pada valve control aus atau cacat converter lemah atau rusak bagian ini agak jarang terjadi tapi bukan berarti tidak bisa rusak kami katakan jarang terjadi di bandingkan dengan item di atas yang umum dan lebih sering terjadi Dari beberapa permasalahan di atas kerusakan yang sering terjadi yaitu pada kanvas kopling,ring piston,kelistrikan dan selenoid, saringan oli mampat  serta carging pump rusak. mari kita bahas bersama penyebab dan akibatnya kawan.....   Kur